Pembahasan Rumus Cara Menghitung 1 HP Berapa Watt?

1 HP Berapa Watt? Istilah HP atau Horse Power ini juga akan dijumpai di bidang otomotif. HP ini umum disebut dengan istilah daya kuda. Secara umum, hp merupakan jenis satuan yang digunakan untuk melambangkan kekuatan atau kapasitas sebuah kendaraan bermotor.

convertlive

Namun, kali ini kita tidak akan membahas mengenai horse power secara umum saja. Kita juga akan membahas dengan lebih spesifik. Misalnya saja dari pengertian, sejarah, fungsi, konversi, hingga ragam penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lewatkan informasi selengkapnya di bawah ini, ya?

Pengertian Horse Power

HP (Horse Power) atau daya kuda adalah lambang kapasitas atau kekuatan ini ada sejarahnya. Dahulu, HP (Horse Power) dimanfaatkan sebagai alat ukur yang membandingkan dua jenis kekuatan. Yakni perbandingan kekuatan kereta uap dan tarikan seekor kuda.

Jadi, satuan hp berfungsi untuk membandingkan kekuatan antara tarikan kuda manual dengan tenaga mesin. Dimana, nantinya akan disimpulkan berapa besar kekuatan daya kuda dan bagaimana perbandingannya dengan kapasitas dari mesin otomotif.

Sejarah Horse Power

Sejarah Horse Power
Sejarah Horse Power

Selain dikenal dengan istilah horse power atau daya kuda. Satuan ini juga dikenal dengan sebutan PK atau singkatan dari paardentkracth yang artinya juga daya kuda. Nah, sejarah satuan PK dan horse power ini pertama kali dikenalkan James Watt. Beliau ini merupakan seorang insinyur Skotlandia yang meneliti satuan HP.

Dimana dalam eksperimen tersebut, disimpulkan bahwa seekor kuda dapat memutar roda gilingan sebanyak 144 kali dalam satu jam. Artinya, roda tersebut dapat diputar sebanyak 2,4 kali dalam satu menit.

Selanjutnya, penelitian tersebut dikembangkan dan kemudian dijadikan acuan untuk membuat mesin uap. Dimana mesin tersebut mampu menghasilkan kekuatan yang setara dengan tarikan 20 ekor kuda.

Landasan tersebut juga menjadi teori dasar ditemukannya satuan horse power. Jadi, selanjutnya Anda dapat mengetahui 1 hp berapa Watt, atau menghitung kekuatan berbagai perangkat otomotif dengan menggunakan satuan hp. Misal mengetahui dinamo 1 hp berapa Watt atau menghitung kekuatan laju mobil dan lain sebagainya.

Fungsi Horse Power dan Torsi

Fungsi Horse Power dan Torsi

Selain horse power, torsi juga merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan jika kita berbicara tentang daya kuda. Seperti yang sudah kita ulas diatas, daya kuda merupakan gaya yang berfungsi untuk memutar sebuah benda tepat pada titik porosnya.

Daya kuda juga diperlukan untuk menjaga kecepatan atau laju sebuah kendaraan otomotif. Hal ini supaya kendaraan tersebut tetap berjalan dengan kecepatan tertentu dan terus menerus.

Sementara itu, terdapat juga komponen yang sangat penting bernama torsi. Komponen yang satu ini mempunyai fungsi menggerakkan kendaraan otomotif. Dimana dari kendaraan yang semula dalam keadaan diam menjadi bergerak.

Jadi secara otomatis, torsi juga berperan penting dalam menghasilkan daya kuda. Atau dalam kata lain, torsi merupakan ukuran dari besarnya tenaga yang dihasilkan oleh sebuah kendaraan bermotor.

1 HP Berapa Watt?

Mengapa kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai HP (Horse Power) ini? Terutama dalam hal konversi dari satuan HP ke Watt. Nah saat ini, HP juga menjadi salah satu komponen supaya kendaraan bisa terus melaju serta membawa beban.

Nilai untuk 1 horse power memiliki daya yang sangat besar. Jika Anda ingin mengetahui 1 hp berapa Watt. Maka dapat disimpulkan jika 1 hp adalah setara dengan 745, 7 Watt.

Satuan horse power sekarang ini juga sering diadopsi untuk berbagai keperluan. Horse power dalam beragam penggunaan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja sebagai alat ukur daya keluaran piston, turbin, motor listrik, dan beragam perangkat otomotif lainnya.

Untuk mempermudah Anda mengetahui konversi hp menjadi watt, mari amati tabel berikut. Temukan konversi satuan HP menjadi Watt dengan lebih mudah.

tabel konversi hp ke watt

Rumus Menghitung Horse Power

Meskipun Anda sudah mengetahui perbandingan 1 horsepower sama dengan berapa watt, namun tetap saja Anda perlu menetahui besaran daya yang dihasilkan, bukan? Inilah mengapa Anda perlu mengetahui bagaimana cara untuk menghitung nilai hp.

Untuk dapat menghitung besarnya horse power yang dihasilkan, Anda dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

HP = (RPM × T) / 5252

Bagaimana Cara Menghitung Horse Power?

Menghitung daya kuda atau horse power merupakan permasalahan yang cukup kompleks. Untuk mengetahui berapa besar horse power dari sebuah kendaraan otomotif, Anda dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut ini:

  • Pertama-tama cari tahu terlebih dahulu nilai torsi dari kendaraan tersebut. Misal sebuah Porsche 911 memiliki nilai torsi sebesar 480 ft dan terletak pada 2.500 RPM. Maka berapa besar daya kuda yang dihasilkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita dapat menggunakan persamaan berikut ini:

HP = (RPM × T) / 5252

HP = (2500 × 480) /5252

HP = 1.200.000 /5252

HP = 228.48 hp

Kesimpulan

Horse power atau daya kuda merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur kapasitas sebuah perangkat otomotif. Penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari juga terbilang cukup bervariatif. Salah satu pemanfaatannya yakni digunakan untuk berbagai kendaraan bermesin. Mulai dari mobil, motor listrik, turbin, dinamo dan jenis kendaraan lainnya.

Lalu bagaimana mengetahui konversi 1 hp berapa Watt atau ingin mengetahui berapa besar daya kuda yang dihasilkan oleh kendaraan? Solusinya yakni Anda dapat menghitung dengan menggunakan berbagai cara. Diantaranya dengan menggunakan tabel persamaan ataupun menggunakan rumus daya kuda seperti yang telah kita bahas pada artikel di atas. Semoga ulasan di atas cukup membantu, ya?

Leave a Comment