Fitting Lampu Colokan: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan

Fitting lampu colokan merupakan dudukan lampu yang memiliki desain praktis. Jadi tipe fitting yang satu ini didesain menyatu dengan steker atau colokan dibagian ujungnya.

Karena desainnya yang sudah dilengkapi dengan steker atau colokan, maka penggunaan fitting menjadi lebih fleksibel. Perangkat elektronik ini juga dapat digolongkan sebagai perangkat portable karena dapat dicabut dan dipasang sesuai kebutuhan.

Ketahui lebih spesifik mengenai apa itu fitting lampu colokan beserta fungsi dan jenisnya pada artikel berikut ini.

Pengertian Fitting Lampu Colokan

gambar fitting lampu colokan
gambar fitting lampu colokan

Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama fitting lampu. Perangkat elektronik ini memang sering kita temukan penggunaannya pada kehidupan sehari-hari.

Fungsi fitting lampu adalah untuk menempatkan atau memasang bola lampu. Tanpa adanya fitting, maka lampu tidak dapat terpasang dengan benar.

Selain berfungsi sebagai dudukan atau tempat untuk memasang lampu, fitting juga berfungsi untuk menghubungkan lampu dengan sumber arus listrik. Dan tentu saja berfungsi melindungi pengguna dari risiko terkena sengatan listrik pada saat memasang bola lampu.

Di pasaran ada banyak sekali jenis dudukan lampu, salah satunya yaitu fitting lampu colokan. Seperti namanya, fitting lampu colokan adalah dudukan lampu yang didesain menyatu dengan steker atau colokan.

Jadi untuk memasangnya, kita tidak perlu ribet dengan instalasi kabel karena hanya tinggal memasangkannya pada stop kontak.

Fitting lampu colokan merupakan dudukan lampu yang di desain dengan model praktis dan fleksibel. Perangkat ini memudahkan pengguna pada saat memakainya karena dapat dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan.

Jenis – jenis Fitting Lampu Colokan

jenis fitting lampu colokan
jenis fitting lampu colokan

Di pasaran, kita bisa menemukan banyak sekali merk fitting lampu colokan. Masing-masing produk tersebut memiliki spesifikasi serta ukuran tersendiri yang bisa disesuaikan dengan tipe ukuran bola lampu.

Namun pada umumnya, fitting lampu ini menggunakan ukuran standar, yaitu tipe E27. Berikut beberapa contoh fitting lampu colokan yang bisa Anda temukan di toko-toko elektronik.

Jenis fitting lampu colokan diantaranya adalah:

  1. Fitting lampu colokan standar
  2. Fitting lampu colokan dengan saklar

Simak penjelasan selengkapnya dari setiap jenis fitting lampu colokan sebagai berikut.

1. Fitting Lampu Colokan Standar

Jenis fitting lampu yang pertama adalah tipe colokan standar. Versi ini memiliki desain sederhana yaitu hanya terdapat dudukan lampu yang dilengkapi dengan colokan di bagian ujungnya.

Fitting lampu tipe colokan biasanya terbuat dari material plastik, serta di desain secara portable agar mudah untuk dilepas dan dipasang sesuai kebutuhan.

Untuk penggunaannya juga sangat mudah. Kita hanya tinggal menghubungkan steker yang terdapat pada fitting dengan lubang stop kontak. Lalu memasang bohlam lampu pada tempatnya dan selanjutnya lampu akan menyala serta siap digunakan.

2. Fitting Lampu Colokan dengan Saklar

Selajutnya, ada juga fitting lampu colokan yang di desain dengan saklar. Jadi selain terdapat rumah untuk dudukan lampu, alat ini juga memiliki tombol on/off yang dapat diaktifkan sesuai kebutuhan.

Ketika menggunakan fitting tipe ini, kita dapat mematikan dan menghidupkan lampu tanpa perlu mencabut fitting dari stop kontak.

Caranya yaitu dengan menekan tombol on/off saja sesuai keperluan. Ketika lampu dibutuhkan untuk menyala, saklar dapat di tekan pada posisi on. Lalu setelah tidak dibutuhkan, kita dapat menekan saklar pada posisi off untuk mematikannya.

Kelebihan Fitting Lampu Colokan

kelebihan fitting lampu colokan
kelebihan fitting lampu colokan

Fitting lampu colokan merupakan benda yang berfungsi sebagai tempat untuk memasang lampu dan menghubungkannya dengan sumber listrik.

Ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh jenis fitting lampu colokan, di antaranya adalah:

  • Memiliki model fleksibel karena dapat dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan.
  • Cocok digunakan untuk memasang penerangan tambahan.
  • Di desain secara portable, sehingga mudah dibawa dan dipindahkan sesuai kebutuhan.
  • Tidak membutuhkan kabel ataupun instalasi yang rumit.
  • Mudah dalam pemasangan dan penggunaannya.

Kesimpulan

Fitting lampu colokan merupakan dudukan lampu yang memiliki model yang menyatu dengan colokan. Penggunaan benda ini sangat fleksibel karena hanya tinggal dipasangkan pada stop kontak saja, kemudian kita dapat langsungĀ  memasang bola lampu pada fitting tersebut.

Fitting lampu colokan memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya mudah digunakan, tidak membutuhkan instalasi yang rumit, fleksibel dan mudah dibongkar pasang. Jadi sangat memudahkan, karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Tinggalkan komentar