Antena Yagi: Pengertian, Fungsi, Gambar Skema, Jenis Rumus

Antena yagi merupakan jenis antena yang dikenal sebagai antena yagi-uda. Dinamakan yagi-uda, karena jenis antena ini ditemukan oleh ilmuwan Jepang bernama Shintaro Uda dan Hidetsugu Yagi.

Antena jenis ini tidak terlalu populer dibandingkan dengan jenis antena lain seperti antena grid, parabola, omni, dan wajan bolic yang banyak ditemukan di pasaran.

Bentuk dari antena yagi sebenarnya sama dengan antena yang digunakan untuk televisi yakni memiliki bentuk seperti tulang ikan yang sangat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

Namun, jika dikaitkan dengan jaringan wifi, antena jenis ini jarang ditemui, padahal memiliki fungsi yang sangat baik untuk jaringan jarak jauh. Untuk lebih jelasnya simak semua yang berkaitan dengan antena yagi mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, skema hingga berbagai jenisnya disini!

Pengertian Antena Yagi

antena yagi adalah
gambar antena yagi

Antena yagi adalah jenis antena yang berfungsi sebagai antena tunggal yang terhubung secara internal dengan susunan dipol bujur sangkar serta elemen umpan dan elemet parasit yang lain.

Secara bentuk antena yagi sangat mirip dengan antena televisi yang memiliki bentuk struktur tulang ikan. Namun lebih tepatnya antena yagi adalah antena direksional atau satu arah yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu driven, reflector, dan director.

Adanya reflector dalam antena ini digunakan untuk mengarahkan pancaran gelombang ke satu arah. Mirip dengan antena parabola hanya saja jangkauan sinyal yang diarahkan lebih fokus, atau tidak melebar.

Antena ini biasanya dibuat untuk dua jenis frekuensi,yaitu 2,4 GHz dan 5,8 GHz. Sedangkan jangkauan jaraknya masuk dalam kategori jarak menengah hingga jarak jauh, dengan penguatan mencapai 28 dBi. 

Fungsi Antena Yagi

fungsi antena yagi
gambar antena yagi

Sebenarnya secara singkat, fungsi dari antena yagi sudah kita bahas diatas. Namun, ada beberapa fungsi pokok dari antena yagi yang harus Anda ketahui.

3 fungsi pokok dari antena yagi adalah:

  • Sebagai konverter yang artinya mampu mengubah bentuk energi listrik menjadi gelombang elektromagnetik. Begitu juga sebaliknya, antena juga akan mengubah gelombang elektromagnetik menjadi listrik.
  • Sebagai radiator, yakni untuk memancarkan gelombang elektromagnetik ke udara bebas di sekitarnya. Juga sebaliknya, antena juga mampu menangkap pancaran radiasi gelombang elektromagnetik, atau disebut re-radiator.
  • Sebagai impedance matching, artinya antena akan selalu menyesuaikan saluran transmisi dan udara bebas. Misalnya saat antena bekerja maka antena akan menyesuaikan impedansi saluran dengan impedansi udara.

Dilihat dari fungsi pokok antena yagi ditas, kurang lebih hampir sama dengan antena wifi lainnya. Namun karakteristik dari bentuk antena yagi memberikan fungsi yang lebih spesifik. 

Nah, apa fungsi dari antena yagi secara lebih spesifik tersebut?

Adapun fungsi antena yagi adalah:

  • Antena direksional, yakni antena yagi bekerja secara direksional atau satu arah. Dimana bagian belakang reflector memiliki gain yang sangat kecil, karena semua gain diarahkan ke bagian depan.
  • Antena yagi berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dari sebuah sinyal wifi. Kekuatan sinyal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti bentuk dan ukuran reflector, jumlah director, dan lain sebagainya.
  • Antena yagi juga berfungsi untuk menangkap dan memancarkan sinyal pada satu frekuensi. Setiap frekuensi dari antena jenis ini ditentukan dari salah satu bagian utama antena, yaitu driven. Seperti frekuensi antena untuk 2,4 GHz berbeda dengan antena berfrekuensi 5,8 GHz.
  • Selain itu, fungsi antena yagi juga untuk meningkatkan jarak jangkauan. Jenis antena yagi digunakan untuk jangkauan jarak menengah hingga jauh. Jarak jangkauan tersebut bisa ditingkatan dengan berbagai faktor yang telah disebutkan sebelumnya, seperti reflector, director, termasuk juga kekuatan radio.

Cara Kerja Antena Yagi

cara kerja antena yagi
gambar antena yagi

Antena yagi merupakan salah satu jenis antena direksional, yang mana cara kerja antena yagi adalah dengan menerima atau mengirim sinyal radio dalam satu arah. Cara kerja antena yagi ini mirip dengan antena direksional lainnya seperti antena parabola, antena grid, dan sebagainya. 

Sebut saja antena parabola yang lebih mudah dipahami. Antena ini mengarahkan sinyal yang berada di bagian depan lengkungan dengan kekuatan sinyal yang besar. Sedangkan di bagian belakang parabola kekuatan sinyal sangatlah kecil.

Antena yagi dianggap memiliki gain atau kekuatan sinyal yang sangat baik. Bahkan jangkauannya bisa mencapai jarak antara 40 km sampai dengan 60 km.

Kekuatan sinyal tersebut ditentukan oleh beberapa hal berikut!

  • Bentuk dan ukuran reflector

Bentuk reflector dari antena ini bermacam-macam, ada yang berbentuk bolic, corner, disc, dan sebagainya. Begitu juga dengan ukuran reflector yang semakin besar, akan mampu membuat sebaran sinyal semakin jauh.

  • Jumlah director

Director ini menjadi bagian yang digunakan untuk mengarahkan antena. Jumlah batang director yang semakin besar, akan menambah kekuatan sinyal. Namun, pola atau arah antena yang dipancarkan semakin sempit.

Skema Antena Yagi 4 Elemen

Skema Antena Yagi
Skema Antena Yagi

Skema dari antena yagi yakni bisa digambarkan seperti struktur tulang ikan. Dimana ada bagian kepala, tulang yang panjang, dan tulang-tulang yang lebih kecil.

4 bagian antena yagi adalah:

  1. Reflector
  2. Driven
  3. Director
  4. Boom

Penjelasan dari setiap fungsi dari bagian-bagian skema antena yagi 4 elemen adalah sebagai berikut.

1. Reflector

Reflektor adalah bagian yang bisa dikatakan sebagai kepala dari struktur tulang ikan. Fungsinya untuk memantulkan sinyal ke arah depan atau ke arah tulang ikan tersebut.

Jadi, bagian tulang akan memancarkan sinyal, kemudian dipantulkan oleh reflector ini, dan diarahkan sesuai dengan arah ujung tulang.

2. Driven

Driven adalah bagian dari antena yagi sebagai tulang besar di bagian leher yang menjadi titik pusat antena yagi. Di dalamnya terdapat elemen yang fungsinya untuk menentukan jenis frekuensi radio yang disebarkan.

Bentuk fisik driven ini berupa batangan dengan panjang setengah dari panjang gelombang yang disebarkan.

3. Director 

Director adalah bagian antena yagi yang menjadi struktur tulang kecil pada ikan. Director berfungsi sebagai pengarah antena, dan ukuranya lebih kecil dibandingkan driven.

Jika driven hanya satu, director berjumlah lebih dari satu. Jumlah dari elemen yang satu ini berpengaruh terhadap gain antena. 

Namun harus diperhitungkan jumlah tersebut karena berpengaruh terhadap pola pengarahannya. Semakin banyak jumlah director, maka pengarahannya semakin sempit.

4. Boom

Boom adalah bagian yang satu ini bisa dikatakan sebagai tulang panjang pada struktur ikan. Boom digunakan sebagai tempat bagi elemen yang lainnya, reflector, driven, dan director.

Rumus Antena Yagi

Untuk menghitung panjang dari setiap elemen antena, dibutuhkan rumus. Adapun rumus antena yagi adalah:

rumus antena yagi
rumus antena yagi

Keterangan :

Lamda (λ) = Panjang Gelombang Elektromagnetik (meter)

C = Kecepatan Rambat Gelombang Elektromagnetik dengan konstanta 300.000.000 m/s

Freq = Frekuensi (Hz)

Cara Memasang Antena Yagi

cara memasang antena yagi
gambar cara memasang antena yagi

Antena yagi sebenarnya sudah banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya jenis antena televisi. Berbeda untuk antena wifi, produk dari jenis antena ini sangat jarang ditemui.

Meski demikian, hampir semua orang pastinya sudah mengetahui bagaimana cara memasang antena yagi, dan biasanya juga ada dalam buku panduannya.

Sebagai gambaran, cara memasang antena yagi adalah:

  • Memilih antena sesuai dengan frekuensi radio yang akan dipancarkan. Untuk antena wifi menggunakan frekuensi 2,4 GHz atau 5,8 GHz.
  • Diarahkan sesuai dengan ujung ekor antena atau bagian depan dari reflector.
  • Menghubungkan kabel dari alat transmitter dengan antena melalui driven.

Jenis Antena Yagi

jenis antena yagi
gambar jenis antena yagi

Antena yagi memiliki banyak sekali jenis yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk reflector dan jenis frekuensi.

Berdasarkan bentuk reflector, jenis-jenis antena yagi adalah sebagai berikut:

  • Antena yagi dengan reflector grid
  • Antena yagi dengan reflector bolic
  • Antena yagi dengan reflector dish
  • Antena yagi dengan reflector corner

Berdasarkan jenis frekuensi, jenis antena yagi adalah:

  • Antena yagi frekuensi 2,4 GHz
  • Antena yagi frekuensi 5,8 GHz
  • Anena yagi multiband, yaitu bisa digunakan untuk frekuensi 2,4 GHz dan 5,8 GHz.

Itulah penjelasan lengkap mengenai antena yagi dari mulai pengertian, fungsi, cara kerja, skema hingga berbagai jenisnya.

Antena yagi adalah jenis antena yang memiliki bentuk struktur tulang ikan dan sangat dikenal luas dalam produk antena televisi. Namun, tidak terlalu populer untuk produk antena wifi.

Tinggalkan komentar