Kabel VGA : Pengertian, Jenis dan Fungsi

Jika Anda sering mengoperasikan komputer, pasti sudah tidak asing dengan penggunaan kabel VGA. Dimana kabel VGA memang merupakan jenis kabel yang sering difungsikan sebagai konektor pada komputer ataupun PC.

Kabel ini biasanya terpasang pada port komputer, lalu kemudian akan disambungkan pada monitor. Dengan demikian, pengguna dapat menikmati tampilan visual seperti gambar ataupun video pada alat elektronik tersebut.

Pada artikel berikut ini, kita akan mengupas lebih dalam mengenai kabel VGA. Mulai dari pengertian, jenis, ukuran, hingga fungsinya. Jangan lewatkan informasi selengkapnya di bawah ini, ya?

Pengertian Kabel VGA

Kabel VGA adalah
Kabel VGA adalah

VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Array. Ini sebenarnya merupakan teknologi antarmuka analog yang sering diterapkan pada komputer lama. Lebih tepatnya komputer yang masih menggunakan CRT dan memiliki monitor berbentuk tabung.

Teknologi VGA ini saat itu pertama kali mulai dikenalkan pada khalayak mulai tahun 1987 oleh pihak IBM. Tampilan interface yang digunakannya adalah jenis D-sub konektor. Serta biasanya teknologi VGA ini menggunakan 15 pin atau yang dikenal dengan istilah DE-15.

Sebagai inteface analog, VGA berperan untuk menampilkan format gelombang analog. Dimana data yang ditampilkannya nanti adalah sejenis warna seperti merah, kuning, biru. Serta sejumlah tampilan grafis seperti sync vertikal, horizontal, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk resolusinya sendiri, teknologi VGA memiliki berbagai jenis resolusi. Dari yang terkecil yakni 640×350 pixel hingga 2048×1536 pixel. Karena masih menggunakan versi analog, port VGA sangat jarang ditemukan penggunaannya sekarang ini. Alasannya yakni karena kebanyakan sudah diganti dengan standar grafis versi terbaru.

Namun meskipun demikian, teknologi VGA masih diterapkan untuk berbagai keperluan, ya? Salah satunya yakni diimplementasikan untuk pocket PC.

Fungsi Kabel VGA

Fungsi kabel VGA adalah sebagai teknologi yang mendukung tampilan interface pada komputer. Jadi, data digital yang diterima oleh komputer akan ditampilkan pada monitor dalam bentuk grafis yang dapat dinikmati secara visual.

Berikut peran dan fungsi dari kabel VGA yang penting untuk diketahui:

  • VGA berfungsi untuk menerjemahkan output digital pada CPU. Kemudian mengubahnya menjadi tampilan grafis pada layar monitor.
  • Teknologi VGA memungkinkan Anda untuk menggambar design grafis pada komputer.
  • Teknologi VGA juga memungkinkan untuk diterapkan untuk keperluan bermain game dan lain sebagainya.

Berapa Ukuran Kabel VGA Sebenarnya?

Ukuran Kabel VGA
Ukuran Kabel VGA

Kabel VGA mungkin banyak ditemukan pada komputer versi lama. Karena teknologi VGA ini dianggap sebagai standar koneksi tertua yang dirancang oleh IMB pada tahun 1987.

Tidak hanya digunakan pada komputer saja, teknologi VGA juga banyak digunakan pada berbagai perangkat elektronik lainnya. Misalnya saja yakni ditemukan pada televisi, kartu grafis, laptop, monitor, proyektor dan lain sebagainya.

Kemampuan yang dimiliki oleh VGA untuk mentransmisikan sinyal dipengaruhi oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah kualitas kabel, pin, serta jarak antara monitor dengan PC.

Oleh karena itu, kabel VGA pun didesain dengan merk, jenis dan ukuran yang berbeda-beda. Ukuran kabel VGA bisa Anda temukan dalam berbagai versi. Mulai dari dari yang memiliki panjang 10 meter, 15 meter, 20 meter, hingga 30 meter.

Untuk harga kabel VGA sendiri juga terbilang cukup bervariasi. Beberapa hal yang mempengaruhi harga antara lain seperti merk, jenis dan juga panjang dari kabel itu sendiri.

Baca juga artikel terkait :

Jenis – jenis Kabel VGA

Jenis Kabel VGA
Jenis Kabel VGA

Jenis kabel VGA pada umumnya dibedakan dua macam yakni VGA on board dan juga eksternal. Jika VGA on board memiliki kinerja rendah dan juga RAM terbatas. Maka VGA eksternal memiliki kinerja yang lebih baik.

Diantaranya dari segi kapasitas RAM, kecepatan, tampilan gambar dan lain sebagainya. Adapun beberapa contoh VGA berdasarkan tipe dan bentuk slotnya adalah sebagai berikut :

  • VGA PCI (Peripheral Component Interconnect)
  • VGA ISA (Industry Standart Architecture)
  • VGA EISA (Extended Industry Standart Architecture)
  • VGA PCIe (Peripheral Component Interconnect Express)
  • VGA AGP (Accelerated Graphics Port)

Cara Memilih Kabel VGA yang Berkualitas Baik

Kabel VGA sekarang ini memiliki berbagai macam merk dan jenis. Setiap kabel didesain dengan performa dan kualitas yang berbeda. Oleh karena itu jika ingin membelinya, Anda harus memperhatikan beberapa pertimbangan. Nah jika masih bingung, mari langsung saja kita cek beberapa tips memilih kabel VGA yang berkualitas baik sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Setiap tipe kabel VGA didesain dengan kualitas dan kebutuhan yang berbeda. Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui kabel tipe mana yang tepat. Dengan demikian, maka akan meminimalisir terjadinya kekecewaan akibat membeli barang yang salah alias tidak sesuai dengan kebutuhan dasarnya.

  1. Bijak Memilih Panjang Kabel

Kabel VGA didesain dengan panjang yang berbeda-beda. Yakni mulai dari kabel yang panjangnya 10 meter hingga 30 meter. Pastikan Anda juga bijak dalam memilih panjang kabel sesuai dengan kebutuhan.

Memilih kabel yang panjang memang seringkali disukai oleh sebagian orang karena kemudahan yang ditawarkannya. Namun jika terlalu panjang, maka akan membuat ruangan terlihat tidak rapi. Selain itu, kabel yang terlalu panjang juga disebut-sebut kurang efektif.

Pasalnya, panjang kabel nantinya akan berpengaruh juga pada resolusi gambar yang dihasilkan. Jadi pastikan memilih ukuran yang tepat, yaitu kabel yang jaraknya paling mendekati perangkat.

  1. Memeriksa Kualitas Produk

Memilih produk berkualitas akan mempengaruhi performa dan kepuasan Anda selaku konsumen. Dengan begitu banyaknya merk kabel VGA yang bagus mungkin akan membingungkan ketika memilihnya.

Oleh karena itu, Anda perlu teliti dalam memeriksa kualitas produk yang akan dibeli. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Memilih Shielding Konduktor Berkualitas

Pastikan memilih kabel yang memiliki shielding konduktor yang berkualitas. Karena hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang ditampilkan. Selain itu pertimbangannya yakni membuatnya tidak mudah terganggu oleh adanya sinyal lain.

  • Kepala Pin

Pilihlah produk yang memiliki kepala pin yang berpelindung. Karena jika bagian tersebut dibiarkan tanpa pelindung, maka akan berkarat dan mengakibatkan terjadinya korosi. Jika hal tersebut terjadi, maka akan membawa dampak yang cukup buruk. Diantaranya yakni data akan  sulit terbaca oleh perangkat, tampilan gambar tidak stabil dan lain kondisi merugikan lainnya.

  • Isolator Kabel

Isolator atau jaket pelindung pada kabel juga berpengaruh terhadap kualitas dari benda tersebut. Agar lebih awet, pilihlah kabel yang memiliki lapisan pelindung berbahan PVC.

  1. Harga Kabel VGA

Tips terakhir yaitu berkaitan dengan pertimbangan harga. Setiap merk pastinya menawarkan spesifikasi dan kualitas yang berbeda, bukan?  Dengan demikian, harga yang dibandrol untuk produk tersebut juga berbeda.

Oleh karenanya, pastikan untuk bijak dalam memilih sesuai kebutuhan. Jika memilih produk dengan build quality yang mumpuni. Hal tersebut pastinya akan diikuti dengan harga yang bagus pula. Namun jika kabel digunakan hanya untuk keperluan sekali pakai, maka tidak ada salahnya untuk memilih harga kabel VGA yang lebih ekonomis.

Kesimpulan

Kabel VGA secara mudahnya dapat diartikan sebagai jenis alat yang digunakan untuk memproses data digital dari PC. Kemudian membantunya untuk menampilkannya pada monitor dalam bentuk tampilan grafis.

Teknologi VGA banyak digunakan pada berbagai alat elektronik. Mulai dari untuk perangkat komputer, TV, laptop, proyektor dan lain sebagainya. Kabel VGA juga hadir dengan berbagai macam tipe, jenis, merk dan juga ukuran.

Jadi, pastikan tidak salah pilih saat membeli kabel VGA. Sebelum membeli, sesuaikan terlebih dahulu spesifikasi produk dengan port yang terdapat pada perangkat yang Anda miliki. Dan juga tetap pertimbangkan beberapa hal agar kabel benar – benar sesuai dengan kebutuhan.

Tinggalkan komentar