Rumus Menghitung Konversi 1000 VA berapa Watt?

1000 VA berapa Watt? Berbicara tentang satuan listrik, mungkin kita sering mendengar istilah tentang Watt dan VA. Meskipun sering disematkan sebagai satuan listrik, namun banyak orang yang belum mengetahui bagaimana pengertian serta penempatan dari satuan tersebut.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kita akan membahas secara tuntas mengenai satuan VA dan Watt. Mulai dari pengertian, fungsi, hingga konversinya. Jadi, jangan lewatkan informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Satuan VA dan Watt

pengertian va dan watt
pengertian va dan watt

Banyak orang mungkin baru paham pengertiannya saja, namun tidak mengetahui bagaimana penempatan satuan watt dan VA. Ada juga yang mempertanyakan konversi dari keduanya, misalnya saja 1000 VA berapa watt. Oleh karenanya, berikut kita akan membahas secara detail mengenai pengertian dari kedua jenis satuan listrik tersebut.

  • Pengertian Satuan VA

VA merupakan singkatan dari volt ampere. Volt ampere ini sendiri merupakan satuan yang biasanya digunakan untuk mengukur daya pada rangkaian listrik.

Daya listrik yang biasa menggunakan satuan VA biasanya merupakan daya yang bersumber dari PLN. Kemudian dialirkan menuju rumah-rumah atau bangunan lainnya. Untuk besaran daya listrik yang dialirkan juga sangat bervariatif. Dimulai dari yang paling rendah yakni 450 VA, 900 VA, 1300 VA dan seterusnya.

  • Pengertian Watt

Watt merupakan salah satu satuan yang digunakan untuk menyatakan besaran daya peralatan listrik. Contoh termudahnya yakni bisa Anda lihat pada Watt setiap peralatan listrik di sekitar Anda. Misalnya saja jumlah Watt televisi, lampu, setrika, pompa air dan sebagainya,

Watt berfungsi untuk menyatakan besarnya daya yang dibutuhkan oleh alat tersebut untuk dapat beroperasi. Misalnya sebuah lampu memiliki daya 5 watt, stabilizer 500 watt, genset 1000 watt dan seterusnya. Semakin tinggi kapasitas watt peralatan yang Anda gunakan tentu saja membutuhkan instalasi VA nya tinggi.

Lalu, bagaimana jika VA nya rendah sedangkan kita mengoperasikan peralatan listrik dengan Watt tinggi? Maka listrik akan konslet dan tidak bisa naik. Solusinya yakni mengurangi penggunaan peralatan listrik dengan Watt tinggi.

Rumus Mengubah VA Ke Watt

Pada dasarnya, baik satuan VA maupun Watt sama-sama digunakan untuk menyatakan tingkat besaran daya listrik. Nah, untuk mengetahui perbedaan antara VA dan Watt, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu faktor daya atau cosphi. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan, untuk dapat mengubah nilai VA ke Watt Anda membutuhkan adanya faktor daya atau cosphi. Untuk dapat mengubah nilai VA menjadi Watt. Anda dapat menggunakan rumus berikut ini:

P = V × l × cosphi

Dimana:

P = Daya (watt)

l = Arus (ampere)

V = Tegangan (volt)

Cosphi = Faktor daya

Bagaimana Cara Menghitung Konversi VA ke Watt?

Mungkin pernah terlintas pertanyaan di benak Anda, 1000 VA berapa Watt? Atau berapa konversi nilai satuan VA ke Watt? Untuk mengetahui nilai VA ke Watt, pastikan Anda mengetahui faktor daya (cosphi) yang terdapat pada rangkaian tersebut.

Untuk faktor daya itu sendiri, pada umumnya nilainya memiliki besar minimum 0 dan besar maksimumnya adalah 1. Misalnya jika nilai cosphi adalah 0,8, maka konversi 1 VA disini adalah 0,8 Watt.

Lalu pertanyannya 1000 VA berapa Watt?

1000 VA disini nilainya sama dengan 1 kVA (Kilo Volt Ampere). Jadi untuk mengkonversikan nilai kVA dan Watt, Anda hanya perlu mengalikan nilai daya dengan cosphi. Yaitu:

1 KVA = 1000 VA × 0, 8 = 800 Watt

Contoh lain penghitungan konversi antara VA menjadi Watt. Anda dapat melihat gambar di bawah ini:

cara konversi va ke watt
cara konversi va ke watt

Kesimpulan

Bagaimana, sudah jelas dengan ulasan di atas? Singkatnya ketahui nilai cosphi terlebih dahulu sebelum mengkonversi VA menjadi Watt. Setelah mengetahui nilai cosphi, nilai dari daya semu hanya tinggal dikalikan dengan nilai cosphi serta nilai arus dalam rangkaian. Bagaimana, apakah Anda sudah dapat menghitung konversi 1000 VA berapa Watt? Selamat mencoba mengkonversinya, ya?

Leave a Comment