5 Kerusakan TV Polytron dan Cara Memperbaikinya

TV Polytron yang tiba – tiba mengalami kerusakan seringkali membuat kita panik? Seperti kerusakan TV Polytron bagian vertikal, gambar gelap, atau yang lainnya. Mendapati kerusakan TV Polytron jadul, bukan berarti harus membeli yang baru. Masih ada banyak cara untuk memperbaiki gangguan yang terjadi.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yakni mencari tahu apa penyebabnya. Setelah itu akan lebih mudah Anda melakukan perbaikan yang sekiranya paling tepat. Tidak perlu buru – buru membawanya ke tukang service, berikut ini beberapa kerusakan TV Polytron dan cara memperbaikinya.

Kenali 5 Jenis Kerusakan TV Polytron yang Paling Umum

Kerusakan pada TV Polytron
Kerusakan pada TV Polytron

Ada beberapa kerusakan kecil yang umum terjadi pada televisi merk Polytron. Dengan mengenali kerusakan TV akan mempermudah Anda melakukan perbaikan sendiri. Berikut ini lima jenis kerusakan TV Polytron dan solusinya yang perlu Anda ketahui.

1. TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal
TV Polytron LED Gambar Gelap Suara Normal

Gambar gelap dapat disebabkan oleh kondisi tertentu. Maka dari itu, sebelum memperbaikinya Anda perlu mengenali beberapa jenis tampilan gelap. Misalnya seperti akibat lampu belakang tidak menyala atau menyala hanya saja menunjukkan gambar gelap.

Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu kerusakan software, lampu backlight mati, atau kerusakan IC pada modul Tcon. Mari kita bahas satu per satu kemungkinan kerusakan jika LED TV Anda gelap berikut ini.

a. Gelap Akibat Kerusakan Software

Apabila TV Anda menampilkan gambar gelap namun LED-nya tetap menyala, bisa jadi penyebabnya adalah kerusakan software. Cara memperbaiki kerusakan TV Polytron LED yang seperti ini yaitu dengan melakukan flash. Tentu saja gunakan jenis firmware yang sesuai pada saat flash TV Anda, ya?

b. Gelap Akibat Backlight

Coba lihat terlebih dahulu lampu backlight pada TV Anda apabila terjadi gambar gelap. Mungkin juga terjadi kerusakan di bagian tersebut. Karena apabila bagian ini tidak berfungsi, maka layar TV tidak akan menampilkan gambar.

Cek sejumlah lampu yang terpasang pada panel LED. Sejumlah Lampu LED tersebut terpasang secara seri. Itulah mengapa apabila terdapat satu lampu yang terputus, maka satu set backlight akan mati.

Gunakan AVO meter atau multitester untuk mengetahui mati tidaknya LED. Anda bisa memakai AVO manual atau bisa juga dengan menggunakan AVO digital. Setelah ditemukan LED yang rusak, segera ganti dengan tipe yang sama.

c. Gelap Akibat Kerusakan IC pada Modul Tcon

Cara mengetahui kerusakan akibat IC yaitu dengan memeriksa Tcon. Cek pada bagian yang berada di dekat modul Tcon. Apabila terasa panas berlebih, maka Anda dapat memastikan ada gangguan di komponen tersebut. Segera ganti sparepart-nya dengan tipe yang sesuai.

2. Kerusakan TV Polytron Cinemax

Kerusakan TV Polytron mati total
Kerusakan TV Polytron mati total

Beberapa kondisi seperti kerusakan TV Polytron mati total, gambar hilang namun masih ada suara, atau gambar bergoyang mungkin terjadi. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut ini kami jelaskan berbagai kerusakan TV LED Polytron Cinemax dengan kondisi sejenis.

a. Gambar Hilang Namun Suara Masih Normal

Kondisi seperti itu biasanya disebabkan adanya gangguan pada Tcon. Bisa jadi banyak solderan yang harus segera diperbarui. Ciri-cirinya solderan sudah tipis dan menunjukkan warna kehitaman. Maka cara mengatasinya yaitu dengan menyoder kembali.

b. Gambar Muncul Tidak Lama Namun Suara Normal

Jika mengalami kendala tersebut maka kemungkinan yang menjadi penyebabnya yaitu kerusakan pada lampu backlight. Langkah perbaikannya, Anda bisa memeriksa pada bagian tersebut. Selanjutnya, ganti lampu dengan yang baru dan tipe yang sesuai.

c. TV Mengalami Mati Total

Gejala mati total dapat diketahui apabila saat Anda menyalakan TV namun lampu indikatornya tidak menyala. Begitupun pada layar televisi tidak muncul gambar sama sekali.

Jika terjadi tanda kerusakan seperti itu, jalan perbaikannya yaitu dilakukan pembongkaran. Setelah membongkarnya, Anda akan melihat komponen tertentu pada blok inverter yang terbakar. Misalnya saja seperti komponen berupa dioda, resistor, atau FET (Field Effect Transistor).

Maka, untuk membuat TV menyala normal Anda perlu mengganti blok inverternya. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan yaitu melepas jumper J529 dari PBC. Opsi perbaikan ini hanya bisa dilakukan asalkan regulator utamanya tidak terbakar. Kemudian Anda bisa melepas bagian yang terbakar, seperti FET atau IC511.

3. Kerusakan TV Polytron Slim 21

Kerusakan TV Polytron Slim 21
Kerusakan TV Polytron Slim 21

Kerusakan TV Polytron Slim 21 dapat ditunjukkan dengan gejala tidak ada siaran, gambar melebar, muncul garis vertikal, atau tampilan layar seperti pelangi. Untuk gejala dan cara perbaikannya bisa Anda simak melalui pembahasan berikut ini.

a. Tidak Ada Siaran

Layar TV menampilkan “No Signal”, itu menandakan tidak ada siaran. Langsung saja meluncur ke bagian tunner. Perika dengan mengukur tengangan B+ dan arus AGC yang masuk ke tunner.

Kondisi terbilang normal apabila tegangan B+ sebesar 12 V dan arus AGC sekitar 3,3 V. Jika tidak normal, ganti tunner dengan yang baru. Setelah semua proses selesai, Anda kemudian cek kembali dengan menyalakan televisi seperti biasa.

Apabila masih tidak ditemukan siaran, bisa jadi karena IC CF-nya. Maka, Anda harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar fungsinya kembali normal.

b. Gambar Melebar

Gejala berupa gambar yang ditampilkan pada layar melebar biasanya karena terjadi gangguan pada elco di blok horizontal. Untuk mengatasi kerusakan TV Polytron seperti itu, langkah pertama yaitu cek tegangan B+ pada FBT, normalnya 115 V. Apabila besar tegangannya lebih rendah atau tidak ada, maka ganti FBT-nya.

Selain itu, cek juga bagian komponen kapasitor pada blok horizontal. Ada dua jenis kapasitor yang terdapat di dalamnya, yaitu kapasitor out dan input. Masing-masing memiliki tegangan antara 250-450 V dan 1600-2000 V. Terakhir, cek pada bagian elco. Jika terdapat kerusakan, maka segera lakukan penggantian komponen agar fungsinya bisa kembali normal.

c. Muncul Garis Vertikal

Munculnya garis vertikal pada layar menunjukkan adanya persoalan pada blog vertikal. Tentu rasanya kurang nyaman menonton acara favorit dengan tampilan garis mencolok di layar televisi, bukan? Nah cara perbaikannya yaitu dengan mengganti elco 100 uf 50 v elco/ pump up.

d. Tampilan Layar Seperti Pelangi

Gejala tersebut dikarenakan resistor 1 ohm molor, sehingga mengakibatkan putusnya tegangan ke IC.  Selain itu, bisa juga disebabkan elco filter 470 uf dan dioda di flayback out + 12 V. Anda bisa melalukan pemeriksaan sesuai indikasi kerusakan yang pertama. Jika sudah diperbaiki atau dipastikan masih normal maka segera periksa opsi kerusakan satunya lagi.

e. Standby Tidak Mau Start

Kerusakan televisi seperti ini bisa dikarenakan terjadi akibat disfungsi pada bagian IC KA431. Akibatnya TV tidak ON padahal lampu indikatornya menyala. Cara mengatasi kerusakan TV Polytron slim standby tidak mau start yaitu dengan mengganti bagian IC KA431.

Namun, Anda juga perlu mengecek bagian lainnya terlebih dahulu. Karena selain gejala standby, biasanya juga terjadi tegangan yang tidak normal.

4. Kerusakan TV Polytron Minimax Mati Standby

Kerusakan TV Polytron minimax mati standby
Kerusakan TV Polytron minimax mati standby

Saat start TV nyala, namun beberapa saat kemudian mati kembali atau standby. Kondisi demikian merupakan kerusakan TV Polytron Minimax yang seringkali ditemui.

Penyebabnya kerusakan TV Polytron mati standby mungkin solderan di bagian blok vertikal, blok horizontal, atau regulator sekunder +14 mulai menipis. Anda bisa menyoder ulang, lalu nyalakan TV untuk mengecek hasilnya.

Jika masih terjadi gejala yang sama, coba periksa bagian Elco Protek. Periksa juga tegangan pada saat start. Apabila tegangan B+ tidak normal, mungkin terjadi masalah pada flyback. Segera ganti dengan tipe yang sama. Jika kerusakan belum juga tertangani, coba ganti bagian Elco Proteknya.

5. Kerusakan TV Polytron Crystaline Standby

Kerusakan TV Polytron Crystaline Standby
Kerusakan TV Polytron Crystaline Standby

Gejala TV nyala hanya beberapa detik, kemudian mati sering terjadi pada TV Polytron, termasuk kerusakan TV Polytron Crystaline. Sama seperti langkah mengatasi TV yang mati standby sebelumnya, Anda perlu melakukan pengecekan pada beberapa bagian. Misalnya saja seperti tegangan B+, blok vertikal, blok horizontal, dan elco proteknya.

Namun, berdasarkan referensi yang kami temukan, kebanyakan kerusakan disebabkan elco yang kering. Kemudian setelah menggantinya rupanya TV bisa nyala normal.

Kesimpulan

Itulah penjelasan tentang lima kerusakan TV Polytron yang sering terjadi beserta cara mengatasinya. Semoga penjelasan di atas cukup membantu Anda memperbaiki kerusakan pada TV Polytron kesayangan Anda, ya? Karena tidak selalu harus membeli yang baru jika televisi lama masih bisa diperbaiki dan kembali normal sesuai fungsinya.

Tinggalkan komentar