Cara Menghitung Daya Listrik Rumah 450 VA berapa Ampere?

Daya listrik 450 VA berapa Ampere? Jawabannya adalah 2,045 ampere, akan tetapi dibulatkan menjadi 2 ampere. Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca artikel ini sampai habis.

Di zaman modern ini, listrik memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini karena berbagai teknologi mayoritas menggunakan energi listrik untuk dapat berfungsi. Namun pernahkah Anda berpikir berapa banyak energi listrik yang digunakan sehari-hari?

Bagi Anda yang awam di bidang kelistrikan, informasi ini sangat penting untuk diketahui. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui berapa banyak pemakaian listrik yang digunakan sehari-hari. Atau bisa juga Anda gunakan untuk memperkirakan penggunaan daya listrik untuk setiap perangkat elektroniknya.

Secara umum, listrik biasa menggunakan satuan watt, ampere dan juga volt. Lalu, kira-kira 450 VA berapa Ampere? Untuk mengetahui dengan detail mengenai informasi tersebut, simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya?

Mengenal Beragam Jenis Satuan Listrik

satuan listrik paling umum
satuan listrik paling umum

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai konversi satuan listrik, mari terlebih dahulu kita mengenal beragam jenis satuan listrik.  Umumnya, daya listrik yang paling sering digunakan yakni satuan volt, watt dan juga Ampere.

Untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing satuan daya listrik tersebut, mari kita ulas satu per satu definisi dari ketiganya.

  1. Watt

Satuan listrik yang pertama adalah watt. Nah satuan Watt ini terbilang biasa digunakan untuk berbagai peralatan listrik. Diantaranya seperti peralatan primer seperti lampu penerangan, mesin penanak nasi, televisi, pompa air dan banyak lainnya.

Satuan watt bisa dibilang sebagai satuan yang dapat ditanggung oleh peralatan listrik tersebut. Artinya berapa besar daya yang dibutuhkan untuk sebuah peralatan listrik untuk dapat bekerja biasanya menggunakan satuan watt.

  1. Volt

Satuan volt atau voltase juga merupakan satuan yang umum digunakan untuk beragam peralatan listrik rumahan. Di rumah, Anda akan mendapati sejumlah alat listrik yang menggunakan satuan volt. Contohnya adalah seperti pada mesin cuci, alat pembangkit listrik dan lain sebagainya. Besarnya jumlah tegangan yang dibutuhkan oleh sebuah perangkat elektronik tersebut dilambangkan dengan satuan volt.

  1. Ampere

Satuan ampere mungkin sering Anda jumpai pada berbagai perangkat listrik. Contohnya seperti MCB, stop kontak dan lain sebagainya. Satuan Ampere ini biasa digunakan untuk menyatakan besarnya arus maksimal yang bisa mengalir dalam sebuah perangkat listrik.

Satuan Ampere sering digunakan untuk menyatakan besarnya arus yang digunakan oleh perangkat listrik pada saat sedang beroperasi. Satuan Ampere ini juga dapat dikonversikan dengan jenis satuan listrik yang lainnya.

Misalnya menyatakan perbandingan 450 VA berapa Ampere, 1300 watt berapa Ampere dan lain sebagainya. Cara penghitungannya juga akan kami ulas secara lengkap disini.

Listrik 450 VA Berapa Ampere ?

Listrik di rumah memiliki daya berapa Ampere? Untuk mengetahui konversinya, Anda dapat melihat tabel daya listrik PLN berikut ini :

tabel daya PLN
tabel daya listrik PLN

Dari tabel daya listrik PLN di atas, dapat disimpulkan bahwa :

  • Untuk listrik rumah dengan daya 450 VA, maka MCB yang dibutuhkan yakni sebesar 2 Ampere.
  • Untuk daya listrik adalah 900 VA, maka MCB yang digunakan yakni 4 Ampere.
  • Untuk daya listrik adalah 1300 VA, maka MCB yang digunakan yakni 6 Ampere.
  • Untuk daya listrik 2200 VA, maka MCB yang digunakan biasanya sebesar 10 Ampere dan seterusnya.

Berapa Ampere Daya yang Dibutuhkan Oleh Rumah Kita?

daya listrik 450 va berapa ampere
daya listrik 450 va berapa ampere

Daya listrik rumah pada umumnya memiliki berbagai macam variasi kapasitas. Kapasitas daya listrik rumah sangat bervariasi, ada yang 450 VA, 900 VA, hingga 1300 VA.

VA sendiri merupakan hasil kali antara tegangan efektif dengan arus efektif. Untuk dapat mengetahui berapa besar daya yang dibutuhkan untuk sebuah instalasi listrik, Anda dapat menggunakan rumus berikut ini :

P = V×l

Dimana :

P = Daya listrik (VA)

V = Tegangan listrik (Volt)

l = Arus listrik (Ampere)

Contoh Soal Penghitungan Daya Listrik

Untuk mengetahui berapa jumlah daya listrik yang dibutuhkan oleh di rumah, Anda dapat melihat contoh soal berikut ini:

  • Katakanlah daya listrik rumah Anda menggunakan daya setinggi 900 VA. Nah untuk tegangan listrik yang terpakai yakni sebanyak 220 volt. Kira-kira berapa Ampere MCB yang Anda dibutuhkan sebagai pembatas nantinya?

Diketahui :

P = 900 VA.

V = 220 volt.

Maka l Adalah?

Jika rumus untuk mencari besarnya daya listrik menggunakan rumus P = V×l. Maka untuk mencari arus yang dibutuhkan, rumusnya adalah sebagai berikut :

l = P/V

l = 900 VA / 220 volt.

l = 4,09 Ampere.

Maka, listrik dengan daya 900 VA adalah 4 Ampere. Cara ini juga dapat digunakan untuk menghitung daya dengan kapasitas 450 VA, 1300 VA, 2200 VA dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bagaimana, sudah paham bagaimana cara menghitung konversi daya listrik? Kini Anda tidak lagi pusing untuk mengetahui 450 VA berapa Ampere, 1300 VA berapa Ampere atau listrik 2200 membutuhkan daya berapa Ampere.

Anda dapat melihat perbandingannya. Jika daya yang dipasang 450 VA, maka MCB yang dibutuhkan adalah 2 Ampere. Apabila daya yang terpasang 1300 VA, maka MCB yang dibutuhkan adalah 4 Ampere dan seterusnya. Semoga penjelasan di atas sudah cukup membantu, ya?

Leave a Comment