Resistor: Pengertian, Fungsi, Gambar, Simbol, Jenis

Resistor merupakan komponen elektronika yang berfungsi sebagai alat untuk membatasi arus listrik pada sebuah rangkaian elektronika.

Namun, selain mengenal fungsi resistor secara umum, mungkin banyak yang belum mengetahui mengenai apa saja kegunaan resistor.

Nah untuk itu, pada artikel kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai apa itu resistor. Mulai dari pengertian, gambar, fungsi, simbol, hingga jenis-jenis resistor.

Pengertian Resistor

pengertian resistor
gambar resistor

Resistor adalah sebuah komponen elektronika yang terdiri dari dua pin yang berfungsi sebagai alat untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik.

Semua peralatan elektronik memang membutuhkan arus listrik dengan kapasitas tertentu. Sehingga alat tersebut bisa dialiri dengan tegangan yang cukup besar dari sumber listrik utama. Dengan begitu maka arus listrik yang mengalir pada rangkaian pun akan diterima dalam jumlah besar pula.

Oleh karenanya diperlukanlah komponen listrik yang berfungsi untuk menghambat tegangan yang bernama resistor. Hal ini supaya arus tegangan listrik yang mengalir pada rangkaian jumlahnya dapat disesuaikan dengan kapasitas dari alat tersebut.

Fungsi Resistor

fungsi resistor
fungsi resistor

Nah, selanjutnya kita akan bahas apa saja fungsi dari pemasangan komponen yang bernama resistor.

Jadi, fungsi utama resistor di dalam rangkaian listrik adalah untuk membatasi arus yang mengalir pada sebuah rangkaian. Sehingga diperkirakan jumlah arus yang mengalir di dalamnya dapat ditentukan nilainya sesuai kebutuhan.

Adapun beberapa fungsi dari resistor adalah:

  • Resistor merupakan komponen elektronika yang berfungsi untuk membatasi tegangan dan arus listrik.
  • Apabila dalam sebuah rangkaian elektronika dimasuki tegangan dengan jumlah besar, maka resistor berfungsi untuk menurunkan tegangan, begitupun sebaliknya.
  • Fungsi resistor adalah mengatur jumlah arus yang masuk pada suatu komponen nantinya akan dibagi nilainya. Sehingga dapat disesuaikan dengan arus yang dibutuhan oleh perangkat tersebut.
  • Pada sebuah rangkaian, resistor juga berfungsi sebagai pembangkit frekuensi. Hal ini berlaku baik itu untuk jenis frekuensi tinggi ataupun rendah.
  • Resistor berfungsi untuk menjaga alat elektronik dari kerusakan akibat lonjakan tegangan yang terlalu tinggi atau rendah.

Gambar Simbol Resistor

simbol resistor
gambar simbol resistor

Tahukah Anda simbol dari komponen resistor? Jadi, lambang dari simbol resistor adalah hurus R dan satuan dari resistor adalah ohm (Ω).

Setelah mengetahui simbol resistor, mari kita lanjut untuk mengenal berbagai macam jenis resistor dibawah ini.

Jenis-Jenis Resistor

Mengetahui macam-macam resistor dari setiap jenisnya sangatlah penting, agar kita bisa menggunakannya sesuai dengan fungsinya. Lalu, tahukah Anda jenis-jenis dari resistor?

Ada 4 macam jenis resistor, diantaranya adalah:

  1. Resistor Tetap.
  2. Variable Resistor.
  3. LDR (Light Dependent Resistor).
  4. Thermal Resistor (Thermistor).

Dari keempat jenis resistor diatas, Anda bisa lihat bentuk, simbol setiap jenisnya melalui gambar resistor dibawah ini.

Jenis-Jenis Resistor
Gambar Jenis-Jenis Resistor

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dari setiap jenis resistor yang ada dibawah ini.

1. Resistor Tetap

Resistor tetap adalah salah satu jenis resistor yang mempunyai nilai resistansi tetap dengan ditandai oleh kode warna resistor.

Berdasarkan dari bahan pembuatannya, jenis resistor tetap dibagi menjadi 3, diantaranya adalah:

  1. Resistor Komposisi Karbon (Carbon Composition Resistor).
  2. Resistor Film Logam (Metal Film Resistor).
  3. Resistor Film Karbon (Carbon Film Resistor).

2. Variable Resistor

Resistor variabel adalah jenis resistor yang memiliki nilai resistansi sesuai dengan keinginan atau dapat diatur.

Ada 3 jenis resistor variabel, diantaranya adalah:

  1. Rheostat.
  2. Potensiometer.
  3. Trimpot (Preset Resistor).

3. LDR (Light Dependent Resistor)

Light Dependent Resistor atau LDR adalah salah satu jenis resistor yang tergantung pada cahaya yang diterima, bisa dikatakan nilai resistor jenis ini dipengaruhi oleh intensitas cahaya.

4. Thermal Resistor (Thermistor)

Thermal resistor atau yang biasa disebut dengan thermistor adalah salah satu jenis resistor yang nilai resistansi bisa dipengaruhi oleh temperatur suhu.

Adapun jenis thermal resistor ada 2 yakni thermistor PTC dan NTC.

Kesimpulan:

Resistor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk mengatur tegangan listrik dan arus listrik.

Simbol resistor dilambangkan dengan huruf R dan satuan resistor adalah ohm (Ω).

Adapun jenis resistor dibagi menjadi 4 diantaranya adalah resistor tetap, resistor variabel, LDR (Light Dependent Resistor), Thermal Resistor (Thermistor).

Semoga pembahasan kita kali ini, mulai dari pengertian, fungsi, simbol hingga jenis-jenis gambar resistor di atas dapat menambah wawasan kita bersama.

Tinggalkan komentar