Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster yang Benar

Baru membeli televisi baru dan ingin segera memasangnya di rumah? Yang perlu Anda ketahui, televisi bukan satu – satunya perangkat yang dibutuhkan. Setidaknya membutuhkan adanya booster, antena dan kabel untuk proses pemasangannya.

Selain itu, Anda juga perlu memahami cara memasang kabel antena TV ke booster atas maupun di dalam ruangan. Untuk Anda yang masih bingung, berikut ini kami sajikan penjelasan sekaligus tutorial pemasangan yang bisa diikuti.

Pentingnya Memasang Booster TV

Pentingnya Memasang Booster TV
Pentingnya Memasang Booster TV

Cara memasang kabel antena TV ke booster tidak terlalu sulit untuk Anda lakukan. Booster merupakan perangkat elektronika yang berfungsi menguatkan sinyal televisi. Apabila gambar televisi Anda tidak jernih atau bersemut, cobalah memakai booster.

Sedangkan, kabel antena merupakan perantara sinyal dari booster menuju televisi. Semakin bagus kualitasnya, maka akan semakin bagus pula gambar yang dihasilkan. Jadi komponen yang satu jelas sangat penting fungsinya pada pemasangan perangkat televisi.

Selain kabel Antena, ada juga kabel coaxial yang memiliki fungsi tertentu. Lebih lanjut akan dijelaskan pada pembasan di artikel cara memasang kabel antena TV paralel ini.

Persiapan Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum memasang kabel TV ke booster? Setidaknya ada dua komponen perlu Anda persiapkan yaitu kabel antena dan booster. Pastikan Anda memilih kabel antena dan booster terbaik sebelum menuju cara pasang antena TV digital outdoor maupun indoor.

Lebih lengkapnya, berikut ini beberapa tahapan persiapan yang perlu Anda lakukan.

  1. Cara Memiliki Kabel Antena TV Terbaik

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa Anda perlu menggunakan kabel antena berkualitas. Tujuannya agar gambar yang dihasilkan nantinya bisa lebih bagus. Dengan begitu Anda akan nyaman saat melihat siaran TV, bukan?

Pertama, Anda perlu memilih kabel antena TV yang memiliki deret panjang. Hal ini karena penangkapan signal akan lebih mudah dan kuat. Kemudian, Anda juga perlu memilih kabel coaxcial 75 ohm. Karena kabel tersebut mempunyai loses (attenuation) berdaya kecil, usahakan Anda memakai dari merek ternama seperti Belden, Kitani, atau Tanaka. Anda bisa memilih salah satu merk kabel yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Jenis-Jenis Booster Terbaik

Meskipun Anda bisa melakukan cara memasang kabel antena TV tanpa booster, namun lebih baik tetap menggunakannya, ya? Karena fungsi booster ini nantinya dapat memperkuat sinyal televisi. Bukan booster sembarangan, pastikan Anda juga memakai booster dengan kualitas terbaik.

Berbagai merek booster terbaik mudah Anda temukan di toko elektronik offline maupun online. Namun, kami merekomendasikan beberapa booster yang bisa Anda pakai. Berikut ini beberapa merk yang bisa Anda pilih salah satunya untuk dipasang di televisi:

  • SKYBOX Set Top Box DVB T2
  • FALCOM FDA G300A
  • Televes Booster Matrix
  • Falcom FSA S300
  • PF DX W5000
  • Matrix HA-8640
  • Tanaka Power Supply Booster
  • VHF/ UHF TV Antenna Booster
  • CATV Signal Amplifier
  • Toyosaki TYS-468AW
  1. Skema Pemasangan Antena TV ke Booster

Skema diperlukan agar Anda mengetahui ke mana kabel antena akan dihubungkan. Setidaknya ini akan membantu proses pemasangan dengan kabel tetap aman dan rapi. Mari perhatikan contoh gambar skema berikut ini!

skema pemasangan antena tv ke booster
skema pemasangan antena tv ke booster

Melalui skema di atas, dapat diketahui bahwa masing-masing komponen saling terhubung. Yakni antara ketiga komponen berupa TV, antena, dan booster. Dimana ketiga komponen tersebut dihubungkan oleh kabel yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pastikan Anda melakukan cara memasang ujung kabel antena tv secara benar.

Cara Memasang Kabel Antena TV ke Booster

Komponen yang diperlukan sudah siap, kini waktunya Anda untuk memasangnya. Berikut ini cara memasang kabel antena TV ke booster. Pastikan Anda mengikuti prosedur pemasangannya secara urut, ya?

  1. Perhatikan Jalur Port pada Booster

Booster umumnya akan memiliki dua port yang dihubungkan dengan kabel. Port pertama yaitu jalur menuju ke TV itu sendiri. Sedangkan untuk port kedua yakni berada pada jalur ke antena. Kemudian terdapat tiga port lagi, yaitu jalur ke antena VHF, antena UHF, dan dari bosster bawah.

Sementara itu, untuk cara memasang antena tv UHF dan VHF Anda memerlukan komponen tambahan. Mulai dari diplexer, kabel coaxial, FM rejection filters, amplifier, dan power supply. Berikut ini penjelasan mengenai fungsi utama masing-masing komponen tersebut.

  • Diplexer, berfungsi menyatukan dua sinyal dari antena UHF dan VHF dalam satu kabel output.
  • Kabel coaxial, merupakan jalur lead in antara TV dan antena.
  • FM rejection filters, sebagai penyaring sinyal FM sehingga dapat membebaskan interfensi dari sinyal TV.
  • Ampiflier, membuat antena lebih mudah menangkap gelombang sinyal.
  • Power supply, sebagai sumber energi bagi amplifier yang dihubungkan dengan kabel coaxial.
  1. Menyambungkan Komponen dengan Kabel

Jika semua hal di atas sudah dilakukan, maka saatnya Anda menuju persiapan terakhir. Yakni langkah selanjutnya ialah menyambungkan antena, booster, dan TV dengan kabel yang sudah Anda siapkan tadi.

Sambungkan sesuai dengan skema cara pasang kabel antena remot di atas. Tidak perlu menggunakan skema yang rumit, asalkan jalur kabel tidak mengganggu atau membayakan maka itu dianggap cukup.

Kesimpulan

Itulah penjelasan cara memasang kabel antena TV ke booster. Ternyata bisa dibilang cukup mudah, bukan? Anda pasti bisa melakukan cara pasang booster antena remot di atas dengan baik dan tentunya aman.

Sekarang saatnya Anda mempraktikannya pada pemasangan televisi baru di rumah. Tidak perlu memanggil tukang listrik, Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa tahapan di atas. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar