Kabel NYM : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Kegunaan

Kabel memang menjadi salah satu komponen yang sangat krusial dalam jaringan kelistrikan. Dimana fungsi utama kabel ini yakni untuk menghantarkan arus listrik. Hampir semua peralatan listrik menggunakan kabel sebagai media penghantar sumber arus listrik menuju perangkat.

Di rumah misalnya, kita dapat dengan mudahnya menemukan penggunaan kabel. Diantaranya untuk membantu lampu dan alat-alat elektronik lainnya agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Salah satu jenis kabel yang dapat ditemukan di rumah, salah satunya adalah kabel NYM. Apa itu kabel NYM dan bagaimana fungsi serta kegunaannya? Mari kita bahas secara detail di bawah ini.

Pengertian Kabel NYM

kabel nym adalah
kabel nym adalah

Kabel NYM adalah salah satu jenis kabel yang penggunaannya sering kita temukan pada area perumahan ataupun gedung. Kabel jenis tersebut dapat ditempatkan pada berbagai tipe lingkungan. Mulai dari instalasi dalam ruangan, hingga digunakan pada lingkungan kering maupun lembab di area luar.

Ciri khas yang paling ketara dari kabel NYM yakni adanya komponen inti yang lebih dari satu. Setidaknya kabel jenis NYM dapat memiliki inti 2,3 atau bahkan 4 bagian. Selain itu, NYM juga memiliki lapisan isolator sebanyak dua lapis.

Dimana pada bagian lapisan isolator yang pertama terdapat di bagian dalam kabel. Fungsinya yakni untuk melindungi setiap inti kabel. Lalu lapisan isolator yang kedua yakni terdapat pada bagian luar atau biasa disebut sebagai jaket pelindung. Umumnya lapisan isolator bagian luar ini dibuat dengan menggunakan material PVC.

Adapun arti kode yang terdapat pada kabel NYM adalah sebagai berikut :

N : Artinya yakni jenis kabel mempunyai standar memadai dengan komponen konduktor yang berbahan inti tembaga

Y : Artinya yakni merupakan jenis kabel yang mempunyai lapisan pelindung PVC

M : Artinya yakni bagian selubung pada kabel yang dibuat menggunakan material PVC

Bagian – Bagian Kabel NYM

Bagian - Bagian Kabel NYM
Bagian – Bagian Kabel NYM

Fungsi kabel NYM yang paling sering dijumpai biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu komponen dasar dalam pemasangan instalasi di perumahan. Hal ini karena kabel jenis NYM memang didesain mempunyai lebih dari satu isolator. Untuk itu tingkat keamanan listriknya terbilang lebih baik.

Karena hal itu juga penggunaan kabel NYM dapat digunakan pada berbagai area. Mulai dari area kering ataupun tempat yang tergolong cukup lembab sekalipun. Namun yang perlu menjadi catatan yakni jenis kabel NYM tidak direkomendasikan digunakan untuk keperluan instalasi dalam tanah. Hal ini karena tingkat keamanannya yang kurang memadai jika digunakan untuk keperluan tersebut.

Pada saat membeli kabel NYM, mungkin Anda menyadari bahwa kabel tersebut memiliki lebih dari satu inti. Dimana masing-masing inti kabel diselimuti juga dengan isolator berbahan PVC. Nah untuk bisa lebih mengetahui secara lengkap mengenai bagian-bagian kabel NYM, mari langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

  1. Konduktor

Bagian dari kabel NYM yang pertama adalah konduktor. Dimana komponen konduktor adalah bagian dari kabel yang dirancang menggunakan material dengan kemampuan untuk menghantarkan arus listrik pada suatu jaringan.

Pada NYM, konduktornya merupakan kawat berpilin yang terbuat dari bahan tembaga atau bahkan aluminium. Untuk bentuknya sendiri terbilang cukup bervariasi. Ada yang dibuat dengan model bulat berongga, inti kabel tanpa rongga ataupun dibuat dengan berbagai model sektoral lainnya.

  1. Isolasi PVC

Pada kabel, kita akan mendapati komponen yang bernama isolasi. Dimana komponen isolasi merupakan bagian yang fungsinya untuk menekan arus listrik. Tujuannya supaya tidak terjadi adanya kebocoran pada instalasi listrik nantinya.

Untuk penggunaannya sendiri ternyata ada beragam jenis material yang bisa digunakan untuk membuat sebuat isolator. Ada yang menggunakan bahan isolasi dari bahan padat, cair hingga bahan yang terbuat dari gas.

  1. Selubung

Kabel NYM memiliki lapisan selubung yang berfungsi untuk melindungi kabel. Fungsi dari selubung ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Mencegah kabel dari adanya kontaminasi, terutama akibat faktor dari luar.
  • Mencegah dari resiko terjadinya resiko korosi pada kabel listrik.
  • Mencegah air ataupun uap air masuk pada instalasi kabel bagian dalam.
  • Melindungi kabel dari pengaruh gaya listrik, gaya mekanis dan lain sebagainya.
  1. Lapisan Pembungkus Inti

Komponen yang selanjutnya terdapat pada kabel adalah lapisan pembungkus inti. Lapisan ini berfungsi untuk menjaga tegangan yang terdapat pada inti kabel agar tetap stabil.

Sebagai lapisan pembungkus, komponen ini menggunakan bahan-bahan yang bersifat semikonduktor. Adapun fungsinya antara lain yakni sebagai berikut :

  • Lapisan pembungkus inti berfungsi untuk mengamankan arus listrik pada kabel.
  • Mencegah terjadinya kebocoran pada kabel.
  • Mencegah resikonya terjadinya penimbunan tegangan.
  • Berguna untuk menangkal radiasi elektromagnetik yang berpotensi terjadi saat arus listrik mengalir melalui kabel nantinya.
Baca juga artikel terkait :

Ketahui Karakteristik Kabel NYM Berikut!

Di pasaran, mungkin Anda akan lebih mudah mendapati beragam jenis kabel listrik. Dimana setiap jenis kabel tersebut tentu saja mempunyai spesifikasinya sendiri. Dan yang tidak kalah penting yakni fungsi utama, kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Salah satu kabel yang populer digunakan untuk instalasi gedung dan perumahan adalah kabel NYM. Untuk dapat membedakannya dengan jenis kabel lain, Simak beberapa karakteristik kabel NYM berikut ini:

  • NYM merupakan salah satu jenis kabel yang mempunyai bagian inti lebih dari satu.
  • NYM juga memiliki lapisan pelindung ganda, yaitu lapisan pembungkus inti dan selubung yang terletak pada lapisan terluar.
  • NYM memiliki voltase antara 300 sampai dengan 750 volt.
  • Ukuran kabel NYM yaitu antara 1,5 mm sampai dengan 10 mm.
  • Kabel jenis NYM lebih cocok digunakan untuk pemasangan instalasi di dalam ruangan. Namun sangat tidak disarankan jenis kabel ini digunakan untuk ditanam di area dalam tanah.

Kegunaan Kabel NYM

Fungsi kabel NYM yang paling utama yakni sebagai media penghantar arus listrik. Selain harganya yang murah, kabel NYM juga mudah dipasang. Anda dapat memasang kabel tersebut secara langsung pada dinding, kayu, atau ditanam begitu saja pada kontruksi rumah.

Kabel tersebut juga dapat digunakan untuk tempat yang basah ataupun lembab. Dengan catatan, Anda dapat menambahkan pipa kedap air ataupun jenis pelindung kabel lainnya sebagai pengaman tambahan. Hal ini bisa Anda lakukan apabila berniat memasangnya di tempat lembab.

Kesimpulan

Kabel NYM merupakan kabel yang umum ditemukan pada instalasi rumah. Kabel jenis NYM umum didesain dengan inti dan isolator lebih dari satu. Dimana terdapat setidaknya dua isolator yakni lapisan pelindung dalam dan juga selubung luar.

NYM juga mudah dipasang, serta fleksibel digunakan di berbagai tempat. Misalnya saja untuk pemasangan instalasi di kayu maupun dinding. Untuk beberapa kasus bisa juga kabel ini dipasang secara langsung di beberapa kontruksi gedung ataupun rumah. Baik itu pemakaian dalam ruangan, tempat kering, hingga tempat lembab dapat menggunakan instalasi yang terbuat dari bahan kabel NYM.

Tinggalkan komentar