Kabel Aux : Pengertian, Fungsi dan Kegunaan

Kabel Aux merupakan salah satu jenis perangkat yang berfungsi untuk memperjelas suara. Ketika Anda mendengarkan musik kemudian menginginkan suara yang lebih jernih, maka Aux dapat digunakan untuk tujuan tersebut. Kurang lebih seperti itulah gambaran singkat mengenai fungsi dasar dari kabel Aux yang satu ini.

Penggunaan Aux sendiri bisa ditemukan pada beragam jenis perangkat audio. Misalnya saja seperti ponsel, tablet, laptop, MP3 player dan sejenisnya. Apa itu Aux serta bagaimana fungsi dan kegunaannya akan kita bahas tuntas disini. Pastikan Anda tidak melewatkan pembahasan detailnya kali ini, ya?

Pengertian Kabel Aux

Kabel Aux adalah
Kabel Aux adalah

Aux merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat elektronik satu dengan yang lainnya. Peralatan elektronik khususnya yang berbasis audio, biasa menggunakan fitur Aux untuk mendapatkan performa lebih pada kualitas suara yang dihasilkannya.

Kabel Aux merupakan kabel tambahan yang bisa digunakan pada saat Anda memakai perlengkapan berbasis audio. Namun yang perlu diketahui yakni perangkat ini hanya dapat digunakan pada port dengan ukuran 3,5 mm saja.

Namun di era modern ini, sepertinya hampir semua device sudah memenuhi syarat tersebut. Oleh karenanya, berbagai device mulai dari smartphone, laptop, speaker, MP3 dan lain sejenisnya kebanyakan sudah bisa menggunakan fitur Aux.

Fungsi Kabel Aux

Aux adalah sebutan dari istilah auxiliary. Alat ini merupakan teknologi yang memungkinkan Anda untuk menyambungkan sinyal audio dari gadget menuju perangkat lain. Jadi sinyal audio yang terdapat pada perangkat elektronik, akan disambungkan ke head unit (HU) dengan perantara kabel Aux. Dengan demikian Anda dapat menikmati kualitas audio yang lebih bagus dengan adanya fitur ini.

Adapun beberapa fungsi dari Aux diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Media Penghubung Antar Perangkat

Fungsi yang pertama dari kabel tersebut adalah sebagai penghubung antar perangkat. Dimana perangkat elektronik berbasis audio seperti ponsel, walkman, MP3 player, DVD player dan berbagai device lainnya.

Dapat dihubungkan juga dengan home speaker, sistem stereo pada mobil, hingga speaker portabel dengan perantara kabel Aux. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa perangkat-perangkat tersebut hanya dapat terhubung jika memiliki model port yang sama. Ukuran port yang memungkinkan yakni dengan jack port sebesar 3,5 mm.

  1. Menjadi Koneksi Device Pada Mobil

Fungsi kabel Aux yang selanjutnya adalah sebagai konektor antara device dan mobil. Meskipun sekarang populer dengan adanya koneksi bluetooth ataupun jenis koneksi nirkabel lainnya, namun untuk koneksi nirkabel sering mengalami kendala. Salah satunya terkait dengan sinyal serta berbagai gangguan yang tidak terduga lainnya.

Ketika menggunakan Aux, hal tersebut dapat diminimalisir. Hal ini karena Aux merupakan kabel yang mengkoneksikan secara langsung antara device dan juga head unit. Sehingga hasil koneksinya akan lebih stabil dan bisa dikatakan minim gangguan.

  1. Menghubungkan Perangkat Device Dengan Perangkat Lain

Fungsi lain dari Aux adalah dapat menghubungkan dengan perangkat lain. Misalnya saja bluetooth dengan device, FM transmiter dengan device dan lain sebagainya.

Koneksi nirkabel seperti bluetooth biasanya sering mengalami kendala pada koneksinya. Dimana seperti yang kita ketahui bahwa koneksi yang kurang bagus pada jaringan nirkabel akan membuat kualitas audio juga menjadi kurang baik. Oleh karenanya, Anda dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan mengoneksikan bluetooth dengan Aux.

Jadi sebelum musik diputar, kabel dapat dikoneksikan terlebih dahulu dengan speaker. Sehingga ketika Anda melakukan pemutaran musik dengan perangkat tersebut. Maka Anda bisa menikmati koneksi yang bagus, jernih dan lancar, serta minim gangguan.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Kabel Aux?

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Aux
Kelebihan dan Kekurangan Kabel Aux

Fitur Aux disebut juga sebagai tambahan antara jack female untuk jack male. Oleh karenanya, fitur tersebut masih tergolong sebagai koneksi tradisional. Meskipun demikian, kabel Aux masih cukup populer penggunaannya hingga sekarang.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, meskipun koneksinya masih tradisional, namun teknologi Aux juga memiliki kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh koneksi nirkabel. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan kabel Aux yang patut untuk dipertimbangkan.

  1. Kelebihan Kabel Aux

Koneksi Aux memiliki beberapa kelebihan, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Mudah dikontrol dari ponsel ataupun device sumber.
  • Koneksi yang dihasilnya jauh lebih
  • Kualitas audionya terbilang cukup jernih serta bebas hambatan.
  • Kompatibel dengan berbagai perangkat elektronik. Yakni mulai dari smartphone, MP3 player, DVD player dan lain sebagainya. Dengan catatan asalkan perangkat tersebut memiliki port yang sama.
  • Tidak ada gangguan sinyal ataupun frekuensi lainnya serta minim gangguan.
  1. Kekurangan Kabel Aux

Selain beragam kelebihan yang dimilikinya, koneksi Aux juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan kabel Aux yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Jarak panjang kabel antara device dengan head unit sifatnya cukup
  • Ukuran panjang kabel umumnya juga berpengaruh terhadap kualitas audio yang nantikan akan dihasilkan.
  • Karena masih menggunakan kabel, koneksi Aux lebih sering dianggap kurang praktis.

Baca juga artikel terkait :

Cara Menggunakan Kabel Aux

Teknologi Aux sering digunakan pada berbagai perangkat elektronik yang ada di sekitar kita. Yakni mulai dari tape mobil, speaker portabel, speaker bluetooth dan lain sebagainya. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, pilih salah satu ujung dari kabel Aux lalu Anda bisa masukkan device asal.
  • Kemudian masukkan juga ujung yang satunya pada perangkat audio yang akan digunakan nantinya.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan fitur Aux dan mengontrolnya dari perangkat tertentu.

Tips Memilih Kabel Aux Berkualitas dan Sesuai dengan Kebutuhan

Di pasaran, ada banyak sekali jenis kabel Aux yang bisa Anda beli. Tentu saja setiap jenis kabel ini dihadirkan dari berbagai merk dan harga yang juga sangat beragam. Lantas, apa saja yang harus dilakukan jika ingin membeli kabel tersebut? Simak beberapa tips berikut ini sebelum Anda membeli kabel Aux :

  1. Ukuran Kabel

Kabel Aux tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui ukuran kabel yang dibutuhkan. Ukuran dalam hal ini terkait dengan besar dan kecilnya kabel. Jadi pastikan untuk memilih yang paling tepat dan sesuai denganĀ  kebutuhan, ya?

  1. Impedansi Kabel

Impedansi juga sangat berkaitan dengan kualitas kabel. Terdapat berbagai macam jenis dan merk kabel Aux yang beredar di pasaran. Jika ingin kabel yang awet dan menghasilkan audio bagus, pastikanĀ  Anda memilih kabel yang berkualitas.

Salah satunya adalah kabel yang konduktornya terbuat dari material tembaga murni. Kabel yang terbuat dari konduktor berbahan tembaga memiliki daya hantar yang baik sehingga hasil output yang dihasilkannya pun menjadi lebih baik juga.

  1. Panjang Kabel

Panjang kabel Aux ini juga menjadi salah satu faktor yang cukup penting untuk diperhatikan. Pasalnya, panjang kabel akan berpengaruh terhadap kualitas audio yang dihasilkan nantinya. Pastikan untuk memilih kabel yang tidak terlalu panjang sehingga kualitas audionya tetap baik dan jernih, ya?

  1. Harga Kabel

Di pasaran, harga kabel Aux juga sangat bervariatif. Umumnya hal ini dipengaruhi juga oleh branda atau merk tertentu. Dan faktor yang menentukan mahal murahnya kabel jenis ini yakni kualitas dan spesifikasi produknya. Oleh karenanya, Anda juga perlu lebih bijak dalam memilih merk kabel berserta dengan harga yang ditawarkannya.

Kesimpulan

Kabel Aux merupakan alat tambahan yang sering digunakan untuk mengkoneksikan dua perangkat elektronik. Mudahnya yakni menyambungkan antara device dengan head unit (HU).

Kabel ini memiliki koneksi yang stabil, jernih dan lancer sehingga fleksibel untuk digunakan pada berbagai device dan perangkat audio. Namun dengan catatan bahwa perangkat tersebut memiliki port yang sesuai, yakni jack port dengan ukuran 3,5 mm.

Tinggalkan komentar