Jenis-Jenis Komponen Listrik beserta Fungsinya Lengkap

Alat elektronik apapun yang digunakan saat ini ternyata memiliki komponen terkecil di dalamnya. Dimana setiap komponen tentunya mempunyai jenis dan fungsinya masing-masing. Kurang lebih seperti itulah gambaran dari komponen listrik.

Nah, komponen listrik yang terdapat di dalam benda elektronik sendiri bernama sirkuit. Sebagai contoh yakni adanya adanya komponen di dalam ponsel yang difungsian untuk menangkap sinyal. Untuk penjelasan lebih lengkapnya,  berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis komponen listrik dan fungsinya yang perlu Anda ketahui.

komponen listrik
komponen listrik
Adapun Jenis Komponen Listrik yang Penting untuk kamu ketahui yaitu :

  1. Battery
  2. Transistor
  3. Transformator
  4. Mikrokontroler
  5. Resistor
  6. Induktor
  7. Kapasitor
  8. Sakelar
  9. Dioda

Sirkuit listrik digunakan untuk mengalirkan arus listrik yang konduktif di dalam komponen alat eketronik. Fungsinya sangat penting yakni agar alat elektronik bisa menyala dan berfungsi dengan baik. Jenis komponennya sendiri ada dua yaitu komponen aktif dan pasif. Sedangkan jenis dan fungsi sirkuit akan dibahas lebih detail di bawah ini.

  1. Komponen Listrik Battery

Komponen listrik battery merupakan komponen untuk menyimpan energi kimia yang akan diubah menjadi listrik pada alat elektronik. Bisa dikatakan komponen ini sangat mudah ditemukan pada alat elektronik. Misalnya seperti di dalam ponsel, radio, jam tangan dan sebagainya.

  1. Komponen Listrik Transistor

Komponen listrik yan menjadi komponen utama di dalam alat elektronik adalah transistor. Karena salah satu komponen transistor akan menguatkan, mengendalikan, mengarahkan, modulator, osilator dan masih banyak lagi untuk kualitas listrik.

  1. Komponen Listrik Transformator

Komponen listrik transformator adalah salah satu komponen listrik agar tegangan AC bisa naik dan turun. Kondisi ini akan menghasilkan suara, gambar, dan lain sebagainya sangat jernih. Contoh penggunaannya bisa ditemui pada daya listrik rumah tangga.

  1. Komponen Listrik Mikrokontroler

Komponen listrik mikrokontroler merupakan komponen untuk menjalankan tugas tertentu di dalam elektronik. Tentu saja tergantung jenis alatnya sendiri. Nah, mikrokontroler sering disebut IC atau integrated circuit.

Mikrokontroler hampir sama dengan sensor untuk mengukur besaran listrik di dalam elektronik. Dimana sensor ini akan mengolah berbagai macam informasi yang ditangkap melalui sinyal.

  1. Komponen Listrik Resistor

Komponen listrik resistor memiliki fungsi utama yaitu mengatur arus listrik di dalam alat elektronik agar stabil dan aman. Komponen ini sifatnya juga pasif dan bisa membatasi arus listrik,.

  1. Komponen Listrik Induktor

Salah satu komponen listrik yang sangat penting yaitu induktor. Komponen yang akan membentuk kumparan pada alat elektronik. Bentuk dari komponen ini berupa susunan lilitan kawat di atas sirkuit.

  1. Komponen Listrik Kapasitor

Kapasitor merupakan jenis komponen listrik yang berfungsi untuk menyimpan arus. Waktu untuk menyimpannya pun cukup terbatas. Hal ini karena komponen listrik kapasitor mempunyai bahan tertentu yang daya aktifnya juga terbatas.

  1. Komponen Listrik Luar Alat Elektronik

Komponen listrik luar alat elektronik yaitu sakelar, sekring dan tombol switch botton. Ketiga komponen ini fungsi utamanya yakni untuk menyalakan atau memutuskan arus pada perangkat listrik atau elektronik. Komponen ini juga difungsikan untuk melindungi tegangan listrik.

  1. Komponen Listrik Dioda

Komponen listrik dioda adalah salah satu komponen yang aktif pada sirkuit elektronik. Komponen ini mampu menghantarkan atau menghambat arus listrik dari arah yang berlawanan. Bahan yang digunakan berasal dari material semikonduktor.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai pengertian komponen listrik. Mulai dari jenis komponen hingga contoh alat elektronik yang terdapat komponen bisa Anda simak di atas. Semoga membantu Anda mengenali setiap jenis komponen dan fungsinya dengan lebih baik, ya?

Tinggalkan komentar