Mengetahui Kode Error Pada Mesin Cuci Samsung

Mesin cuci ini menjadi salah satu peralatan elektronik yang sangat umum kita temui di rumah, bukan? Peralatan elektronik ini ternyata memiliki berbagai macam model dengan spesifikasinya masing – masing. Sebagai contoh yakni mesin cuci satu satu tabung dan mesin cuci dua tabung. Sekarang ini hadir juga mesin cuci tipe front loading, top loading dan jenis lain yang lebih canggih.

Mesin ini mudah digunakan dan sangat membantu proses mencuci baju dengan lebih praktis. Misalnya saja mesin cuci samsung yang melengkapi produknya dengan kode tertentu. Maksudnya jika terjadi error atau kerusakan tertentu maka akan ada kode yang secara otomatis dimunculkan pada mesin.

Jika Anda termasuk pengguna baru mesin cuci keluaran samsung, pastikan menyimak informasi kali ini. Mari pelajari lengkap lengkap mengenai kode error pada mesin cuci. Khususnya tentu saja kode error mesin cuci samsung berikut ini.

Pengertian Kode Error Mesin Cuci

Kode Error Mesin Cuci
Kode Error Mesin Cuci

Pada setiap alat elektronik, terutama mesin cuci biasanya menerapkan sudah menerapkan teknologi modern. Yakni menggunakan modul canggih yang memberitahukan pengguna apabila terjadi masalah terhadap mesin.

Hampir semua produk mesin cuci, salah satunya merk Samsung menggunakan teknologi canggih yang disebut sebagai kode error. Dimana kode error mesin cuci Samsung ini bisa memungkinkan mesin untuk memberitahu pengguna apabila ada kerusakan terhadap peralatan elektronik tersebut.

Pada saat terjadi masalah atau error maka kode tertentu secara otomatis akan langsung muncul pada bagian displaynya. Selain ditampilkan pada display, kode error juga sering ditampilkan melalui suara alarm pemberitahuan. Fasilitas ini tentu saja sangat membantu pengguna untuk bisa mengetahui mesin sedang bermasalah dan bisa secepatnya mencari solusi yang paling tepat.

Fungsi Kode Error Pada Mesin Cuci

Secara umum, fungsi kode error pada mesin cuci adalah untuk memberitahukan pada pengguna untuk mengenali kerusakan pada mesin cuci. Namun secara spesifik, fungsi dari kode error adalah sebagai berikut :

  • Kode error berfungsi sebagai peringatan agar pengguna mengetahui bahwa mesin tersebut sedang bermasalah atau error.
  • Kode error berfungsi untuk memudahkan teknisi, terutama untuk melacak masalah dan kerusakan pada mesin lalu bisa melakukan perbaikan teknik sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakannya.
  • Kode error memberi peringatan pada pengguna untuk tidak menggunakan mesin tersebut sementara waktu karena sedang mengalami kerusakan.

Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung

Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung
Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung

Seperti yang kita ketahui, produsen elektronik asal negeri ginseng Korea ini memang berhasil mengambil hati konsumen Indonesia. Tentu saja karena Samsung ini memang bisa memberikan produk terbaik dengan jenis yang juga sangat beragam sesuai kebutuhan.

Tidak terkecuali untuk mesin cuci rumahan yang dihadirkan dengan beragam tipe serta model. Yang terbaru yakni mesin cuci tipe front loading maupun top loading. Pada mesin cuci Samsung, terdapat juga kode error yang berfungsi untuk memberi tahu pengguna apabila terjadi kerusakan.

Kode error mesin cuci Samsung front loading maupun kode error mesin cuci Samsung top loading ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Simak informasi selengkapnya mengenai kode mesin cuci merek samsung berikut ini :

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung 1E

Kode Error Mesin Cuci Samsung 1E
Kode Error Mesin Cuci Samsung 1E

Apabila pada display muncul kode error 1E, maka artinya terdapat error atau kerusakan pada bagian sensor air mesin tersebut. Dimana kode error mesin cuci samsung 1E mengindikasikan adanya kerusakan pada bagian sensor air mesin.

Kerusakan ini dapat mengakibatkan air menjadi luber atau masih tetap menyala meskipun sudah dimatikan. Hal tersebut juga bisa terjadi diakibatkan oleh berbagai factor pemicu. Salah satunya akibat lepasnya selang yang menuju sensor, terjadinya kerusakan pada tabung bagian samping dan lain kondisi sejenisnya.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung DE

Kode Error Mesin Cuci Samsung DE
Kode Error Mesin Cuci Samsung DE

Apabila Anda mendapati ada keterangan seperti gambar di atas pada display mesin cuci. Maka itu artinya terjadi masalah terhadap pintu mesin cuci Anda.

Kode error mesin cuci samsung DE ini sebenarnya merupakan singkatan dari peringatan door error. Hal tersebut akan terjadi ketika pintu mesin cuci tidak Anda tutup dengan benar. Artinya pintu mesin cuci masih terganjal atau masih menyisakan ruang bukaan. Akibatnya tentu saja membuat mesin cuci tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung UE

UE ini adalah kode yang berasal dari singkatan Unbalance Errror. Jadi peringatan ini akan muncul apabila terjadi ketidakseimbangan pada mesin cuci. Misalnya saja masih terdapat sejumlah kain atau pakaian yang dalam posisi menggumpal. Atau bisa juga kondisi badan mesin cuci yang miring sehingga tidak bisa maksimal fungsinya.

Apabila permasalahan tersebut terjadi, Anda hanya tinggal menghentikan proses pencucian. Kemudian memperbaiki posisi mesin, atau menata pakaian didalam mesin tersebut satu persatu untuk membuat keseimbangannya menjadi kembali baik.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung 3E

Kode error mesin cuci Samsung 3E akan muncul pada display ketika mesin diisi dengan air terlalu banyak. Selain itu, kode tersebut juga muncul pada saat air tidak dapat mengalir keluar dari mesin. Jadi ketika kode ini muncul, sebaiknya Anda membatalkan proses pencucian.

Setelah itu kemudian mengurangi jumlah air yang terdapat di dalamnya terlebih dahulu. Jika dirasa cukup, Anda bisa melanjutkan proses pencucian kembali.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung 4C

Kode error 4C ini biasanya akan langsung muncul saat mesin cuci tidak tercukupi supply air di dalamnya. Cara mengatasi error 4C pada mesin cuci Samsung juga terbilang sangat mudah dibandingkan error lainnya. Caranya yakni dengan memperhatikan keran air yang terdapat pada mesin.

Anda perlu memastikan keran air tidak mengalami sumbatan apapun sehingga tekanan air yang keluar juga stabil. Jika keran tersumbat maka Anda perlu mengatasinya dengan membuka dan menghilangkan noda. Cek apakah air yang keluar dari keran tersebut sudah lancar seperti sediakala atau belum.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung 4E

Kode Error Mesin Cuci Samsung 4E
Kode Error Mesin Cuci Samsung 4E

Kode error mesin cuci samsung 4E ini akan dimunculkan untuk menandakan adanya error atau gangguan pada aliran air. Yakni aliran air yang masuk ke dalam tabung mesin cuci. Apabila kondisi ini terjadi, Anda hanya perlu membuka keran saluran air.

Pastikan juga aliran air yang masuk pada mesin cuci memiliki tekanan yang cukup. Kisaran tekananya sendiri yakni antara 50 sampai dengan 800 KPA. Jadi Anda cukup menggunakan tingkat tekanan air yang masuk sesuai dengan standar yang direkomendasikan.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung 5C

Kode error mesin cuci samsung 5C terjadi ketika filter pembuangan tersumbat. Ketika filter pembuangan menjadi tersumbat, maka akan menyebabkan gangguan dan air menjadi menggenang atau tidak dapat mengering.

Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan membersihkan bagian filter. Setelah itu kemudian membuang sisa-sisa kotoran yang menyebabkan sumbatan sehingga aliran air kembali menjadi lancar.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung UB

Kode error mesin cuci Samsung yang selanjutnya adalah UB. Kode UB ini merupakan tanda bahwa terjadi error pada komponen motor spinning. Dimana motor spinning mesin cuci ternyata tidak bisa berfungsi sebaik biasanya.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat komponen tersebut mengalami gangguan. Salah satinya yakni karena cucian yang Anda masukan tidak tersebar secara merata pada bagian dalam mesin. Kondisi lain bisa juga karena mesin cuci diletakkan pada posisi miring sehingga kain hanya akan menumpuk pada salah satu bagian mesin saja.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung OE

Kode error OE pada mesin cuci ini merupakan singkatan dari Overflow Error. Kode error OE mesin cuci Samsung ini biasanya muncul apabila aliran air terlalu banyak sehingga mengakibatkan kerusakan. Terutama kerusakan yang terjadi komponen yang berfungsi sebagai pendeteksi air.

Kerusakan yang terjadi pada komponen tersebut bisa diakibatkan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah karena adanya pasokan air yang mengalir terus-menerus dalam mesin. Jadi pastikan Anda mengalirkan air dengan tingkat dan kapasitas yang pas sesuai dengan kebutuhan, ya?

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung SUD

Kode error SUD sering disebut juga sebagai foaming detected. Jadi, kode ini akan muncul pada display apabila mesin cuci terdeteksi terlalu banyak busa, baik pada saat pengeringan ataupun proses pencucian.

Namun, kode SUD bukan berarti mendeteksi terjadinya kerusakan atau gangguan tertentu pada mesin cuci. Kode SUD ini umumnya akan dimunculkan secara otomatis sekedar sebagai  informasi saja. Dimana setelah kode ini muncul maka mesin cuci akan bekerja sebagaimana biasanya yakni dengan membuang busa yang terdapat pada tabung.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung LE/LE1

Kode error mesin cuci Samsung berupa LE atau LE1 ini juga dapat muncul secara otomatis dalam beberapa kondisi. Misalnya saja ketika terjadi kerusakan pada selang mesin. Dimana umumnya yakni terjadi kebocoran selang mesin cuci.

Kondisi lain yang dapat membuat kode error ini muncul yakni adanya busa yang berlebihan karena penggunaan deterjen yang terlalu banyak. Dan bisa juga karena filter pompa pembuangan yang terlepas dan lain sebagainya.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung UC

Kode error UC pada mesin cuci samsung mungkin akan sering muncul jika tegangan arus listrik rumah Anda tidak cukup satabil. Arus tegangan yang labil ini akan membuat mesin cuci berhenti beroperasi. Atau bisa juga menyebabkan penundaan pada proses pencucian saat digunakan.

Tentu saja bukan sekedar memberitahukan pertanda bahwa terjadi ketidakstabilan pada tegangan listrik rumah. Kode error UC ini juga berfungsi untuk melindungi komponen-komponen mesin cuci dari kemungkinan timbulnya berbagai kerusakan. Seperti yang kita ketahui, tegangan arus listrik yang tida stabil juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen mesin apapun, tidak terkecuali mesin cuci.

  1. Kode Error Mesin Cuci Samsung HC

Kode error atau kerusakan yang terakhir yakni HC. Dimana kode ini umumnya akan muncul pada display mesin cuci samsung karena adanya kerusakan pada heater control. Seperti yang kita ketahui, fungsi utama komponen yang satu ini yakni sebagai detektor suhu.

Heater control yang rusak menyebabkan mesin tidak dapat mendeteksi adanya kenaikan suhu. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan pembersihan pada komponen kondensor ataupun wadah saringan dari mesin tersebut. Jika dirasa tidak yakin mengatasinya sendiri, Anda bisa meminta bantuan teknisi yang memang lebih berpengalaman.

Kesimpulan

Mesin cuci Samsung.merupakan alat elektronik cukup terkenal dan banyak diminati di Indonesia. Selain mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mesin cuci, Anda juga perlu mengetahui kode error dari perangkat elektronik tersebut.

Kode error mesin cuci Samsung merupakan peringatan yang muncul pada display apabila mesin tersebut mengalami masalah atau kerusakan. Jadi, apabila mesin bermasalah pengguna akan langsung tahu dan dapat mencari solusi untuk mengatasinya.  Ketahui lebih banyak mengenai kode error dari perangkat elektronik tersebut beserta cara mengatasinya dari artikel di atas.

Tinggalkan komentar