Kabel Data : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Memilih

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kabel data. Anda tentu saja juga cukup familiar dengan jenis kabel yang satu ini, bukan? Kabel ini merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah perangkat elektronik.

Penggunaan yang paling umum salah satunya ditemukan pada smartphone. Dimana biasanya pada ponsel, terutama versi android. Kabel data juga umum digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya mulai dari digunakan untuk mengirim file data, menerima data, charging atau mengisi daya ponsel melalui adaptor, mengirim fax dan lain sebagainya.

Ketahui lebih banyak apa yang dimaksud dengan kabel data. Mulai dari pengertian, fungsi serta kegunaannya pada artikel berikut ini. Jangan lewatkan informasi selengkapnya kali ini, ya?

Pengertian Kabel Data

Pengertian Kabel Data
Pengertian Kabel Data

Kabel data adalah salah satu alat yang difungsikan sebagai konektor atau alat penghubung. Fungsi utamanya sendiri yaitu untuk menyambungkan dua buah perangkat keras (hardware). Sehingga kedua perangkat tersebut bisa saling terkoneksi dan melakukan komunikasi melalui port COM.

Kabel ini biasa digunakan untuk mengkoneksikan berbagai macam perangkat. Misalnya yaitu digunakan untuk menghubungkan antara ponsel dengan komputer, komputer dengan printer dan lain sebagainya.

Kabel data memiliki fungsi yang tidak terbatas. Ketika kabel terhubung dengan perangkat lunak (software), maka alat tersebut dapat membantu menjalankan beberapa fungsi sekaligus sesuai dengan perintah yang diterimanya.

Fungsi Kabel Data

Banyak orang yang sering keliru membedakan antara kabel data dan kabel charger. Meskipun secara sekilas terutama dari segi tampilan fisik, keduanya memang terlihat mirip. Namun dari segi fungsi dan kegunaan, tentu saja kinerja dari kedua kabel tersebut memiliki cukup banyak perbedaan.

Perbedaan kabel data dan kabel charger terletak pada fungsi dan kegunaan dari alat tersebut. Untuk kabel charger, biasanya benda tersebut hanya didesain untuk charge. Jadi, kabel hanya dapat digunakan untuk mengisi daya saja.

Sedangkan untuk kabel data tidak demikian. Karena alat tersebut juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lainnya.

Diantaranya fungsi kabel data adalah:

  • Kabel dapat digunakan untuk melakukan charging atau mengisi daya pada ponsel.
  • Kabel dapat digunakan untuk koneksi dengan internet.
  • Kabel dapat digunakan untuk keperluan mencetak foto dari HP ke printer.
  • Kabel data juga dapat digunakan untuk melakukan proses transfer data antar perangkat elektronik yang berbeda.
  • Kabel dapat digunakan untuk mengisi games, aplikasi, video, MP3 dan lain sebagainya.
  • Alat ini juga dapat digunakan untuk melakukan proses Mulai dari backup data sms, kontak telepon, foto, file, dan banyak lainnya.

Jenis – jenis Kabel Data

Jenis Kabel Data
Jenis Kabel Data

Kabel data memiliki berbagai macam model dan jenis. Dan tentu saja setiap jenis kabel data memiliki spesifikasinya masing – masing.

Jenis-jenis kabel data adalah sebagai berikut:

  1. Kabel Data HP.
  2. Kabel Power.
  3. Kabel Data Hardisk.
  4. Kabel USB.

Nah berikut adalah jenis kabel data beserta dengan penjelasannya dibawah ini :

1. Kabel Data HP

Jenis kabel yang satu ini biasa digunakan pada ponsel pintar. Tidak hanya itu saja, kabel data HP ini juga berfungsi untuk menghubungkan perangkat tersebut dengan berbagai perangkat lain. Misalnya saja menghubungkan HP dengan computer atau sebaliknya.

Kabel data HP juga terdiri dari berbagai macam tipe yang biasanya disesuaikan dengan merk dari HP tersebut. Contohnya antara lain seperti kabel tipe DKU-5, CA-42 dan sejenisnya. Meskipun tidak semua ponsel bisa menggunakan kabel data, namun untuk smartphone, terutama keluaran terbaru kebanyakan sudah support dengan teknologi tersebut.

2. Kabel Power

Jenis yang kedua adalah kabel power. Dimana kabel power biasa digunakan untuk alat catu daya atau power supply. Tanpa adanya kabel tersebut, maka monitor pada komputer tidak dapat menyala.  Kemudian catu daya juga tidak bisa berfungsi tanpa adanya kabel power.

3. Kabel Data Hardisk

Kabel data ini fungsinya yaitu untuk menghubungkan antara motherboard dengan hardisk. Adapun jenisnya juga sangat beraneka ragam. Diantaranya seperti kabel data SATA, SCASI, IDE dan lain-lain.

4. Kabel USB

Kabel USB merupakan konektor yang sering digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya yakni digunakan untuk menghubungkan berbagai peralatan elektronik.

Misalnya saja kamera digital dengan komputer, HP dengan printer, HP dengan komputer dan lain-lain. Untuk jenisnya, USB dibedakan menjadi beberapa macam. Antara lain yakni seperti berikut ini:

  • Kabel printer
  • Kabel micro USB
  • Kabel USB standar
  • Kabel OTG
  • Kabel USB mini dan lain-lain.

Masing-masing jenis kabel USB ini memiliki kelebihan serta fungsinya tersendiri. Salah satu yang membedakan dari setiap jenis atau tipenya adalah dilihat dari model soket atau port yang dimilikinya.

Karena digunakan dengan perangkat yang memiliki tipe lubang soket yang berbeda, maka kabel USB ini memiliki port yang dapat disesuaikan dengan perangkat elektronik yang akan dikoneksikan.

Tips Memilih Kabel Data Kualitas Terbaik

Kabel data menjadi perlengkapan yang perannya tidak dapat terpisahkan dari keseharian manusia. Pasalnya, berbagai barang elektronik seperti smartphone ataupun komputer sering membutuhkan kabel ini untuk berbagai keperluan.

Di pasaran, Anda juga dapat menemukan berbagai merek kabel data yang bagus. Mulai dari yang harganya murah, hingga yang harganya mahal pun tersedia. Lalu pada saat akan membelinya, apa saja yang perlu diperhatikan?

Tips memilih kabel data kualitas terbaik yaitu:

  1. Perhatikan Material Kabel.
  2. Ukuran Panjang Kabel.
  3. Tingkat Ketebalan Kabel.

Mari langsung saja kita simak beberapa pertimbangannya di bawah ini:

1. Perhatikan Material Kabel

Material yang digunakan untuk membuat kabel ternyata sangat bervariasi. Oleh karenanya, harga kabel data juga dibandrol secara berbeda-beda. Meskipun harga tidak menjamin kualitas, namun biasanya kabel berkualitas tidak dibandrol dengan harga murah, bukan?

Hal tersebut mengingat beragam komponen penyusun kabel juga terbuat dari material yang kualitasnya baik. Misalnya terbuat dari tembaga berkualitas sebagai konduktornya. Kabel pembungkusnya menggunakan material yang bagus dan lain sebagainya. Semakin baik material yang digunakan maka biaya produksinya akan semakin tinggi. Itulah mengapa harga jual dari kabel data dengan kualitas terbaik tidak pernah dibandrol murah.

Pada saat akan membeli kabel data, Anda dapat melihat dari tampilan bagian luarnya. Kabel data yang bagus saat disentuh akan terasa lebih elastis, tebal, serta mudah untuk digulung. Hal itu dikarenakan material pembuat kabel menggunakan beragam bahan yang cukup baik. Terutama dari segi lapisan pembungkusnya, ya?

Karena jika Anda mendapati kabel yang kaku, keras dan susah dilipat biasanya kabel tersebut tidak awet dan cepat rusak. Bagian luar kabel akan mudah putus, robek atau terkena gangguan lainnya.

2. Ukuran Panjang Kabel

Ukuran panjang kabel juga sangat berpengaruh besar terhadap kualitasnya. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan panjang kabel sangat berpengaruh terhadap kinerja dari alat tersebut.

Kabel yang terlalu panjang memang bisa dikatakan memudahkan dalam beberapa aspek. Namun hal ini justru berpengaruh terhadap kecepatan transfer data, serta kecepatan kabel untuk melakukan pengisian daya nantinya. Selain itu, kabel yang terlalu panjang juga dapat rawan rusak dan mengalami konsleting.

3. Tingkat Ketebalan Kabel

Selain panjang kabel, ketebalan dari benda tersebut juga berpengaruh terhadap kualitasnya. Semakin tebal sebuah kabel, maka semakin cepat kinerja dari alat tersebut. Hal ini dikarenakan jika semakin tebal kabel, maka semakin besar pula material penghantarnya.

Artinya, kabel akan memiliki ruang serta daya tampung yang lebih besar pula. Dengan demikian, maka kinerja dari alat tersebut juga akan jauh lebih cepat. Kurang lebih seperti itulah alasan logis dari cara kerja kabel yang tebal dan tipis.

Kesimpulan

Kabel data merupakan perangkat elektronik yang berfungsi sebagai media penghubung antara satu hardware dengan hardware lainnya. Misalnya saja difungsikan untuk menghubungkan komputer dengan HP, komputer dengan printer, kamera digital dengan komputer dan lain-lain.

Fungsi kabel data sendiri sebenarnya sangatlah banyak. Karena kegunaannya bisa disesuaikan menurut software-nya, kabel ini juga memiliki kualitas yang cukup beragam. Jadi sebelum membelinya, Anda perlu jeli dan mengetahui tips memilih kabel data.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain seperti material kabel, panjang kabel, serta tingkat ketebalannya. Kurang lebih beberapa pertimbangan tadi merupakan patokan yang dapat dijadikan acuan apabila Anda bingung bagaimana untuk memilih kabel data yang bagus .

Demikian ulasan lengkap mengenai kabel data, semoga informasi di atas cukup membantu, ya?

Tinggalkan komentar