PC Gaming: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Bagi mereka yang menyukai dunia game, pasti sudah tidak asing dengan PC gaming. Seperti namanya, PC gaming merupakan komputer yang di desain untuk bermain game. Jenis PC ini tentu menjadi impian bagi para gamer.

Semakin tingginya antusiasme orang yang menggemari dunia game, membuat kebutuhan akan PC gamer atau PC gaming semakin tinggi di tengah masyarakat. Apakah Anda tertarik memiliki PC yang didesain khusus untuk keperluan gaming?

Sebelum membelinya, pastikan Anda mengetahui apa itu PC gaming? Nah, kali ini kita akan bahas tuntas mulai dari pengertian, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangan dari PC gaming.

Pengertian PC Gaming

PC gaming
PC gaming

PC gamer atau privat computer game merupakan salah satu perangkat yang dipakai oleh para gamer untuk bermain. Jadi pengguna tidak memainkan game mereka pada konsol atau mesin arcade, melainkan melalui unit komputer khusus.

PC gaming adalah komputer yang telah dirakit secara khusus, sehingga membantu penguna untuk merasakan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan.

Dan ternyata PC gaming tidak hanya membantu Anda untuk merasakan kesenangan bermain game saja. PC gaming juga dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang membuatnya dapat berkerja lebih baik dibandingkan komputer biasa. Mulai dari tampilan grafis, visual, serta kualitas audio yang lebih maksimal.

PC gaming siap pakai dapat menjadi opsi ideal yang dapat Anda pilih jika menginginkan kepraktisan. Namun bagaimana jika Anda menginginkan PC gaming dengan harga yang lebih murah? Solusinya yakni dengan memilih PC game rakitan. Caranya yaitu dengan merakit PC sendiri beserta semua komponen pendukungnya.

Spek PC Gaming

spek pc gaming
spek pc gaming

Fungsi PC gaming adalah untuk membantu pengguna merasakan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan. Kinerja PC gaming yang maksimal ini tentu tidak terlepas dari dukungan spek PC gaming dengan komponen-komponen penyusun yang memadai.

PC gaming biasanya dirakit secara khusus dengan berbagai perangkat keras yang berfungsi untuk mendukung performanya. Berkat Spek PC gaming yang luar biasa, PC Gaming tidak hanya menghadirkan kualitas visual yang bagus saja, tapi juga memiliki kinerja dan kecepatan tinggi. Otomatis fitur tersebut akan menambah kenyamanan Anda untuk memainkan game favorit.

Komponen PC Gaming

komponen pc gaming
komponen pc gaming

Komponen-komponen PC gaming adalah:

  1. Central Processing Unit (CPU)
  2. Motherboard
  3. Graphics Processing Unit (GPU)
  4. Random Access Memory (RAM)
  5. Storage
  6. Power Supply
  7. Monitor
  8. CPU Cooler

Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak penjelasan dari setiap jenis komponen PC gaming yang ada di bawah ini.

1. Central Processing Unit (CPU)

Central Processing Unit (CPU) merupakan otak dari sebuah komputer. CPU ini berfungsi untuk memproses perintah yang diberikan oleh pengguna. Dimana nantinya perintah tersebut akan diproses oleh computer hingga nantinya menjadi output atau keluaran yang bisa dirasakan oleh penggunanya.

Bisa dikatakan CPU adalah komponen yang memiliki peran sangat vital. Karena keseluruhan sistem dan kinerja dalam komputer bergantung kepada benda tersebut. Jika Anda ingin merakit PC gamer, maka artinya Anda harus memiliki CPU dengan spek yang tinggi.

Di pasaran tersedia banyak sekali pilihan CPU dengan berbagai spesifikasi dan variasi harga. Pastikan Anda memilih prosesor dengan spesifikasi tinggi jika ingin merakit PC gaming dengan kinerja maksimal, ya?

2. Motherboard

Sama seperti CPU, motherboard juga merupakan komponen yang sangat vital bagi PC gaming. Motherboard adalah papan sirkuit, fungsinya yaitu sebagai media yang menghubungkan semua komponen penyusun pada komputer. Jadi, perangkat keras ini membantu setiap bagian komputer yang lainnya untuk saling terhubung dan bersinergi.

Di pasaran kita bisa mendapati beragam jenis dan varian motherboard dengan berbagai spesifikasi dan harga. Jadi kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan sesuai fitur yang diinginkan.

Meskipun demikian, pastikan untuk memilih motherboard yang sesuai dengan CPU yang dipakai. Karena tidak semua jenis motherboard cocok dengan CPU. Jadi sebelum membeli, pastikan untuk mengecek kecocokan dari dua perangkat tersebut.

3. Graphics Processing Unit (GPU)

Graphics Processing Unit (GPU) juga dikenal dengan sebutan VGA Card. Komponen ini merupakan bagian komputer yang berfungsi untuk mengimplementasikan script grafis melalui kabel VGA dan menampilkannya lewat perantara monitor.

Tipe VGA card yang dipakai akan berpengaruh terhadap tampilan visual yang muncul di layar monitor. Jadi, jika Anda ingin merasakan pengalaman grafis yang nyaman dan memanjakan mata. Sebaiknya Anda memilih VGA card dengan fitur yang canggih dan berspesifikasi tinggi.

VGA Card dengan kualitas tinggi akan membantu komputer untuk menampilkan grafis dengan resolusi tinggi juga. Sebaliknya, apabila VGA card yang dipakai kurang memadai maka tampilan visual yang dihasilkan juga akan kurang maksimal.

4. Random Access Memory (RAM)

Random Access Memory (RAM) juga sangat berpengaruh terhadap performa komputer. RAM merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai memori jangka pendek.

Fitur RAM inilah yang membantu komputer untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi secara sekaligus. Selain itu, RAM juga membantu untuk memproses penyimpanan memori secara sementara.

Semakin besar RAM, semakin besar pula kemampuan gadget untuk melakukan penggunaan yang multitasking. Oleh sebab itu, jika Anda ingin meningkatkan performa dari komputer gaming, pastikan untuk menggunakan RAM berkapasitas besar.

5. Storage

Komponen PC gamer yang tidak kalah penting adalah storage. Dimana storage atau ruang penyimpanan sangat dibutuhkan untuk memainkan game dengan grafis tinggi. Selain game, data-data yang Anda miliki seperti vidio, foto, dan lain-lain juga membutuhkan drive dengan penyimpanan yang besar.

Untuk PC gamer, kita membutuhkan dua jenis tipe drive sebagai media penyimpanan. Penyimpanan yang pertama adalah drive SSD yang berfungsi untuk menyimpan sistem operasi. Sedangkan drive yang kedua adalah tipe HDD yang fungsinya untuk menyimpan data-data berkapasitas besar.

6. Power Supply

Power supply atau catu daya adalah komponen yang fungsinya untuk menyediakan daya pada perangkat komputer. Untuk PC gaming, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih power supply. Salah satunya yaitu mempertimbangkan jumlah watt dan efisiensi dari alat catu daya tersebut.

7. Monitor

Untuk menambah kenyamanan saat bermain game, kualitas monitor juga sangat penting diperhatikan. Ketika menggunakan monitor dengan spek bagus, maka output grafis yang ditampilkan akan lebih maksimal dan memanjakan mata kita. Grafis yang muncul di layar akan terlihat lebih detail dan nyata.

8. CPU Cooler

CPU cooler adalah komponen penyusun berupa kipas yang berfungsi untuk menjaga performa komputer. Kipas ini berfungsi untuk mendinginkan CPU dan motherboard saat PC menyala. Hal ini karena perangkat PC rentan panas ketika digunakan untuk bermain game dalam waktu lama.

Kelebihan dan Kekurangan PC Gaming

kelebihan dan kekurangan pc gaming
kelebihan dan kekurangan pc gaming

PC Gaming menjadi salah satu komponen elektronika yang banyak diminati di era modern ini. Banyaknya kemudahan yang disajikan ketika bermain game lewat PC menjadi alasan utama mengapa PC gamer makin diminati oleh para pecinta game.

Sebagai alat elektronik, PC gaming tidak lepas dari kelebihan dan kekurangannya. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya kita mengetahui kelebihan dan kekurangan PC gamer.

Kelebihan PC gaming adalah sebagai berikut:

  • PC gaming memberikan tampilan visual dan grafis yang lebih memuaskan serta memanjakan mata dibandingkan bermain dengan konsol.
  • Pada PC gaming, koleksi game lebih mudah di upgrade ataupun dimodifikasi sesuai dengan selera.
  • PC gaming dapat digunakan secara multifungsi. Selain sebagai komputer untuk bermain game juga dapat dipakai untuk melakukan pekerjaan komputasi dasar
  • Game yang terdapat pada PC gaming varian dan jumlahnya lebih banyak dibandingkan di konsol.
  • Komputer dapat kita modifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Selain beragam kelebihan dari PC gaming di atas, PC gamer juga memiliki sisi lain yang menjadi kekurangannya. Salah satu kekurangan dari PC gaming yang paling mencolok yaitu dari segi harganya, Dimana harga PC gaming yakni umumnya jauh lebih mahal dibandingkan perangkat komputer biasa.

Karena untuk membuat PC gaming, kita membutuhkan komponen pendukung komputer yang harganya tidak murah. Jadi kita perlu menyiapkan budget lebih jika menginginkan perangkat tersebut.

Kesimpulan

PC gamer adalah privat komputer yang didesain secara khusus agar pengguna dapat merasakan pengalaman bermain game yang lebih mengesankan. PC ini memiliki beragam kelebihan yang sangat memanjakan para gamer. Misalnya seperti kualitas audio, visual dan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan komputer pada umumnya.

Untuk membuat PC gaming, dibutuhkan beberapa komponen pendukung seperti, CPU, motherboard, VGA card, RAM, storage, dan perlengkapan gaming lainnya yang berkapasitas tinggi. Jadi, dibutuhkan dana yang tidak sedikit agar bisa merakit dan menciptakan PC gamer berkualitas sesuai dengan ekspektasi.

Tinggalkan komentar