Kabel USB : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kelebihan

Kabel USB merupakan salah satu perlengkapan yang sering kita dapati pada komputer ataupun jenis gadget lainnya. Alat ini berfungsi sebagai konektor atau penghubung antar perangkat elektronik. Misalnya menghubungkan komputer dengan smartphone, menghubungkan komputer dengan dengan mouse, DVD, modem dan lain sebagainya.

Selain berfungsi sebagai konektor, USB juga memiliki banyak keistimewaan lainnya. Mari ketahui lebih banyak mengenai pengertian USB dan fungsinya pada artikel berikut ini.

Pengertian Kabel USB

pengertian kabel USB
pengertian kabel USB

USB singkatan dari Universal Serial Bus. Teknologi USB merupakan inovasi yang memudahkan antara dua buah alat elektronik agar dapat saling terhubung dan terkoneksi. Dengan adanya USB, Anda tidak hanya dapat membuat dua buah perangkat elektronik saling terhubung saja, akan tetapi juga dapat melakukan berbagai fungsi lainnya.

Diantaranya mulai dari melakukan transfer ataupun menerima data, melakukan instalasi software, mengisi daya, backup data dan lain sebagainya. Tidak hanya dihadirkan dalam satu jenis, USB ini tersedia dalam beragam tipe. Dimana masing-masing tipe ini didesain dengan port atau bentuk soket yang berbeda. Tentu saja jenis yang berbeda akan dibekali dengan spesifikasi yang berbeda pula.

Tujuannya tentu saja agar memudahkan USB agar dapat terhubung. Selain itu juga agar bisa menyesuaikan dengan berbagai perangkat elektronik yang memiliki lubang soket beragam.

Fungsi Kabel USB

Fungsi kabel USB secara umum adalah untuk menghubungkan perangkat elektronik satu dengan yang lainnya. Namun selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Berikut ini pembahasan detail mengenai fungsi dari kabel USB:

  • Kabel USB memudahkan untuk menginstal OS. Terutama apabila komputer tidak menyediakan CD room sehingga untuk melakukan penginstalan, diperlukan adanya konektor sebagai perantara.
  • USB membantu menghubungkan komputer dengan mouse.
  • Komputer juga dapat menggunakan keyboard eksternal dengan bantuan USB.
  • USB membuat proses pemindahan file antar perangkat elektronik dapat dilakukan dengan cepat.
  • Dengan adanya USB, file dapat disimpan pada penyimpanan luar. Misalnya seperti flashdisk ataupun jenis memori eksternal lainnya.
  • USB dapat merangkap sebagai kabel charger dan melakukan pengisian daya.
  • Teknologi USB kompatibel digunakan untuk berbagai perangkat elektronik sekaligus.

Cara Kerja Kabel USB

cara kerja kabel USB
cara kerja kabel USB

Cara kerja kabel USB sebenarnya bisa dibilang sangat sederhana. Umumnya pada kabel ini, terdapat dua buah soket atau port yang disebut port male dan female. Kedua ujung port ini nantinya akan disambungkan pada perangkat elektronik. Misalnya saja untuk menyambungkan dua perangkat. Mulai dari menyambungkan ponsel ke komputer atau sebaliknya. Bisa juga difungsikan untuk menyambungkan antara perangkat ponsel pintar dengan printer, scanner dan lainnya.

Jadi, ketika Anda memasukkan kabel USB pada dua perangkat elektronik, maka host akan menyiapkan perintah, mendata perangkat yang tersambung. Selain itu secara otomatis akan menyiapkan memori untuk kebutuhan tersebut. Sehingga kemudian, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan. Mulai dari transfer data, menerima data, dan lain-lain dengan perantara kabel USB.

Mengenal Beragam Istilah yang Terkait Dengan USB

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai USB, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai beberapa iistilah yang terkait dengan kabel tersebut. Simak pembahasan selengkapnya berikut ini :

  1. Port

Port merupakan lubang soket yang terdapat pada komputer ataupun peralatan elektronik lainnya. Fungsinya sendiri yakni untuk memasukan kabel USB. Setiap perangkat elektronik memiliki tipe port yang berbeda-beda, Jadi otomatis kabel USB juga didesain dengan port yang berbeda-beda pula.

  1. Hub

Hub ini merupakan salah satu komponen yang difungsikan sebagai penghubung sekaligus alat untuk memperkuat sinyal. Dimana hal tersebut dapat dilakukan dengan kabel sebagai medianya.

  1. Plug And Play

Plug and play merupakan istilah yang dipakai untuk perangkat elektronik yang dapat langsung terdata. Hal ini berlaku meskipun tanpa melakukan instalasi dengan komputer.

  1. Peripheral

Peripheral merupakan perangkat keras yang biasanya terdapat pada komputer. Fungsinya sendiri yaitu untuk mendukung agar komputer ataupun perangkat elektronik lainnya dapat berkerja dengan lebih optimal.

  1. Flashdisk

USB dan flashdisk juga merupakan dua hal yang saling terkait. Karena flashdisk ini merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan data, setelah data tersebut diunduh menggunakan USB.

Baca juga artikel terkait :

Mengenal Jenis USB yang Umum Digunakan

Jenis USB
Jenis USB

Pada saat menggunakan kabel USB, mungkin Anda menyadari bahwa benda tersebut terdiri dari berbagai macam jenis. Perbedaan yang paling mencolok dari USB adalah dari segi port atau lubang soketnya.

Namun selain itu, USB juga didesain dengan keunggulannya masing – masing. Simak pembahasan selengkapnya mengenai jenis kabel USB berikut ini :

  1. Mini USB

Mini USB ini sebenarnya merupakan teknologi USB tipe lama. Seperti namanya, tipe ini memiliki port dengan ukuran yang terbilang cukup mini. Pada masanya, mini USB sering digunakan untuk berbagai keperluan. Semisal untuk mengisi daya pada gadget, digunakan pada ponsel, kamera dan lain sebagainya.

Karena memiliki ukuran port yang cukup kecil, mini USB penggunaannya cukup jarang ditemukan. Selain itu, dengan semakin banyaknya tipe port USB yang diproduksi otomatis membuat USB tipe mini tersebut popularitasnya semakin memudar.

  1. Micro USB

Untuk micro USB ini terdiri dari 3 macam tipe. Berikut ini jenis dan pembahasan spesifikasi selengkapnya.

  • Micro USB Tipe A

Untuk USB Tipe A didesain dengan tampilan yang berbentuk pipih melebar. Untuk urusan tingkat kecepatan transfer data yang bisa dilakukan yakni mencapai 480 Mbps. Penggunaannya sendiri sering diaplikasikan pada berbagai keperluan. Misalnya saja digunakan untuk menghubungkan ponsel dengan charger, menghubungkan komputer dengan ponsel dan lain sebagainya.

  • Micro USB Tipe B

Jika dilihat sekilas, tampilan fisik antara micro USB tipe A dan B banyak yang mengatakan memang nyaris serupa. Namun, yang membedakan untuk USB tipe B ini bentuknya kecil, pipih, serta sedikit melengkung ke bawah.

Untuk kecepatan transfer datanya, micro USB tipe B memiliki kecepatan akses yang sama dengan tipe A. Yakni didesain dengan kecepatan akses hingga 480 Mbps.

  • Micro USB Tipe C

Dibandingkan dengan USB micro tipe A dan B, Micro USB tipe C terbilang memiliki lebih banyak keunggulan. Diantaranya yaitu kecepatan aksesnya yang lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Untuk penggunaannya, micro USB tipe C banyak dipakai pada smartphone atau ponsel masa kini. Terutama untuk beragam jenis ponsel dengan golongan menengah ke atas dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

  1. USB Standar Tipe A

Tampilan dari USB Tipe A ini didesain dengan bentuk menyerupai persegi panjang.  Penggunaan USB tipe tersebut cukup populer, karena model inilah yang paling sering kita temukan pada berbagai perangkat elektronik. Contoh penggunaan yang paling umum yakni konektor pada ponsel, komputer, mouse, printer. Tidak terbatas pada perangkat tadi saja,  USB Tipe A juga bisa digunakan sebagai konektor yang dikombinasikan dengan berbagai perangkat lainnya.

  1. USB Standar Tipe B

USB standar tipe B memiliki soket yang berbentuk bujur sangkar, berukuran kecil serta memiliki lengkungan pada bagian bawahnya. Untuk fungsinya sendiri, jenis USB standar tipe B lebih digunakan untuk menghubungkan komputer dengan berbagai perangkat elektronik lain. Contohnya saja yakni untuk menghubungkan perangkat komputer dengan scanner, printer maupun perangkat lainnya yang mempunyai port sesuai.

  1. USB On The Go

USB On The Go sering disingkat menjadi USB OTG. Ini merupakan fitur dari USB yang memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan secara langsung dari ponsel tanpa perlu menyambungkannya dengan komputer.

Jadi dengan USB OTG, Anda dapat mengelola file dari penyimpanan eksternal kemudian membacanya secara langsung dari ponsel. Anda juga dapat mengubah file tersebut langsung dari smartphone, tanpa perlu diubah di komputer terlebih dahulu.

  1. USB Lighting

USB lighting merupakan konektor yang penggunaannya cukup terbatas. Karena hanya dapat digunakan pada jenis gadget tertentu saja. USB lighting memiliki tampilan fisik yang hampir mirip dengan micro USB. Keduanya yakni memiliki bentuk soket atau port yang lebar dan pipih.

Arti Angka Pada Kabel USB

Arti Angka Pada Kabel USB
Arti Angka Pada Kabel USB

Pada saat membeli kabel USB, mungkin Anda sering mendapati tulisan pada kabel tersebut. Misal USB 1.0, 2.0, 3.0, 4.0 dan lain sebagainya. Kode angka yang terdapat pada USB ini merupakan kode yang menandakan kecepatan akses dari alat tersebut. Arti kode angka pada USB adalah sebagai berikut :

  • USB 1.0 merupakan USB tipe pertama yang didesain dengan kecepatan transfer hingga 1,5 Mbit/s.
  • USB tipe 1.1 merupakan versi perbaikan dan memiliki kecepatan transfer data hingga 12 Mbit/s.
  • USB tipe 2.0 didesain dengan kecepatan akses hingga 480 Mbit/s.
  • USB tipe 3.0 memiliki kecepatan akses hingga 5 Gbit/s.
  • USB tipe 3.1 didesain dengan kecepatan transfer hingga 10 Gbit/s.
  • USB tipe 3.2 hadir dengan kecepatan akses hingga 20 Gbit/s.
  • USB tipe 4.0 merupakan versi terbaru, namun masih jarang ditemukan penggunaannya.

Warna Pada Kabel USB dan Fungsinya

Warna Pada Kabel USB dan fungsinya
Warna Pada Kabel USB dan fungsinya

Pada USB, kita akan mendapati 4 buah kabel yang berbeda sebagai komponen penyusunnya. Dimana beragam kabel yang terdapat alat tersebut dibuat dengan kombinasi warna yang berbeda. Nah berikut ini penjelasan mengenai fungsi kabel USB sesuai dengan warnanya:

  • Untuk USB dengan warna merah merupakan kabel yang berfungsi untuk penghantar arus DC pada perangkat.
  • Kabel hijau merupakan kabel bermuatan positif untuk data.
  • USB warna putih difungsikan sebagai kabel negatif dan lebih diperuntukan untuk proses transfer data.
  • USB warna hitam umumnya difungsikan sebagai kabel ground.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel USB

Teknologi USB merupakan terobosan terbaru yang menawarkan banyak sekali manfaat dan kemudahan. Adapun kelebihan kabel USB diantaranya yaitu :

  • USB memungkinkan Anda untuk mentransfer ataupun menerima data dengan cepat.
  • Kecepatan akses USB cukup tinggi dibandingkan kabel komunikasi yang lain.
  • USB memiliki berbagai macam tipe port yang dapat disesuaikan dengan berbagai perangkat elektronik.
  • Dengan USB, komputer dapat difungsikan sebagai host dan dapat menghubungkan beberapa perangkat sekaligus.
  • Untuk melakukan transfer data ataupun yang lainnya, Anda tidak memerlukan kabel tambahan. Jadi hanya cukup dilakukan dengan satu kabel USB, sehingga sangat fleksibel.
  • USB juga mudah ditemukan dimana saja, karena penggunaannya memang sudah diterima pasar secara luas.
  • Berbagai pengangkat elektronik kebanyakan sudah support dengan teknologi USB.
  • USB didesain untuk teknologi single interface dan bisa melakukan proses konfigurasi secara otomatis.
  • USB dapat mendeteksi kesalahan pengiriman data. Kemudian memberikan perintah untuk mengirimkan data tersebut kembali ketika terjadi kesalahan.
  • Kabel USB harganya cukup murah dan terjangkau.

Selain kelebihan-kelebihan di atas, USB tentunya juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan kabel USB adalah dari segi jangkauan akses. Dimana jarak maksimal kabel untuk dapat terhubung dengan USB hanya sekitar 5 meter saja. Demikian juga dengan perangkat yang akan dihubungkan dengan konektor tersebut.

Perangkat yang akan disambungkan dengan USB sebaiknya tidak diletakkan terlalu jauh. Karena apabila jaraknya terlalu jauh, maka perangkat tersebut akan terputus koneksinya dengan USB dan tidak dapat melakukan operasi.

Tips Memilih Kabel USB yang Paling Tepat

Di pasaran, ada banyak sekali merk dan harga kabel USB. Dengan semakin bervariasinya merk dan jenis kabel, maka orang sering menjadi bingung untuk menentukan pilihan. Simak tips-tips berikut ini pada saat akan membeli kabel USB :

  • Pada saat akan membeli USB, pastikan port dan outputnya sesuai dengan kebutuhan gadget Anda.
  • Perhatikan bahan pelindung kabel. Pastikan memilih kabel yang memiliki lapisan isolator yang kuat. Karena nantinya akan berpengaruh besar terhadap keawetan dari barang tersebut.
  • Dipasaran, banyak orang yang menjual USB dengan harga yang murah. Namun jangan tertipu dengan harga murah, pastikan juga kualitas dari benda tersebut cukup baik.
  • Pastikan untuk membeli kabel bergaransi. Karena apabila terjadi kerusakan, maka fasilitas garansi ini akan memudahkan Anda untuk menukarnya kembali.

Kesimpulan

Kabel USB menawarkan berbagai keunggulan. Mulai dari akses yang cepat, harganya yang murah, penggunaan yang fleksibel, serta kompatibel dengan berbagai perangkat. Dengan berbagai kelebihannya itu, tidak heran jika penggunaan USB semakin populer dari waktu ke waktu. Terlepas dari itu semua tentu saja kabel USB ini mempunyai sisi lain yang menjadi kekurangannya. Jadi, tetap gunakan kabel USB ini dengan bijak sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda, ya?

Tinggalkan komentar