9 Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung dan Cara Memperbaikinya

Pengering mesin cuci berdengung namun tidak bisa berputar? Jika itu terjadi pada mesin cuci Anda maka sudah bisa dipastikan jika bagian dalamnya mengalami gangguan atau kerusakan. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satunya yakni adanya kerusakan pada komponen tertentu. Nah cara perbaikan yang paling tepat yakni sesuai dengan penyebabnya. Mari simak beberapa cara mendeteksi kerusakan pada mesin cuci dan solusi perbaikannya berikut ini.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar
Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

Anda tidak perlu bingung apabila terjadi kondisi demikian. Jangan terburu-buru membawanya ke jasa reparasi mesin cuci. Mungkin saja Anda bisa memperbaikinya sendiri apabila menemukan penyebabnya. Misalnya saja pengering mesin cuci berdengung tidak berputar sebagaimana biasnaya.

  1. Terdapat Kabel Mesin yang Putus

Kemungkinan yang terjadi apabila pengering mesin cuci berdengung ialah putus kabel. Untuk itu, coba cek bagian kabel sebelum Anda terlalu panik dan memanggil tukang service. Penyebab putus kabel yang paling umum biasanya karena digigit tikus.

Tikus bisa saja masuk ke bagian perkabelan mesin cuci melalui pipa saluran pembuangannya. Untuk itu, pastikan kondisi ruangan mencuci Anda selalu bersih agar terhindar dari tikus, ya? Bersihkan selalu area sekitar agar hewan pengerat tidak bersarang di mesin cuci atau merusaknya.

  1. Pintu Pengering Mesin Cuci Tidak Tertutup Sempurna

Jenis pengering mesin cuci tertentu terkadang tidak dapat berfungsi apabila penutupnya tidak tertutup sempurna. Oleh karena itu, pastikan Anda menutup rapat penutupnya saat ingin mengeringkan pakaian.

Selain itu, bisa jadi kotoran yang menempel pada penutup juga membuatnya tidak menutup sempurna. Jadi, Anda perlu membersihkannya agar berfungsi kembali. Pastikan pintu tidak terganjal kotoran sehingga Anda  bisa menutupnya secara sempurna.

  1. Elemen Pemanas Rusak

Selanjutnya, pengering mesin cuci mendengung dan tidak berputar bisa jadi karena elemen pemanasnya rusak. Ini merupakan gejala kerusakan yang umum terjadi pada mesin cuci. Anda perlu memperbaikinya secara mandiri. Namun jika tidak terlalu mengetahui tentu jauh lebih aman jika Anda segera panggil teknisi yang lebih kompeten.

  1. Kapasitor Rusak atau Terbakar

Kemungkinan yang keempat ialah terdapat komponen mesin yang mengalami kerusakan atau terbakar. Misalnya saja komponen mesin seperti kapasitor. Dengan demikian mesin cuci tidak memiliki tenaga untuk berputar.

Jika sudah begini tentu saja Anda perlu memperbaiki komponen tersebut. Rusak atau terbakarnya kapasitor biasanya disebabkan oleh intensitas penggunaan yang terlalu sering. Akibatnya, kapasitor akan bekerja terus-menerus dan menyebabkan kebocoran atau kapasitasnya berkurang.

Perbaiki kapasitor jika masih memungkinkan. Atau jika kerusakan sudah terlalu parah maka Anda perlu membeli kapasitor baru untuk dipasang pada mesin. Tentunya akan fungsi mesin cuci bisa kembali normal seperti biasanya.

  1. Tali pada Rem Pengering Putus

Tali tersebut berfungsi membuat dinamo berhenti beputar saat tutup dibuka. Putusnya tali rem dapat membuat pengering mesin cuci tidak bekerja. Saat komponen dinamo mengerem maka mesin pengering juga tidak bisa berfungsi.

Umumnya mesin pengering hanya akan mengeluarkan suara dengungan tanpa bisa berputar sebagaimana mestinya. Jadi solusi perbaikan yang perlu dilakukan yakni mengganti komponen tali rem yang baru tersebut.

  1. Dinamo Rusak atau Terbakar

Dinamo yang terpasang pada mesin cuci ini  berfungsi menghasilkan putaran. Jika bagian ini rusak, tentu saja pengering tidak bisa beputar. Biasanya, kondisi tersebut disebabkan lilitan pada dinamo terputus atau short.

Apabila mendapati dinamo pengering mesin cucui berdengung, maka Anda harus segera menggantinya. Namun, harga komponen mesin cuci yang satu ini terbilang cukup mahal. Sehingga apabila mesin cuci Anda merupakan produk lama, mungkin sebaiknya membeli yang baru sekalian.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Namun Berputar Pelan

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Namun Berputar Pelan
Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Namun Berputar Pelan

Gejala pengering mesin cuci berdengung biasaya diikuti dengan putaran yang pelan. Tentu saja bukan tanpa sebab mengapa kondisi ini bisa terjadi. Kemungkinan penyebab mesin cuci lambat berputar ini juga sangat beragam. Misal salah satu penyebabnya yakni karena masin tidak kuat menampung beban yang terlalu banyak dan motor dinamo lemah.

Beberapa kasus kerusakan juga bisa terjadi karena nilai kapasitornya berkurang. Untuk bisa mengenali gejala kerusakan karena tiga faktor tersebut, mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini:

  1. Beban Terlalu Banyak

Terlalu banyak pakaian yang Anda masukkan ke dalam  pengering dapat membuat putarannya menjadi pelan. Cobalah untuk mengurangi beberapa pakaian dan lihat apakah putarannya kembali normal. Jika setelah dikurangi putarannya tetap sama, mungkin kendala ada pada motor dinamo atau kapasitor pengering mesin cuci.

  1. Motor Dinamo Lemah

Dinamo ini merupakan salah satu komponen mesin yang akan menghasilkan rotasi pada pengering. Apabila motor dinamo lemah maka putarannya pun juga akan demikian. Penyebab dinamo pengering mesin cuci berdengung dan membuat putarannya lambat biasanya karena faktor usia. Semakin lama masa pakainya tentu saja kinerjanya akan semakin menurun.

  1. Nilai Kapasitor Bekurang

Selain motor dinamo, penyebab lainnya mengapa mesin cuci berputar pelan yaitu karena nilai kapasitor berkurang. Dimana komponen kapasitor ini merupakan sumber tenaga untuk dinamo. Sehingga, apabila nilainya berkurang maka secara otomatis dinamo akan berputar dengan  lebih pelan.

Bagaimana Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung?

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung
Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung

Cara memperbaiki mesin 2 tabung tidak berputar cukup mudah dibandingkan mesin cuci yang sudah otomatis. Karena Anda tidak perlu mengotak-atik bagian PBC mesin cuci. Bagaimana, apakah masih belum tergambar jelas penyebab tersebut?

Mari kita pahami melalui panduan cara memperbaiki pengering mesin cuci berdengung di bawah ini. Anda bisa mengecek dengan mendeteksi beberapa kemungkinan kerusakan berikut.

  1. Cara Memperbaiki Putus Kabel

Putus kabel seringkali terjadi disebabkan oleh tikus yang mengerat bagian luas kabel. Hewan pengerat ini bisa masuk melalui saluran pembuangan atau bagian lain yang memungkinnya masuk. Agar pengering dapat kembali normal, Anda perlu memperbaiki sambungan kabel yang putus itu.

Pastikan Anda menyambung kabel yang sesuai. Pertama – tama, buka bagian tutup atas mesin cuci, selanjutnya, silakan cari sambungan yang terputus. Dan tentu saja segera sambungkan atau ganti kabel yang rusak agar fungsinya bisa kembali seperti sedia kala.

  1. Cara Memperbaiki Putus pada Tali Rem

Komponen ini bisa menjadi sumber permasalahan pengering mesin cuci Anda. Tali rem terhubung dengan kampas rem pada dinamo, sehingga apabila salurannya terputus maka dinamo tidak dapat berputar.

Cara memperbaikinya yakni coba tarik pada bagian tali rem untuk melihat mekasime pengeremnya. Dengan begitu Anda akan menemukan dimana letak kendalanya. Jika terdapat gangguan pada bagian kawat sling, maka Anda harus segera menggantinya.

  1. Cara Memperbaiki Motor Dinamo

Selanjutnya, cara memperbaiki pengering mesin cuci berdengung tidak berputar yaitu ada pada bagian motor dinamo. Bagian ini menjadi yang terpenting, karena sebagian besar putaran dipengaruhi oleh performanya.

Selain itu, harga komponen yang satu ini juga lebih mahal dibandingkan komponen penyusun lainnya. Maka sebelum menuju ke dinamo, sebaiknya Anda memastikan bagian lain normal.

Dimamo terpasang tepat di bawah pengering. Komponen tersebut memiliki dua lilitan atau spull yang terhubung dengan kabel. Cobalah mengukur spull dengan ohm meter range ×10 Ohm. Jika spull terukur normal, berarti tidak ada masalah pada lilitan.

Jika yang terjadi sebaliknya, berarti terdapat sambungan lilitan yang terputus, maka Anda perlu menggantinya dengan dinamo baru. Solusi lainya, Anda bisa mengganti gulungannya.

  1. Cara Memperbaiki Kapasitor

Jika bagian dinamo normal, mungkin kendala berikutnya terdapat pada kapasitor. Bagian ini yang berfungsi menyumbangkan tenaga agar dinamo bergerak sempurna. Jika terdapat masalah, maka pergerakan dinamo pun bermasalah.

Kapasitor yang rusak biasanya memiliki bentuk yang tidak normal, biasanya mengembung. Segera ganti yang baru apabila Anda menemukannya. Pastikan nilai kapasitor pengganti sama dengan yang diganti.

Namun, apabila bentuknya normal, Anda perlu melakukan pengukurang dengan test short pin. Namun, sebaiknya cara ini tidak dilakukan untuk pemula.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang penyebab pengering mesin cuci  berdengung serta beberapa cara untuk mengatasinya. Jadi, jangan buru – buru membeli mesin cuci baru jika terjadi error tertentu. Cari tahu apa penyebabnya dan langsung atasi pada sumber masalahnya. Semoga penjelasan di atas cukup membantu Anda dalam menangani masalah pada mesin cuci, ya?

Tinggalkan komentar