Dimensi Daya : Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal

Apa itu dimensi gaya? Daya dalam ilmu fisika adalah jumlah energi yang dikeluarkan untuk kisaran waktu tertentu. Satuan daya yang digunakan ialah Joule per detik (J/s) atau Watt.

Daya ini sendiri sebenarnya merupakan besaran turunan dari tiga besaran pokok. Dimana ketiganya yaitu besaran turunan gaya, jarak, dan waktu. Sementara itu, dimensi daya dipakai untuk memperlihatkan bagaimana susunan besaran pokok tersebut.

Nah mari pelajari lebih detail mengenai dimensi gaya melalui pembahasan berikut. Mulai dari pengertian dimensi gaya dan cara menentukannya akan dikupas tuntas dengan contoh soal dan penyelesainnya.

Pengertian Dimensi Daya

Pengertian dimensi daya adalah simbol atau lambang yang menunjukkan bagaimana susunan besaran pokok dari daya. Terdapat tujuh besaran pokok dengan lambang dimensi yang berbeda. Merujuk pada beberapa sumber, berikut ini lambang dimensi dari ketujuh besaran pokok.

Nama Besaran Dimensi
Panjang [L]
Massa [M]
Waktu [T]
Kuat Arus [I]
Suhu [θ]
Jumlah zat [N]
Intensitas Cahaya [J]

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa daya tersusun atas tiga besaran pokok. Maka, dalam menentukan lambang dimensi daya perlu mengatahui simbol dari ketiga besaran pokok penyusunnya.

Rumus Dimensi Daya

Dalam menentukan simbol dimensi daya, kita perlu tahu rumus dari daya itu sendiri dan satuannya.

Ada beberapa macam satuan daya, yang paling sering terdengar yaitu Joule/sekon atau Watt. Maka, 1 J/s senilai dengan 1 Watt. Satuan lainnya ialah hourspower (hp) atau tenaga kuda. Nilai 1 hp sama dengan 746 Watt.

Perlu diketahui, daya dapat dihitung menggunakan rumus usaha (W) dibagi dengan waktu (s).

Sedangkan usaha (W) merupakan hasil kali gaya (F) dengan perpindahan (s).

Dengan demikian, rumus dimensi daya menunjukkan hasil perkalian antara massa (m), percepatan gravitasi (a), jarak (s), dibagi dengan waktu (t).

Cara Menentukan Dimensi Daya

Cara menentukannya yaitu dengan menggunakan lambang dari masing-masing satuan dan dimensi daya rumus di atas. Perhatikan penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  • Pertama, mencari satuan dari penyusun rumus daya, caranya sebagai berikut.

cara menentukan dimensi daya

  • Kedua, menentukan lambang dimensi dari masing-masing satuan. Maka, rumusnya menjadi sebagai berikut.

rumus dimensi daya

  • Jadi, dimensi daya adalah simbol dimensi daya

Kegunaan Dimensi

Menentukan dimensi bukan berarti tidak memiliki tujuan atau maksud tertentu. Setidaknya, ada empat kegunaan dari menghitung dimensi daya. Berikut ini pembahasan lengkap mengenai fungsi atau kegunaan menentukan dimensi:

  1. Mengetahui apakah suatu besaran setara dengan besaran lainnya. Hal ini bisa dilihat dari membandingkan dua dimensi dalam perangkat tertentu. Jika dimensi dari keduanya terbilang sama maka bisa disimpulkan bahwa besarannya adalah setara.
  2. Mengetahuui kesesuaian sebuah persamaan. Apabila dua persamaan memperlihatkan dimensi yang sama, maka dapat dikatakan persamaan itu tepat.
  3. Menurunkan persamaan besaran. Maksudnya, dengan dimensi Anda dapat mengetahui seperti apa turunan dari suatu persamaan. Salah satu contohnya seperti penjelasan dimensi daya di atas.
  4. Mengetahui satuan besaran dasar dari suatu besaran turunan. Misal, satuan daya adalah Watt. Anda dapat menurunkannya menggunakan satuan dasar, sehingga satuannya menjadi kgm2/s3.

Kesimpulan

Itulah penjelasan dari dimensi daya, rumus, serta cara menentukannya. Simpulan dari pembahasan di atas, yaitu dimensi daya dapat ditentukan dengan mengetahui rumus dasarnya. Kemudian, menentukan lambang dimensi dari masing-masing satuan dasar.

Leave a Comment