Kabel NYY : Pengertian, Fungsi, Karakteristik dan Kelebihan

Secara umum kabel adalah komponen yang dimanfaatkan sebagai media penghantar arus listrik. Untuk jenisnya sendiri juga sangatlah beragam. Jenis kabel tersebut dibuat dengan spesifikasi tertentu untuk beragam kebutuhan instalasi. Jadi tidak heran jika sehari – hari kita dapat menjumpai ternyata ada banyak jenis kabel yang terpasang di beberapa tempat. Mulai dari bentuk, ukuran hingga fungsinya ternyata memang dibuat secara berbeda.

Salah satu jenis kabel yang penggunaannya banyak ditemukan untuk instalasi skala kecil yakni seperti perumahan dan gedung adalah jenis kabel NYY.  Nah apa itu kabel NYY, serta bagaimana fungsi dan kegunaannya, akan kita bahas secara tuntas pada artikel berikut ini. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kabel NYY

Kabel NYY adalah
Kabel NYY adalah

Kabel NYY adalah jenis kabel yang tersusun atas beberapa inti. Jumlah inti kabel NYY yang paling umum yakni mulai dari yang berjumlah 2, 3, hingga 4 inti kabel. Dari setiap inti kabel akan dijumpai lapisan pelindung luar yang menggunakan material PVC.

Untuk peruntukannya sendiri, kabel NYY merupakan jenis kabel yang banyak digunakan untuk instalasi listrik rumah tangga ataupun bangunan lainnya. Kabel ini juga memiliki lapisan selubung ganda sehingga dianggap memiliki sistem keamanan yang cukup baik.

Oleh karenanya, penggunaan dari kabel tersebut juga cukup bervariasi. Misalnya aja digunakan untuk pemasangan instalasi dalam tanah, instalasi area terbuka hingga untuk dipasang pada area yang tergolong lembab sekalipun.

Selain unggul dari segi keamanan lapisan isolator, kabel jenis NYY ini juga terbilang aman dari resiko gigitan hama tikus. Hal ini karena konstruksinya memang sudah didesain agar lebih kokoh.

Mengetahui Arti Kode Pada Kabel NYY

Setiap jenis kabel tentu saja dari awal sudah didesain dengan kode  yang beragam. Misalnya kabel NYA, NYM, NYY, dan lain-lain. Kode – kode huruf ini tidak hanya sekedar nama yang diberikan sebagai pembeda antara kabel satu dengan yang lainnya, ya?

Namun kode tersebut juga memiliki arti yang lebih mendetail. Salah satunya yaitu mewakili spesifikasi dari kabel tersebut. Langsung saja simak arti kode huruf pada kabel NYY di bawah ini :

N = artinya kabel dengan inti tembaga.

Y = artinya memiliki lapisan selubung dari PVC.

Y = artinya lapisan selubung luar juga terbuat dari bahan PVC.

Jika melihat arti kode di atas, maka dapat disimpulkan bahwa NYY merupakan kabel yang memiliki konduktor berbahan tembaga. Kemudian memiliki lebih dari satu inti kabel dan terlindungi oleh lapisan selubung ganda. Yakni lapisan selubung luar dan dalam, yang keduanya sama-sama menggunakan bahan PVC.

Bagian – Bagian Kabel NYY

Bagian-Bagian Kabel NYY
Bagian-Bagian Kabel NYY

Sama seperti jenis kabel lainnya, untuk kabel NYY juga merupakan kabel yang terbuat dari lapisan konduktor dan isolator. Poin yang membedakan yakni bagian isolator atau lapisan pelindung yang terdapat pada kabel ini memiliki jumlah ganda atau lebih dari satu. Yakni lapisan selubung luar dan juga lapisan selubung dalam.

Simak selengkapnya mengenai bagian-bagian kabel NYY berikut ini :

1. Konduktor

Konduktor sendiri merupakan komponen kabel yang fungsinya sebagai media penghantar jalannya arus listrik. Oleh karenanya, konduktor biasanya menggunakan material atau bahan yang memiliki daya hantar listrik yang benar-benar baik.

Pada jenis kabel NYY sendiri, jenis material yang digunakan untuk membuat konduktor yakni tembaga. Lalu untuk lapisan inti kabelnya sendiri yakni menggunakan jenis tembaga berserabut. Dimana kabel ini ada yang memiliki inti tunggal, namun ada juga yang memiliki lebih dari satu inti. Selain kabel NYY tunggal, ada juga NYY yang memiliki 2, 3, atau 4 komponen inti kabel.

2. Lapisan Selubung Dalam

Lapisan selubung dalam merupakan bagian isolator yang dijadikan sebagai pelapis bagian inti kabel kabel secara langsung. Untuk lapisan selubung dalam ini sendiri umumnya akan menggunakan isolator berbahan PVC.

Mengapa material PVC yang dipilih? Fungsinya adalah untuk melindungi kabel, serta mencegah terjadinya berbagai resiko ke depannya. Misalnya saja seperti terjadinya kebocoran arus, kabel lecet, dan lain sebagainya. Dan material PVC dirasa cukup tepat digunakan untuk mencegah terjadinya beragam resiko tersebut.

3. Lapisan Selubung Luar

Lapisan selubung luar juga merupakan bagian pelindung kabel yang sangat penting. Dimana fungsi utamanya yakni untuk media perlindungan komponen kabel dari bagian yang terluar secara keseluruhan. Kabel NYY juga memiliki kelebihan yang sangat layak dipertimangkan penggunaannya. Salah satunya yaitu karena memiliki lapisan pelindung ganda.

Karena sering diaplikasikan untuk instalasi dalam tanah, maka kabel ini juga dilengkapi tambahan selimut anti gigitan tikus. Dengan demikian, kabel menjadi lebih aman untuk digunakan. Dari segi keamanan tentu saja kabel NYY sangat dapat diandalkan untuk beragam keperluan instalasi listrik.

Baca juga artikel terkait :

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYY?

Seperti yang sudah sering dibahas, bahwa Kabel NYY merupakan salah satu jenis kabel yang sangat umum diaplikasikan untuk pemasangan instalasi rumah tangga. Kabel ini biasanya digunakan untuk pemakaian jangka panjang. Dimana pertimbangannya yakni dari segi keamanan yang lebih baik karena di dalamnya menggunakan lapisan pelindung kabel lebih dari satu.

Nah apa saja kelebihan kabel NYY dan bagaimana kekurangannya? Mari simak secara tuntas pembahasannya berikut ini:

1. Kelebihan Kabel NYY

Dibandingkan dengan jenis kabel yang lainnya, NYY dianggap memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut ini beberapa nilai lebih kabel jenis NYY yang sangat penting untuk dijadikan pertimbangan.

  • Tingkat Keamanan

Kabel NYY memiliki tingkat keamanan yang terbilang sangat bagus. Dimana setiap inti kabel akan dilapisi dengan isolator PVC. Tidak cukup hanya itu saja, kemudian ada juga lapisan pelindung terluar yang juga terbuat dari bahan PVC.

Dengan lapisan pelindung berlapis inilah mengapa kabel NYY dianggap lebih aman. Bisa disimpulkan kabel jenis NYY memang memiliki proteksi yang lebih kuat sehingga sangat direkomendasikan untuk digunakan pada pemakaian instalasi listrik dalam jangka panjang.

  • Lebih Kuat dan Aman Dari Serangga Pengerat

Lapisan isolator yang berlapis juga membuat kabel ini menjadi lebih kuat secara tekstur. Selain lapisan selubung dalam yang melindungi inti kabel secara langsung, terdapat juga lapisan pelindung terluar yang juga dilengkapi dengan fitur anti gigitan tikus.

Bahan isolator yang tebal dan kuat menjadi keunggulan tersendiri bagi kabel tersebut. Hal ini karena membuat kabel memiliki tingkat ketahanan yang baik. Mulai dari tahan terhadap perubahan cuaca, hingga tahan terhadap serangan hewan pengerat seperti tikus yang sering menjadi musuh utama instalasi listrik.

  • Bisa Digunakan Untuk Lokasi yang Ekstrim

NYY juga biasa digunakan pada lokasi yang terbilang cukup ekstrim. Misalnya saja digunakan pada ruangan terbuka dan digunakan pada tempat lembab. Bahkan karena tergolong aman dan kuat, jenis kabel NYY juga cukup direkomendasikan untuk instalasi di dalam tanah sekalipun.

Material pelindung yang kuat, serta terdiri lebih dari satu lapis membuat kabel ini cukup recommended untuk digunakan di lokasi yang cukup ekstrim sekalipun. Namun, untuk menambah proteksi dan tingkat keamanan, sebaiknya Anda juga dapat menambahkan alat pengaman tambahan lainnya. Misalnya saja dengan cara menambahkan pipa untuk melindungi kabel dari resiko terjadinya kerusakan.

2. Kekurangan Kabel NYY

Selain melihat beragam kelebihan dari kabel NYY seperti yang kita ulas di atas, piranti elektronik ini juga tidak terlepas dari adanya kekurangan. Adapun kekurangan kabel NYY antara lain sebagai berikut :

  • Harganya Tergolong Lebih Mahal

Dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, kabel NYY memang dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan, pasalnya NYY merupakan jenis kabel dengan lapisan pelindung ganda.

Dengan demikian, material yang digunakan untuk kabel juga lebih banyak. Selain itu, untuk membuat kabel yang kuat dan awet tentunya dibutuhkan beragam bahan dengan kualitas yang baik juga.

Oleh karenanya tidak heran jika kabel ini memiliki nilai jual yang tinggi. Karena hal tersebut sebanding juga dengan kualitas yang dimilikinya, bukan?

  • Isolator Kabel Terbilang Lebih Kaku

Kekurangan kabel NYY yang lainnya yang penting untuk dipertimbangkan adalah karena kabel ini memiliki lapisan isolator yang tergolong kaku. Karena memiliki lapisan isolator yang kaku, maka membuat pengaplikasian NYY menjadi kurang fleksibel. Terutama apabila digunakan pada tempat yang membutuhkan banyak lekukan. Jadi pertimbangkan juga soal penggunaan kabel ini sesuai dengan kondisi dan kebutuhan medan yang akan dipasangi instalasi listrik nantinya.

Kesimpulan

Kabel NYY adalah salah satu jenis kabel yang menggunakan material linti dari inti tembaga serta didesain memiliki lapisan pelindung ganda. Selain konduktor, kabel tersebut juga dilengkapi dengan lapisan pelindung luar dan dalam.  Karena memiliki pelindung ganda, maka tingkat keamanan NYY menjadi sangat bagus. Oleh karenanya penggunaannya sering dipakai untuk keperluan jangka panjang.

Instalasi listrik menggunakan kabel ini disarankan untuk keperluan listrik rumah tangga, instalasi di dalam tanah, di area lembab hingga di area yang terbuka. Dengan proteksi berlapis, kabel jenis NYY ini bisa diandalkan untuk keamanan pemakaian dalam jangka waktu yang lebih lama.

Tinggalkan komentar