PC: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Komponennya

Jika membahas mengenai komputer, tentunya kita pernah mendengar mengenai istilah PC. Kira-kira apa yang dimaksud dengan PC? Jika merujuk pengertian secara umum, sebenarnya PC merupakan istilah yang ditunjukkan untuk menyebutkan mengenai komputer pribadi.

Jadi, PC atau personal computer adalah komputer yang digunakan untuk pemakaian pribadi. Misalnya untuk perseorangan, rumah, toko, kantor dan seterusnya yang masih erat kaitannya dengan kebutuhan secara personal.

Namun, artikel kali ini tidak hanya membahas mengenai apa itu PC secara umum saja. Karena kita juga akan lebih spesifik membahas mengenai PC, mulai dari pengertian, fungsi, cara kerja, hingga komponen penyusunnya. Mari langsung saja kita simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian PC (Personal Computer)

pc adalah
pc adalah

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga komponen utama yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware sebagai pengguna yang mengoperasikan komputer.

PC adalah singkatan dari ‘personal computer’. Dalam bahasa Indonesia sendiri, personal computer diartikan sebagai komputer pribadi.

Jadi, istilah PC digunakan untuk menyebut mengenai komputer yang digunakan secara pribadi. Baik untuk kebutuhan lingkungan rumah, maupun lingkup yang lainnya yang masih mengacu pada kebutuhan personal.

Istilah PC ini dulu pertamakali dicetuskan oleh IBM. PC juga dapat diartikan sebagai mikrokomputer yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kriteria dari IBM.

Personal komputer pada awalnya dibuat oleh IBM dalam skala kecil saja. Komputer ini dibuat untuk mematahkan tradisi penggunaan komputer yang pada era itu, yang mana umumnya hanya digunakan untuk komputasi terminal.

Dengan adanya personal computer yang diproduksi oleh IBM, maka orang memiliki kesempatan untuk menggunakan komputer yang lebih minimalis.

Selain itu dapat juga digunakan secara personal untuk lingkup kecil. Nah, mikrokomputer yang diproduksi oleh IBM inilah yang kemudian dikenal sebagai personal computer (PC).

Sejarah PC (Personal Computer)

Personal Computer
Personal Computer

Mikrokomputer pertamakali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, komputer dirancang agar memudahkan beberapa pengguna. Salah satu tujuannya yakni untuk dapat menggunakan sumber daya yang berasal dari satu unit komputer.

Komputer yang pertamakali dibuat di masa itu, diciptakan dengan tanpa menggunakan CPU dan memiliki memori 256 byte. Namun umumnya komputer dijual dengan harga yang sangat mahal. Alasan inilah yang membuat tidak semua orang dapat memilikinya secara mudah.

Oleh karenanya, komputer pun hanya bisa dinikmati dan dibeli oleh golongan orang-orang tertentu saja. Yaitu kaum dengan kelas ekonomi menengah ke atas, para pecinta elektronika, ataupun dipakai untuk keperluan Pendidikan di instansi tertentu.

Lalu pada awal tahun 1980, terciptalah komputer yang lebih minimalis sehingga penggunanya pun dapat mengakses satu komputer secara personal. Selain itu, komputer juga menjadi alat perniagaan yang cukup populer pada saat itu. Program populer yang dimilikinya adalah spreadsheet VisiCalc untuk mesin Apple II, comadore PET, PC IBM, hingga kelompok 8-bit Atari.

Pada tahun tersebut, komputer juga sudah dijual dengan harga relatif murah dan dapat menjangkau lebih banyak kalangan. Dan tentu saja computer minmalis ini jauh lebih banyak diminati, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis dengan skala kecil hingga menengah.

Apa Fungsi Komputer?

fungsi komputer
fungsi komputer

Di era modern ini, penggunaan komputer sangat populer dan tidak bisa terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Komputer juga menjadi solusi yang membantu pekerjaan agar bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Namun, apa saja sebenarnya kegunaan dan fungsi yang bisa dilakukan oleh perangkat elektronik tersebut?

Fungsi komputer secara mendasar adalah:

  1. Membantu Menghasilkan Karya.
  2. Membantu Transfer Data dan Informasi.
  3. Menunjang Proses Pendidikan.
  4. Peluang Bisnis.
  5. PC Sebagai Media Hiburan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1. Membantu Menghasilkan Karya

Komputer merupakan alat yang bisa membantu Anda untuk menghasilkan karya dengan mudah dan praktis. Berbagai karya baik yang berupa tulisan atau gambar, bisa dihasilkan dengan menggunakan bantuan komputer.

Dengan adanya instalasi program atau aplikasi tertentu, pengguna bahkan bisa menciptakan karya original untuk beragam keperluan. Mulai dari untuk keperluan administrasi hingga desain visual yang nantinya bisa dicetak dengan ukuran yang terbilang besar.

2. Membantu Transfer Data dan Informasi

Komputer adalah perangkat yang berfungsi untuk mempermudah transfer data maupun informasi. PC dapat dipakai untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lain.

Misalnya saja proses transfer data dari satu komputer ke komputer lain. Atau bisa juga dengan memindahkan file dari komputer ke HP maupun perangkat lainnya.

3. Menunjang Proses Pendidikan

Komputer memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang pendidikan. Melalui komputer, pengajar dapat menyiapkan beragam materi yang edukatif dengan lebih mudah dan menyenangkan. Misalnya melakukan pengajaran dengan cara presentasi, video interaktif dan lain sebagainya.

Nah beragam metode pembelajaran ini sangat efektif membantu siswa untuk lebih memahami pelajaran. Selain itu dengan adanya perangkat computer juga memudahkan siswa untuk mengerjakan tugas sekolah dengan lebih mudah.

4. Peluang Bisnis

Komputer juga membantu manusia untuk menjalankan bisnis dengan mudah. Berbagai bidang usaha juga dapat diciptakan dengan memanfaatkan komputer.

Misalnya bisnis warnet, rental komputer, percetakan, kursus komputer, dan lain sebagainya. Kurang lebih itulah ide yang bisa menjadi sederetan peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk dicoba.

5. PC Sebagai Media Hiburan

Fungsi PC yang lainnya adalah sebagai media hiburan. Apalagi dengan berkembangnya internet sekarang ini. Dimana internet dan komputer akan membantu Anda untuk mengakses informasi serta terhubung dengan dunia luar dengan lebih mudah.

Selain itu, berbagai kegiatan seperti mendengarkan musik, bermain game, hingga menonton film juga dapat dilakukan menggunakan komputer. Dalam satu perangkat, Anda bisa mendapatkan beragam jenis hiburan yang menyenangkan, bukan?

Prinsip dan Cara Kerja Komputer

cara kerja komputer
cara kerja komputer

Fungsi utama dari sebuah komputer adalah membantu manusia untuk mengolah data dengan lebih mudah. Dalam sebuah bisnis, peran komputer dinilai sangat penting.

Hal ini karena personal computer dapat membantu pengolahan dokumen dan data yang diperlukan tanpa harus merekapnya secara manual.

Cara kerja komputer secara garis besar terbagi menjadi beberapa golongan, yaitu:

  1. Data Input.
  2. Menyimpan Data.
  3. Memproses Data.
  4. Data Output.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai alat elektronik tersebut, mari langsung kita simak beberapa proses tentang cara kerja PC berikut ini :

gambar cara kerja komputer
gambar cara kerja komputer

1. Data Input

Cara kerja komputer yang pertama adalah untuk melakukan input data atau memasukkan informasi. Komputer akan memasukkan data input dengan berbagai cara.

Diantaranya melalui aktivitas yang dilakukan oleh perangkat keras seperti keyboard, mouse, mikrofon dan berbagai sensor eksternal lainnya.

2. Menyimpan Data

Setelah data input diterima, selanjutnya komputer akan melakukan penyimpanan. Kumpulan data-data sementara akan disimpan di RAM (Random Acces Memory).

Pengguna nantinya bisa membuka kapanpun data atau informasi yang tersimpan di dalam computer.

3. Memproses Data

Pemrosesan data merupakan kegiatan mengubah informasi yang didapat dari input kemudian diubah menjadi data output sesuai perintah pengguna.

Data yang biasa diolah pada sebuah personal komputer juga terbilang sangat bervariasi. Mulai dari data berbentuk teks, gambar, video dan lain-lain.

Pemrosesan data tersebut dilakukan oleh CPU yang akan berperan sebagai otak dari sebuah komputer. Komponen CPU memproses serangkaian kode biner dan mengeksekusi instruksi yang diperintahkan menjadi data output.

4. Data Output

Personal komputer akan menghasilkan data output yang berisikan mengenai informasi yang telah diolah sebelumnya. Nah output ini nantinya akan ditampilkan pada perangkat melalui komponen tambahan seperti monitor, printer, atau melalui speaker.

Selain dilihat secara langsung dari perangkatnya, data output juga dapat dilihat melalui pantulan proyektor. Hal ini biasanya dilakukan untuk proses presentasi di dalam ruangan, ya?

Komponen-Komponen Komputer

Untuk dapat bekerja sebagaimana fungsinya, komputer tidak terlepas dari peran komponen-komponen yang menyusunnya.

Ada tiga jenis komponen utama dalam komputer, yaitu:

  1. Perangkat Keras (Hardware).
  2. Perangkat Lunak (Software).
  3. Brainware.

Mengenal Jenis PC yang Umum Digunakan

Setelah mengenal mengenai komponen yang terdapat di dalam sebuah computer, selanjutnya kita juga akan berkenalan dengan jenis personal komputer.

Yang termasuk jenis PC antara lain adalah sebagai berikut:

  • Komputer PC desktop.
  • Laptop.
  • Notebook.

Kesimpulan

PC atau personal komputer merupakan komputer yang pemakaiannya dikhususkan untuk keperluan pribadi. Misalnya untuk perseorangan, kantor, toko, ataupun keperluan lainnya yang sifatnya personal.

Personal komputer berfungsi untuk mengolah data yang berasal dari input. Menjadi bentuk output sesuai dengan perintah yang diberikan oleh user.

Mengetahui ilmu komputer sangat penting di era modern ini. Karena dengan mengetahui bagaimana cara mengoperasikannya, maka menjadi dasar bagi Anda untuk memahami tentang ilmu teknologi dan juga komunikasi.

Tinggalkan komentar