Kontak NO dan NC : Pengertian, Prinsip Kerja, Simbol dan Kegunaan

Kontak NO dan NC merupakan kontak yang memiliki dua titik penghantar. Dimana kedua titik tersebut bekerja secara bergantian sehingga dapat tersambung dan juga terputus ketika syarat untuk perubahannya terpenuhi.

Kontak NO dan NC memiliki prinsip kerja sederhana. Komponen ini juga biasa digunakan untuk berbagai perangkat elektronika. Diantaranya seperti digunakan untuk relay, timer, switch, rangkaian gerbang logika, motor listrik dan lain sebagainya.

Simak selengkapnya mengenai pengertian kontak NO dan NC, simbol, cara kerja, dan juga kegunaannya pada artikel berikut ini. Jangan lewatkan informasi selengkapnya berikut ini!

Perbedaan Kontak NO dan NC

Perbedaan Kontak NO dan NC
Perbedaan Kontak NO dan NC

Secara umum, kontak NO dan NC merupakan sebuah komponen elektronika yang prinsip kerjanya dikendalikan oleh sinyal elektrik. Jadi untuk dapat bekerja, kontak ini nantinya akan memanfaatkan gaya magnetik.

Dimana gaya magnetik yang terdapat di dalamnya akan membuat kontak bergerak untuk membuka ataupun menutup sesuai kondisi.

Untuk mengetahui lebih spesifik mengenai apa itu kontak NO dan NC, mari langsung saja kita simak perbedaan kontak NO dan NC berikut ini :

1. Pengertian Kontak NO

Kontak NO merupakan singkatan dari Normally Open. Dalam kondisi ini, kontak akan berada pada posisi open circuit atau terbuka. Ketika kontak dalam kondisi terbuka, maka kedua titik kutub pada rangkaian tersebut berada dalam kondisi normal dan tidak terhubung. Jadi pada kontak NO, arus listrik akan berada dalam kondisi yang terputus.

2. Pengertian Kontak NC

Kontak NC adalah singkatan dari Normally Close. Berkebalikan dengan kontak NO, kontak NC berada dalam kondisi close circuit. Dimana pada kontak NC, kedua kutubnya berada dalam kondisi tertutup sehingga memungkinkan arus listrik untuk terhubung dan mengalir di dalam rangkaian.

Untuk dapat mengubah kontak NC menjadi kontak NO, Anda hanya perlu menekan, memutar ataupun menggeser posisi akuator. Dengan begitu kontak dapat beralih dari yang semula NC menjadi NO ataupun sebaliknya.

Simbol Kontak NO dan NC

Dalam dunia elektronika, simbol kontak NO dan NC juga menggunakan lambing tertentu. Untuk kontak NO dan NC umumnya dilambangkan dengan simbol sebagai berikut :

Simbol Kontak NO dan NC
Simbol Kontak NO dan NC

Dari simbol di atas disimpulkan bahwa satu gambar adalah kontak yang berada dalam posisi open circuit yaitu kontak terbuka (NO). Sedangkan satunya lagi adalah kontak dengan kondisi tertutup (NC).

Bagian – bagian Kontak NO dan NC Pada Relay

Bagian - bagian Kontak NO dan NC Pada Relay
Bagian – bagian Kontak NO dan NC Pada Relay

Relay merupakan salah satu alat elektronik yang menggunakan prinsip kerja kontak NO dan NC. Simak bagian atau komponen yang menyusun relay berikut ini :

1. Spring

Bagian relay yang pertama adalah spring. Dimana spring ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mencegah amature. Tujuannya yakni agar amature tidak menyentuh logam ketika tidak ada arus pada rangkaian.

2. Shading Coil

Shading coil merupakan komponen yang fungsinya sebagai peredam.

3. Armarture

Armature merupakan komponen penyusun relay yang berfungsi sebagai penghubung arus untuk kontak NO maupun NC.

4. Kontak NO

Kontak NO merupakan kontak yang berada dalam kondisi terbuka. Jadi ketika arus mengalir pada rangkaian, kontak ini akan membuka dan membuat arus listrik terputus.

5. Kontak NC

Ketika arus listrik mengalir pada rangkaian, kontak NC akan menjadi rangkaian tertutup sehingga arus listrik dapat mengalir di dalamnya.

6. Kumparan

Kumparan juga merupakan komponen yang terdapat pada relay. Kumparan fungsinya untuk mengubah logam, kemudian memicu terjadinya medan magnet.

Kumparan fungsinya adalah untuk membuat armature menjadi tertarik, kemudian kontak NC atau NO pun menjadi aktif.

Cara Kerja Kontak NO dan NC

Cara Kerja Kontak NO dan NC
Cara Kerja Kontak NO dan NC

Setelah melihat ulasan mengenai bagian-bagian relay, mungkin Anda sudah memiliki gambaran mengenai bagaimana cara kerja kontak NO dan NC.

Jadi singkatnya, kontak NO dan NC merupakan komponen elektronika yang bekerja secara bergantian. Ketika kontak hubung berada dalam posisi NO (Normally Open), maka posisi kontak adalah terbuka sehingga arus terputus dan tidak mengalir pada rangkaian.

Kemudian untuk dapat mengubah kontak NO menjadi NC, maka Anda hanya perlu mengubah posisi akuator. Karena ketika posisi akuator berubah, maka posisi kontak yang semula NO akan berubah menjadi NC begitupun sebaliknya.

Kesimpulan

Kontak NO dan NC adalah komponen elektronika yang bekerja dengan prinsip yang saling berkebalikan. Kontak NO adalah kontak terbuka yang tidak memiliki arus listrik sedangkan kontak NC adalah kontak tertutup yang mengandung arus listrik pada rangkaian.

Untuk berganti peran dari kontak NO menjadi NC ataupun sebaliknya, Anda hanya tinggal mengubah posisi akuator. Baik dengan cara menekan, menggeser, atau bahkan memutarnya sehingga kontak yang semulanya dalam kondisi NO akan berubah menjadi NC dan sebaliknya.

Kurang lebih ituleh pembahasan selengkapnya mengenai kontak NO dan kontak NC. Mulai dari simbol, cara kerja hingga contoh penggunaannya sudah dibahas lengkap di atas. Semoga cukup membantu, ya?

Tinggalkan komentar