Mini PC: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan, Kekurangan

Mini PC merupakan komputer berukuran mini atau komputer yang sengaja dirancang dengan ukuran kecil. Komputer jenis ini sangat tepat digunakan untuk Anda yang menginginkan perangkat komputasi yang lebih ringkas dan praktis.

Meskipun berukuran kecil, namun banyak fitur yang ditawarkan oleh komputer mini. Salah satunya yaitu multi-user, yang artinya perangkat dapat dipakai oleh banyak user sekaligus dalam waktu bersamaan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu mini PC. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, serta kelebihan dan kekurangan dari mini PC itu sendiri.

Pengertian Mini PC

PC mini
PC mini

Seperti namanya, Mini PC adalah komputer yang berukuran cukup mini. Ukuran mini PC lebih kecil dibandingkan jenis komputer konvensional pada umumnya. PC mini bahkan hanya memiliki dimensi ukuran sekitar 19 cm persegi. Sedangkan untuk beratnya yakni berkisar 12 kg saja.

Karena ukurannya yang mini atau kecil, komputer mini ini dapat dikategorikan sebagai perangkat portable. Alasannya yakni karena perangkat ini terbilang mudah untuk dibawa dan dipindahkan ke mana pun.

Selain itu, perangkat tersebut juga cukup ringkas dan bisa membuat ruangan terlihat lebih rapi. Hal ini karena PC mini tidak akan membutuhkan banyak tempat untuk meletakkannya.

Mini PC adalah jenis computer yang tergolong multi-user. Artinya komputer tersebut dapat dipakai oleh lebih dari satu pengguna dalam satu waktu sekalipun.

Caranya yakni mini PC dapat didesain sebagai komputer pusat dan memungkinkan komputer lain untuk ikut mengaksesnya dalam satu waktu. Cara kerjanya yaitu dengan menggunakan sistem share atau berbagi data.

Seperti komputer pada umumnya, mini PC juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas komputasi ringan. Misalnya browsing, menonton film, mengetik, dan berbagai pekerjaan dasar komputer lainnya.

Berkat penggunaannya yang fleksibel, mini PC juga sering dipakai untuk sistem koordinasi oleh berbagai instansi dan lembaga. Contohnya saja seperti digunakan pada perkantoran, perusahaan,  universitas, hingga kepentingan komersil dengan skala menengah.

Sejarah Mini PC

komputer mini pc
komputer mini pc

Sejarah komputer mini PC ternyata bukan barang baru karena sudah dipakai sejak zaman dahulu. PC berukuran mini diperkenalkan pertamakali pada tahun 1960.

Pada awal kemunculannya, teknologi komputer mini cukup menarik perhatian banyak orang. Selain karena ukurannya yang kecil, perangkat ini juga memiliki kinerja komputasi yang cukup baik.

Teknologi komputer mini pertamakali dikembangkan oleh Digital Equipment Corporation. Pada saat itu, tipe yang dikembangkan adalah jenis PDP-8. Menariknya, saat itu produk ini berhasil terjual sebanyak 40.000 unit.

Setelah itu, teknologi mini komputer semakin dikenal oleh masyarakat. Bahkan lebih dari 200 perusahaan juga ikut ambil bagian untuk proses pengembangan serta inovasi ke depannya.

Sebagai pelopornya, Digital Equipment Corporation juga mencetak sejarah dengan mengembangkan mini PC tipe PDP-11 dengan sistem VAX 11/780. Tipe PDP-11 ini adalah versi perbaikannya dari tipe yang sebelumnya dan sempat mencatat sejarah tersendiri di dunia komputasi.

Di era modern, teknologi mini komputer semakin berkembang dari waktu ke waktu. Komputer tersebut tidak hanya dibuat dengan ukuran mini, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi modern dan berbagai perangkat keras yang mendukung kinerjanya.

Jenis – jenis Mini PC

jenis-jenis mini pc
jenis-jenis mini pc

Perkembangan komputer mini semakin pesat dari masa ke masa. Semakin kesini tentu saja akan lebih banyak produk baru yang menjadi inovasi dari pendahulunya. Ada beberapa jenis mini PC yang perlu Anda ketahui.

Jenis-jenis mini PC, diantaranya adalah:

  1. PDP-8
  2. PDP-11
  3. VAX
  4. Xerox Star
  5. IBM System

Berikut ulasan selengkapnya dari setiap jenis mini PC yang dapat Anda simak dibawah ini.

1. PDP-8

Programable Data Processor 8 atau PDP-8 adalah mini komputer yang pertama kali di luncurkan. Pada saat itu, komputer mini yang diciptakan masih memiliki teknologi yang sangat sederhana.

Meskipun demikian, perangkat komputasi ini sudah cukup membantu banyak pekerjaan sehingga penggunaannya sangat populer pada masa tersebut.

2. PDP-11

PDP-11 merupakan versi mini komputer yang dikembangkan selanjutnya. PDP-11 adalah versi perbaikan dari tipe sebelumnya.

Mini komputer versi ini juga mendapatkan antusiasme tinggi di tengah masyarakat dan para pengembang teknologi komputer pada masanya.

3. VAX

Virtual Address Extension (VAX) juga merupakan mini komputer yang dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yakni Digital Equipment Corporation. Teknologi VAX merupakan perangkat komputasi yang dikembangkan pada tahun 1970.

4. Xerox Star

Masih di tahun yang sama, Xerox star juga salah satu mini PC yang dirilis pada tahun 1970. Mini komputer Xerox star adalah komputer pertama yang memiliki tampilan antar muka grafis.

5. IBM System

Selanjutnya, ada juga jenis mini PC IBM system. Dimana IBM system adalah pengembangan dari versi Xerox star. Pengembangan IBM system memakai modul yang menjadi cikal bakal konsep desktop yang sekarang kita kenal.

Kelebihan dan Kekurangan Mini PC

kelebihan dan kekurangan mini pc
kelebihan dan kekurangan mini pc

Mini PC merupakan komputer berukuran mini yang dikembangkan dengan konektivitas modern serta teknologi legacy free. Teknologi komputer mini mendapatkan antusiasme tinggi di kalangan konsumen. Selain desainnya yang ringkas, mini komputer juga dilengkapi dengan spesifikasi canggih.

Namun meskipun demikian, teknologi komputer ini bukan berarti lepas dari kekurangan. Simak informasi selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan mini PC berikut ini:

1. Kelebihan Mini PC

Mini PC memiliki sejumlah keunggulan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

Kelebihan-kelebihan dari mini PC adalah:

  • Ringkas dan Hemat Ruang
  • Hemat Daya
  • Portable
  • Lebih Murah
  • Memori
  • Terkonfigurasi Bit

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dari setiap kelebihan mini PC yang ada dibawah ini.

  • Ringkas dan Hemat Ruang

Ukuran mini PC bisa dibilang sangatlah ringkas, bahkan berkali-kali lipat lebih kecil dibandingkan komputer konvensional. Ukuran benda ini yaitu sekitar 19 cm persegi saja dan berat sekitar 12 kg sehingga sangat ringkas dan praktis. Penggunanya bisa dengan mudah membawanya kemanapun.

  • Hemat Daya

Kelebihan PC mini yang selanjutnya adalah hemat daya. Untuk menjalankan kinerjanya, teknologi komputer mini tidak membutuhkan konsumsi listrik yang besar. Perangkat tersebut hanya membutuhkan daya sekitar 60-150 watt saja untuk masa pakainya.

  • Portable

Karena ukurannya yang mini, komputer ini dapat digolongkan sebagai perangkat portable. Jadi pengguna dapat dengan mudah membawanya ke mana pun dan memindahkan benda tersebut sesuai kebutuhan.

  • Lebih Murah

Harga mini PC ini umumnya juga dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan komputer versi normal. Selain itu, perangkat ini juga dapat digunakan oleh multi user atau dikoordinasikan dengan lebih dari satu perangkat dalam waktu bersamaan.

  • Memori

Kapasitas memori yang dimiliki PC mini yaitu berkisar antara 6-128 MB. Kapasitas ini tentu lebih dari cukup untuk kegiatan komputasi ringan.

  • Terkonfigurasi Bit

Mini PC juga terkonfigurasi dalam beberapa ukuran bit, di antaranya yaitu mulai dari 8 bit, 16 bit, 32 bit, hingga 62 bit.

2. Kekurangan Mini PC

Selain beragam kelebihan di atas, komputer mini juga memiliki sejumlah kekurangan.Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mini PC.

Diantara kekurangan mini PC adalah:

  • Terbilang Susah di Upgrade
  • Membutuhkan Perangkat Tambahan
  • Performa Kurang Powerfull

Berikut penjelasan dari setiap kekurangan mini PC yang wajib Anda ketahui untuk mempertimbangkannya.

  • Terbilang Susah di Upgrade

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh komputer mini adalah susah di upgrade. Pada perangkat ini memang tersedia fitur upgrade, namun sangat terbatas karena dikhususkan untuk storage dan RAM saja.

Selain memiliki motherboard yang kecil dan tidak memiliki banyak slot untuk upgrade, pada mini PC juga sangat sedikit tersedia ruang kosong. Karena inilah perangkat sulit untuk ditingkatkan seperti yang sering kita lakukan pada PC.

  • Membutuhkan Perangkat Tambahan

Pada saat membeli mini PC, artinya Anda harus bersiap-siap untuk membeli beragam perangkat pelengkapnya.

Karena ketika membeli komputer tersebut, kita harus membeli monitor, keyboard dan juga mouse secara terpisah. Selain itu untuk menghubungkan monitor dengan mini PC, kita juga hanya dapat menggunakan port HDMI.

  • Performa Kurang Powerfull

Karena ukurannya yang kecil, performa komputer mini cukup terbatas. Dalam beberapa aspek, mini komputer tidak bisa mengalahkan kecepatan desktop PC.

Mini PC juga hanya direkomendasikan untuk melakukan tugas-tugas komputasi dasar saja.  Namun perangkat ini tidak dapat digunakan untuk beberapa aktivitas berat, semisal gaming ataupun menjalankan program kinerja grafis.

Kesimpulan

Mini PC adalah komputer yang dirancang dengan ukuran mini. Komputer ini menggunakan teknologi legacy free dan sudah dilengkapi dengan konektivitas modern.

Mini PC di desain untuk bekerja secara multi-user. Artinya perangkat dapat diakses oleh banyak pengguna dalam satu waktu. Kelebihan mini PC lainnya yaitu ringkas, hemat listrik, portable dan murah.

Namun kekurangan dari komputer mini memiliki performa kurang maksimal dan juga sulit di upgrade selayaknya PC pada umumnya. Bagaimana, kira – kira seberapa Anda tertarik untuk membeli mini PC setelah membaca ulasan di atas?

Tinggalkan komentar