PC All In One: Pengertian, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

PC all in one merupakan jenis komputer yang memiliki desain ringkas. Jadi pada komputer ini, komponen-komponennya sengaja didesain menyatu dengan casing monitor.

Jika melihat dari segi tampilan, komputer all in one memiliki beberapa kelebihan. Yang paling terlihat yaitu portable, ringkas dan tentu saja lebih modern. Namun apakah PC all in one memiliki kinerja yang lebih canggih dibanding komputer biasa?

Pembahasan mengenai apa itu PC all in one  mulai dari pengertian, fungsi, hingga kelebihan dan kekurangannya akan kita sampaikan berikut.

Pengertian PC All in One

PC all in one adalah
PC all in one adalah

Seperti namanya, PC all in one adalah komputer yang memiliki beragam komponen penyusun yang menyatu dengan casing monitornya. Karena desainnya yang sangat ringkas ini, maka tampilan komputer jadi terlihat lebih modern dan sangat portable.

PC AIO memiliki tipe monitor dengan model ramping dan flat. Meskipun beberapa komponen di desain menyatu dengan casing monitor, tapi bagian mouse dan keyboard tetap terpisah. Hal ini masih serupa dengan posisi  mouse dan keyboard yang terdapat pada komputer konvensional.

Pada PC all in one, kita juga akan dimanjakan dengan adanya fitur touchscreen. Jadi pengguna dapat memilih untuk menggunakan mouse seperti komputer konvensional atau memakai fitur touchscreen.

Teknologi PC AIO menjadi terobosan bagi orang modern masa kini. Meskipun bentuknya ringkas, namun alat tersebut juga dilengkapi dengan sejumlah fitur-fitur canggih yang akan memanjakan penggunanya.

Selain itu, gadget juga dilengkapi dengan resolusi full HD dan jenis processor dengan spesifikasi yang mumpuni. Jadi walau bentuknya kecil, namun performanya tetap bisa maksimal sebagaimana komputer konvensional.

Fungsi PC all in One

PC all in one merupakan teknologi komputer yang banyak digemari sekarang ini. Tidak hanya karena bentuknya yang ringkas dan praktis, perangkat elektronik ini juga memiliki banyak fungsi yang dapat mempermudah pekerjaan komputasi Anda.

Fungsi PC all in one adalah sebagai:

  1. Data Input
  2. Data Processing
  3. Data Output
  4. Data Storage
  5. Data Movement

Anda bisa langsung simak penjelasan lebih lengkapnya dari setiap fungsi dari PC all in one sebagai berikut.

1. Data Input

Fungsi PC AIO yang pertama adalah untuk melakukan proses input data. Jadi perangkat ini dapat digunakan untuk menerima input data yang berasal dari luar. Artinya baik input  dari komputer ataupun perangkat lainnya yang terkoneksi.

2. Data Processing

Selanjutnya, komputer juga berfungsi untuk memproses data. Dimana data yang didapatkan dari input kemudian akan diproses atau diolah sesuai dengan perintah dari pengguna.

3. Data Output

Setelah melakukan processing data, selanjutnya komputer akan menghasilkan data output. Output yang dihasilkan dapat berupa gambar, teks, audio ataupun grafis. Hasilnya tergantung pada jenis perintah yang diinputkan pada perangkat komputer.

4. Data Storage

Data storage merupakan fungsi PC all in one sebagai media penyimpanan. Karena adanya fitur penyimpanan, maka kita dapat menyimpan dan menemukan kembali data-data yang pernah diakses dari komputer tersebut.

5. Data Movement

Terakhir, PC AIO juga dapat melakukan movement. Dimana movement merupakan proses pemindahan data dari perangkat tersebut kepada perangkat lain, baik itu komputer ataupun jenis perangkat output yang lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan PC All in One

Sebagai perangkat elektronik, PC all in one memiliki sejumlah keistimewaan dan kekurangan. Jika Anda mempunyai rencana membelinya, pastikan simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan PC all in one berikut ini!

A. Kelebihan PC All in One

kelebihan PC all in one
kelebihan PC all in one

Kelebihan yang dimiliki oleh PC all in one adalah:

  • Layar Lebih Besar
  • Hemat Daya
  • Lebih Simple dan Ringkas
  • Desain Mewah
  • Setting Dual Monitor
  • Tidak Perlu Pengaturan Tambahan

Berikut merupakan penjelasan lebih detail dari setiap kelebihan dari PC all in one yang ditawarkan.

1. PC AIO Memiliki Layar Lebih Besar

Meskipun didesain dengan ringkas, PC AIO memiliki layar monitor yang luas dan nyaman. Umumnya yaitu mulai dari 16 inch untuk tampilan layarnya.

Bahkan jika dibandingkan laptop, ukuran monitor komputer ini jauh lebih besar dan lega, bukan? Ukuran layar ini akan berpengaruh terhadap kenyamanan Anda ketika melakukan pekerjaan dengan perangkat tersebut.

2. PC AIO Hemat Daya

Karena komponen-komponen komputer sudah didesain menjadi satu, maka perangkat ini tidak membutuhkan daya listrik yang banyak. Jadi untuk beroperasi, PC AIO juga tidak membutuhkan konsumsi listrik tinggi layaknya perangkat komputer konvensional.

3. PC AIO Lebih Simple dan Ringkas

Selain mudah dipindahkan, komputer tipe AIO juga memiliki tampilan yang rapi dan ringkas. Pada PC AIO, monitor dan CPU didesain menjadi satu, kemudian kita juga dapat menggunakan keyboard dan mouse tanpa kabel.

Jadi ketika diletakkan pada ruang kerja, kita dapat mengaturnya agar ruangan terlihat lebih rapi. Komputer ini juga cocok untuk Anda yang memiliki ruang kerja kecil dengan luas terbatas.

4. PC AIO Mempunyai Desain Mewah

Komputer all in one memiliki desain mewah. Tidak hanya menggunakan monitor model datar, perangkat ini juga dilengkapi dengan touchscreen , resolusi full HD. Dan yang tidak kalah mewah yakni adanya processor berspesifikasi tinggi yang membuat tampilan layarnya kian maksimal.

5. PC AIO dapat di Setting Dual Monitor

Ketika menggunakan PC AIO, pengguna dapat melakukan setting dual monitor melalui port HDMI yang tersedia. Setting dual monitor yang dilakukan dengan komputer all in one memiliki hasil tampilan yang lebih rapi dibandingkan dengan ketika menggunakan desktop biasa.

6. PC AIO Tidak Perlu Pengaturan Tambahan

PC all in one ini dapat langsung digunakan. Jadi kita tidak perlu melakukan pengaturan tambahan ketika memakai komputer jenis ini.

B. Kekurangan PC All in One

Selain kelebihan-kelebihan di atas, PC all in one juga memiliki beberapa kekurangan yang penting untuk jadi pertimbangan. Berikut ini hal – hal yang perlu dipertimbangkan mengenai kekurangan PC all in one.

kekurangan PC all in one
kekurangan PC all in one

Diantara kekurangan dari PC all in one adalah:

  • Terbilang Lebih Mahal
  • Susah di Upgrade
  • Tidak Bisa Digunakan Untuk Aktivitas Berat
  • Apabila Rusak Susah Diperbaiki

Simak baik-baik mengenai penjelasan dari setiap kekurangan PC all in one yang ada dibawah ini, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

1. Harga PC AIO Terbilang Lebih Mahal

PC AIO memiliki desain yang modern, ringkas, dan pengunaan yang fleksibel. Oleh sebab itu, perangkat elektronik ini dibandrol dengan harga lebih mahal dibandingkan jenis desktop biasa.

2. PC AIO Susah di Upgrade (terbatas)

Untuk melakukan upgrade, hal ini tidak semudah seperti ketika melakukannya pada desktop biasa. Komputer all in one memiliki sedikit ruang sehingga susah di upgrade.

Penggantian RAM ataupun hardisk pada komputer juga harus dilakukan oleh tenaga profesional. Jika ingin memperbaiki sendiri, mungkin saja akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajarinya secara otodidak.

3. PC AIO Tidak Bisa Digunakan Untuk Aktivitas Berat

PC AIO tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas komputasi yang tergolong berat.  Misalnya saja untuk bermain game, design, video editing dan lain sebagainya.

4. PC AIO Apabila Rusak Susah Diperbaiki

Karena memiliki desain yang menyatu, apabila terjadi kerusakan pada PC all in one, maka akan sulit untuk memperbaikinya. Perlu diteliti dengan lebih detail setiap komponen penyusunnya.

Dan untuk deteksi kerusakan juga tergolong lebih rumit dibandingkan dengan perangkat PC konvensional. Solusinya serahkan saja pada ahlinya.

Tips Memilih PC All in One

Sampai disini Anda masih yakin untuk memiliki jenis perangkat komputasi yang satu ini? Tidak mengapa, Anda hanya perlu mengetahui tips memilih jenis PC all in one yang paling tepat agar sesuai dengan kebutuhan.

PC all in one menjadi salah satu gadget yang banyak digandrungi oleh orang masa kini. Salah satu alasannya adalah karena dari segi tampilan yang modern dan praktis, serta performanya yang cukup mumpuni untuk menunjang pekerjaan.

Namun, pada saat ingin membeli komputer all in one, Anda dapat mempertimbangkan beberapa hal berikut.

Tips memilih PC all in one (AIO) yaitu:

  1. Pilih Tipe Processor PC All in One
  2. Tentukan RAM
  3. Kartu Grafis
  4. GPU
  5. Storage yang Luas
  6. Tipe Monitor

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk membeli PC AIO yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

1. Pilih Tipe Processor PC All in One

CPU yang digunakan akan menentukan seberapa besar kekuatan komputer all in one untuk mengolah data. Pada saat akan membeli komputer dengan tipe ini, pastikan untuk memilih processor dengan sistem quad core.

2. Tentukan RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penyimpanan memori sementara. Hardware tersebut juga yang akan membantu komputer untuk melakukan kinerja multitasking. Dimana pengguna bisa membuka beragam aplikasi atau pekerjaan dalam satu waktu. Misalnya saja untuk memutar musik selagi Anda mengetik.

Pada saat akan membeli PC all in one, pastikan untuk membeli komputer dengan RAM yang mumpuni yaitu minimal 6-8 GB. Ketika memilih RAM dengan spesifikasi tinggi, maka kita dengan mudah dapat mengakses beberapa aplikasi pada komputer secara bersamaan.

3. Kartu Grafis

Kartu grafis atau VGA card adalah komponen komputer yang membantu Anda untuk menikmati tampilan visual yang memanjakan mata. Jadi pada saat akan membeli komputer, jangan ragu untuk memilih kartu grafis terintegrasi yang akan mendukung mobilitas Anda.

4. GPU

Komputer all in one memang sudah dilengkapi dengan kartu grafis yang membantunya untuk melakukan berbagai pekerjaan komputasi sederhana. Namun Anda juga dapat memakai GPU tambahan untuk menambah kinerja grafis dari alat tersebut.

5. Storage yang Luas

Storage atau tempat penyimpanan adalah media yang akan membantu komputer untuk menyimpan data-data, mulai dari foto, video, ataupun dokumen.

Storage atau penyimpanan komputer sangat penting diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap seberapa besar data yang dapat disimpan pada perangkat tersebut.

6. Tipe Monitor

Pada tipe komputer all in one, kita tidak dapat berganti-ganti layar monitor karena monitornya sudah didesain menyatu dengan perangkat lainnya.

Jadi pada saat akan membeli, pastikan untuk memilih tipe monitor yang tepat. Pertimbangan yang dapat dijadikan opsi pada saat memilih monitor adalah dari segi ukuran layar dan juga resolusinya.

Kesimpulan

PC all in one adalah tipe komputer yang dihadirkan dengan desain super ringkas dan simpel. Pada perangkat jenis ini, bisa dikatakan hampir semua komponen komputer akan digabung menjadi satu. Namun tidak termasuk untuk perangkat pelengkap seperti keyboard dan mouse.

Selain desainnya yang ringkas, PC all in one juga memiliki tampilan yang modern, canggih dan juga hemat daya listrik. Namun komputer jenis ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang sering menggunakan aktivitas komputasi berat seperti gaming ataupun desain.

Tinggalkan komentar