Kabel OTG: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Kabel OTG merupakan alat yang cukup familiar bagi kita semua. Pasalnya kabel tersebut sering ditemukan penggunaannya pada berbagai perangkat elektronik. Dan kabel OTG juga digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya digunakan untuk transfer data dari HP ke flashdisk ataupun flashdisk ke komputer dan lain sebagainya.

Sekarang ini, penggunaan OTG juga semakin populer. Terutama di tengah bermunculannya smartphone android dengan berbagai merk dan jenis. Namun, apakah kabel OTG bisa untuk semua HP?

Memang benar sebenarnya tidak semua perangkat Android memiliki support untuk USB OTG.  Namun sepertinya di era modern ini hampir kebanyakan smartphone terbaru yang diproduksi sudah memiliki fitur yang mendukung teknologi USB OTG.

Nah ketahui lebih banyak tentang kabel OTG mulai dari pengertian hingga macam, jenis dan fungsinya pada artikel berikut ini. Jangan lewatkan informasi selengkapnya di bawah ini, ya?

Pengertian Kabel OTG

Pengertian Kabel OTG
Pengertian Kabel OTG

OTG (On The Go) adalah kabel yang berfungsi sebagai konektor atau media penghubung yang biasa digunakan untuk melakukan proses transfer data antara satu perangkat elektronik dengan perangkat elektronik yang lainnnya.

Jika melihat gambar kabel OTG di atas, mungkin bagi sebagian orang perangkat tersebut sudah tidak asing lagi. Hal ini karena penggunaannya yang memang cukup populer sekarang ini.

Jika dahulu OTG biasa digunakan untuk mentransfer data digital pada PC atau computer, namun dengan semakin berkembangnya teknologi, serta pertumbuhan gadget yang semakin meningkat. Hal tersebut memungkinkan orang untuk dapat mengakses segala hal melalui smartphone.

Oleh karenanya teknologi USB OTG juga banyak digunakan pada smartphone. Terutama jenis smartphone android yang sekarang ini rata-rata sudah memiliki support terhadap teknologi OTG.

Dengan adanya kabel ini, smartphone dapat disambungkan dengan berbagai perangkat lainnya. Mulai dari flashdisk, speaker, kamera digital, laptop dan lain sebagainya. Sehingga Anda dapat melakukan berbagai kegiatan dengan adanya USB OTG tersebut, bukan?

Apa Fungsi Kabel OTG?

Secara umum, kabel OTG berfungsi untuk menghubungkan perangkat elektronik satu dengan yang lainnya. Salah satu peran populernya yaitu digunakan untuk menghubungkan serta mentransfer data antara android dengan flashdisk.

Namun jika melihat lebih jauh, sebenarnya banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan dengan bantuan USB OTG. Simak beberapa contoh penggunaannya berikut ini :

  1. Menambah Kapasitas Memori Pada Smartphone

Fungsi pertama dari kabel OTG adalah berguna untuk menambah kapasitas memori pada HP android Anda. Ketika smartphone dan flashdisk terhubung dengan bantuan OTG, maka secara otomatis flashdisk akan difungsikan sebagai memori internal. Jadi kapasitas memori pada smartphone pun secara otomatis akan bertambah.

  1. Mentransfer File

Anda mempunyai file yang tersimpan di dalam perangkat komputer, kemudian ingin memindahkannya pada smartphone ataupun sebaliknya? Maka hal tersebut dapat dilakukan dengan perantara kabel OTG. Dengan menggunakan kabel OTG, Anda dimungkinkan untuk melakukan transfer data. Tentu saja baik data dari komputer ke smartphone maupun sebaliknya, ya? Anda bisa memindahkan atau melakukan copy data hanya dengan satu buah kabel saja.

  1. Menggunakan Keyboard dan Mouse Wireless

Dengan adanya kabel OTG, maka smartphone dapat tersambung dengan perangkat komputer. Teknologi OTG juga bisa difungsikan sebagai media peripheral.

Salah satunya mempermudah pengoperasian smartphone, yaitu dengan bantuan mouse ataupun keyboard wireless. Jadi, navigasi ponsel dapat dilakukan dengan bantuan mouse. Kemudian proses mengetik dapat dilakukan dengan media keyboard sehingga pekerjaan pun akan menjadi lebih mudah.

  1. Mencetak Dokumen Secara Langsung Dari Smartphone

Teknologi OTG juga memungkinkan Anda untuk mencetak dokumen secara langsung dari ponsel ke printer. Jika dulu data yang akan dicetak harus ditransfer terlebih dahulu file-nya ke komputer, baru dapat dicetak mengggunakan printer. Nah, maka tidak demikian dengan sekarang. Karena dengan bantuan USB OTG, file tersebut dapat langsung dicetak ke printer tanpa perlu disambungkan pada PC terlebih dahulu. Bagaimana, tentu saja teknologi OTG ini lebih memudahkan pekerjaan Anda, bukan?

  1. Mengontrol Kamera DSLR

Fungsi kabel OTG yang selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengontrol kamera DSLR. Caranya yaitu dengan melakukan instalasi terlebih dahulu menggunakan aplikasi pengontrol kamera pada playstore.

Selanjutnya, kamera akan langsung tersambung dengan HP Anda sehingga Anda dapat menggunakan beragam fitur yang terdapat pada kamera dari ponsel saja. Jadi, ponsel pintara dapat difungsikan sebagai kamera DSLR juga. Anda dapat mengatur kontras, fokus, kecepatan rana dan lain-lain melalui ponsel.

  1. Mengubah Ponsel Menjadi Power Bank

Smartphone juga dapat dialihfungsikan menjadi power bank dengan bantuan USB OTG. Jadi, Anda dapat mengisi daya cadangan untuk ponsel orang lain yang membutuhkan dengan bantuan kabel tersebut.

Selain berbagi daya cadangan, USB OTG juga memungkinkan Anda untuk menghubungkan ponsel dengan ponsel yang lainnya. Kemudian berbagi file mulai dari file data musik, video, foto dan lain sebagainya.

  1. Bermain Game Dengan Joystick

Bermain game di smartphone bagi sebagian orang kurang menyenangkan karena terbatasnya luas layar ponsel. Dengan USB OTG, Anda dapat memainkan game di Hp seperti layaknya play station .

Pertama-tama, dengan bantuan USB OTG joystik akan disambungkan langsung ke HP. Kemudian, Anda dapat bermain game yang terdapat di ponsel tersebut dengan menggunakan joystick.

  1. Menonton Video Ponsel di TV

Menonton film di ponsel mungkin kurang menyenangkan karena terbatasnya layar yang tersedia, ya? Namun jangan khawatir, karena dengan teknologi OTG Anda dapat menikmati tontonan yang terdapat di ponsel dan disambungkan ke televisi. Sehingga gambar akan menjadi lebih besar, pengalaman menonton video pun menjadi lebih menyenangkan.

Mengenal Beragam Jenis Kabel OTG

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai fungsi kabel OTG, kali ini kita juga akan membahas mengenai beragam jenis kabel OTG yang umum digunakan.

Seperti yang kita ketahui, USB OTG memang dijadikan sebagai media penghubung untuk berbagai perangkat elektronik. Mulai dari untuk transfer dari smartphone, laptop, printer, kamera, mouse dan banyak lainnya.

Mengingat banyaknya perbedaan port yang didapati pada alat elektronik tersebut, maka kabel USB pun didesain dengan berbagai macam bentuk dan jenis. Mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai macam – macam kabel OTG berikut ini.

  1. Kabel USB OTG Standar A
Kabel USB OTG Standar A
Kabel USB OTG Standar A

Kabel USB standar A atau kabel tipe A merupakan salah satu yang cukup populer. Penggunaannya sering kita temukan untuk berbagai keperluan. Misalnya seperti digunakan pada smartphone, PC, konsol game, mouse, DVD, televisi dan lain-lain.

Kabel USB standar dengan tipe A memiliki ukuran cukup lebar, serta memiliki bentuk persegi. Tipe tersebut juga dikenal dengan istilah female port dan tersedia dalam berbagai versi. Mulai dari versi USB tipe 1.1, USB 2.0, USB 3.0 hingga tipe 3.1.

  1. Kabel USB OTG Tipe B
Kabel USB OTG Tipe B
Kabel USB OTG Tipe B

Kabel tipe B memiliki bentuk yang khas, yakni memiliki ujung sudut yang tumpul dan juga berbentuk persegi. Fungsi dari alat tersebut biasa digunakan untuk konektor. Selain itu bisa juga untuk membantu menghubungkan dengan berbagai  perangkat tambahan.

Misalnya menghubungkan Android pada scanner, printer, dan lain sebagainya. Dibandingkan dengan OTG standar A, kabel OTG tipe B memiliki ukuran yang tidak terlalu lebar serta dibedakan menjadi 3 macam jenis. Berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai jenis kabel OTG tipe B yang paling umum digunakan:

  • USB OTG Tipe B Standar

USB tipe B standar merupakan kabel USB yang penggunaannya sering ditemukan pada perangkat elektronik dengan ukuran besar. Misalnya saja seperti peragkat laptop, PC, printer, scanner dan lain banyak lainnya. OTG jenis ini juga diproduksi dengan berbagai versi, yakni mulai dari USB 2.0 dan juga USB 1.1. Dan tentu saja semakin kesini akan selalu ada inovasi versi terbaru yang terus diproduksi.

  • USB OTG Tipe B Mini

USB OTG mini sering digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya saja digunakan untuk smartphone, kamera, tablet dan beragam jenis perangkat lainnya. Untuk bentuk fisiknya sendiri, kabel USB tersebut memiliki ukuran lebih kecil. Terutama jika ukurannya dibandingkan dengan tipe standar B yang kita bahas sebelumnya.

  • USB OTG Tipe B Micro

USB tipe B macro juga merupakan perlengkapan yang dapat kita temukan pada smartphone maupun tablet. Untuk ukurannya sendiri, OTG tipe micro memiliki ukuran paling kecil dibandingkan dengan USB versi standar maupun mini.

  1. Kabel USB OTG Tipe C
Kabel USB OTG Tipe C
Kabel USB OTG Tipe C

Jika melihat gambar kabel OTG tipe C di atas, mungkin Anda dapat menyimpulkan bahwa tipe ini memiliki ukuran yang tipis dan lebih kecil dibandingkan dengan para pendahulunya. Bentuknya yang relatif kecil serta tidak terlalu lebar memang sesuai untuk digunakan pada beragam jenis peralatan elektronik portabel yang tipis. Misalnya saja seperti perangkat notebook, laptop dan yang sejenisnya.

Untuk kabel OTG tipe C, Anda dapat menemukannya dalam versi USB 3.1. Versi tersebut memiliki tegangan supply sebesar 20 V dan juga 5A. Dan yang menjadi keunggulannya yakni kecepatan proses transfer data. Dimana menggunakan kabel USB versi ini, Anda bisa melakukan transfer data dengan kecepatan 10 Gbps.

Baca juga artikel terkait :

Cara Menggunakan Kabel USB OTG

Cara menggunakan kabel OTG ini sebenarnya sangatlah mudah dan sederhana. Artinya cara kerjanya terbilang sederhana sehingga memungkinan digunakan oleh siapapun. Simak langkah selengkapnya berikut ini:

  • Pertama-tama, pastikan perangkat elektronik yang akan digunakan sudah memiliki support atau mendukung teknologi OTG.
  • Setelahnya, gunakan kabel USB untuk menghubungkan kedua perangkat yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  • Selanjutnya Anda tinggal menggunakan beragam fitur yang ada. Mulai dari bermain game, menonton film, mengedit file dan lain sebagainya dengan bantuan koneksi dari USB OTG.

Kelebihan Kabel USB OTG

Kelebihan Kabel USB OTG
Kelebihan Kabel USB OTG

Teknologi OTG hadir dengan membawa berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Lalu apa saja kelebihan dari kabel OTG? Berikut ini beberapa keunggulan kabel OTG yang patut untuk dipertimbangkan penggunaannya.

  • USB OTG memiliki beragam fungsi yang sangat memudahkan pengguna. Mulai dari kemudahan transfer data hingga berbagai macam fungsi spesifik lainnya.
  • USB OTG memiliki bentuk yang kecil, jadi sangat fleksibel dan mudah dibawa kemanapun.
  • Pengguna tidak selalu harus menggunakan perangkat komputer ataupun laptop
  • Dengan USB OTG, Anda tidak lagi harus mengakses komputer atau laptop untuk melakukan transfer data, cetak file dokumen dan lainnya. Anda bisa melakukan pekerjaan tersebut hanya dengan menggunakan kabel OTG.

Kesimpulan

Kabel OTG merupakan alat yang berfungsi sebagai konektor. Alat tersebut dapat menghubungkan perangkat elektronik satu dengan yang lainnya sehingga dapat saling terkoneksi dan melakukan berbagai pekerjaan.

USB OTG memiliki berbagai macam jenis dan ukuran yang umumnya disesuaikan dengan port pada perangkat elektronik. Dengan adanya teknologi OTG, berbagai kegiatan dapat dilakukan dengan cara yang lebih simpel, praktis dan juga efisien. Sudah banyak yang merasakan bahwa kabel OTG ini menjadi salah satu teknologi yang menawarkan banyak kemudahan serta kenyamanan bagi penggunanya.

Tinggalkan komentar