Kabel RCA : Pengertian, Fungsi, Karakteristik dan Kegunaan

Pada saat ingin mengkoneksikan perangkat elektronik seperti TV dan juga VCD, mungkin Anda sering mendapati kabel berwarna-warni yang memiliki 3 buah colokan. Nah, tiga buah kabel warna-warni inilah yang disebut dengan istilah kabel RCA.

RCA sendiri merupakan kabel yang dikenal juga dengan istilah kabel phone. Pengaplikasiannya sering ditemukan pada sejumlah alat elektronik. Terutama beragam alat elektronik yang berbasis audio video. Semisal VCD, CCTV, tape, televisi dan lainnya.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu kabel RCA, maka selanjutnya kita akan membahas lebih spesifik mengenai pengertian, fungsi, karakteristik hingga kegunaan dari kabel tersebut. Jangan lewatkan informasi selengkapnya di bawah ini, ya?

Pengertian Kabel RCA

Kabel RCA adalah
Kabel RCA adalah

Kabel RCA adalah kepanjangan dari istilah Radio Corporation of America.  Kabel ini sebenarnya merupakan jenis kabel konvensional untuk keperluan pengiriman sinyal. Khususnya sinyal analog yang ada pada beragam perangkat elektronik.

Pertamakali dikenalkan, teknologi RCA dulunya baru digunakan untuk keperluan koneksi internal. Namun seiring perkembangan zaman, kini penggunaan kabel RCA sudah lebih luas lagi.

Sekarang ini kabel jenis RCA juga umum digunakan untuk keperluan koneksi perangkat audio. Misalnya saja digunakan pada perangkat elektronik televisi, VCD, DVD, LCD proyektor, speaker dan lain sebagainya.

Karakteristik Kabel RCA

Seperti pada umumnya, RCA juga memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dari jenis kabel lainnya. Berikut beberapa karakteristik  kabel RCA  yang penting untuk diketahui.

  • RCA didesain dengan 3 kabel serta mempunyai 3 kepala colokan dengan warna yang berbeda satu sama lain.
  • Kepala colokan inilah yang umumnya dibalut dengan komponen dengan tiga warna berbeda, yakni warna kuning, putih dan merah.
  • Setiap kepala kabel memiliki fungsi dan perannya masing-masing.
  • Untuk dapat bekerja sesuai dengan fungsinya, kepala kabel perlu dipasangkan dengan urutan dan posisi yang benar.

Warna Kabel RCA dan Fungsinya

Cara Kerja Kabel RCA
Kabel RCA

RCA merupakan jenis kabel yang terdiri dari tiga buah kepala yang memiliki warna berbeda-beda. Yaitu kabel dengan warna merah, putih dan juga kuning. Desain kepala kabel yang menggunakan kombinasi warna ini  dibuat bukan tanpa alasan. Karena masing-masing dari kabel tersebut memiliki fungsi dan perannya masing-masing, ya?

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja kabel RCA, terlebih dahulu Anda harus mengetahui fungsi dari masing-masing kepala kabel tersebut. Penjelasan mengenai warna setiap kabel diantaranya yakni sebagai berikut:

  1. Kabel Warna Kuning

Untuk kabel RCA dengan warna kuning fungsinya yakni untuk keperluan pengiriman sinyal analog video dari perangkat unit ke perangkat lainnya. Jadi, ketika kabel kuning tersebut disambungkan, Anda akan bisa menikmati tampilan dalam bentuk gambar ataupun video pada perangkat tujuan.

  1. Kabel Warna Merah

Berbeda dengan fungsi kabel warna kuning yang diperuntukan untuk kebutuhan visual, kabel dengan warna merah ini difungsikan untuk proses pengiriman sinyal berbentuk suara. Dimana sinyal suara yang dikirimkan oleh kabel merah adalah sinyal dengan mode stereo.

Kabel ini biasanya ditancapkan pada posisi sebelah kanan, sedangkan kabel putih ditancapkan pada bagian sebelah kiri.

  1. Kabel Warna Putih

Untuk kabel jenis RCA warna putih, fungsinya kurang lebih hampir sama dengan RCA merah. Keduanya yakni difungsikan untuk keperluan proses pengiriman sinyal suara. Jadi, mode stereo baru aktif ketika kabel merah dan juga putih ditancapkan bersama-sama. Apabila ada salah satu yang rusak atau tidak terpasang, maka mode stereo tidak aktif dan kabel tidak dapat menjalankan fungsinya yakni menghasilkan suara.

Apa Saja Fungsi Kabel RCA

Jika pada awalnya penggunaan kabel RCA adalah untuk koneksi internal, maka dengan semakin berkembangnya teknologi, fungsi kabel RCA pun semakin bervariasi. Adapun beberapa fungsi dari alat tersebut adalah sebagai berikut :

  1. RCA Digunakan Untuk Audio Mobil

Kegunaan kabel RCA yang pertama adalah dapat digunakan untuk kebutuhan audio pada kendaraan mobil. Kabel ini memang memiliki struktur yang baik apabila digunakan untuk mengirimkan sinyal dalam bentuk audio.

Jadi, kabel akan memanfaatkan head unit sebagai sumber penghasil sinyal analog. Kemudian selanjutnya kabel juga akan meneruskan sinyal yang didapatkan dari head unit tersebut menuju amplifier dan sumber lainnya. Nah dengan adanya koneksi dari RCA. Maka efek suara yang dihasilkan oleh audio pada mobil pun akan menjadi lebih jernih dan bagus.

  1. RCA Digunakan Untuk Mengirim Video

Selain digunakan untuk mengirimkan sinyal audio, RCA juga dapat dijadikan sebagai konektor untuk menyambungkan perangkat vidio yang berbasis multimedia.

Dengan RCA, Anda dapat menggunakan alat tersebut untuk mengirimkan video pada PC atau komputer. Namun untuk dapat melakukan hal itu, Anda membutuhkan alat yang bernama video capture card.

  1. RCA Digunakan Pada TV Turner

Kabel RCA juga dapat digunakan pada TV turner. Dengan catatan bahwa TV tersebut support dengan koneksi RCA. Yaitu pada perangkat tersebut terdapat port yang dapat dikoneksikan dengan kabel.

Untuk dapat bekerja, Anda juga perlu memastikan bahwa kabel RCA posisinya sudah tepat dengan perangkat. Jadi, posisi kabel harus ditancapkan dengan urutan dan posisi yang sesuai.

Yaitu kabel kuning, merah dan putih harus diposisikan sesuai dengan urutan yang terdapat pada port perangkat. Lalu apa yang terjadi jika kabel RCA tidak dimasukkan ke dalam port yang sesuai? Maka tentu saja audio maupun visual gambar tidak akan bisa muncul pada layar TV turner.

  1. RCA Digunakan Untuk Speaker External

RCA juga bisa difungsikan untuk keperluan speaker external yakni khususnya pada perangkat berbasis audio. Namun berbeda dengan biasanya dimana 3 kabel berwarna merah, putih dan kuning harus dipasangkan bersama-sama.

Maka jika ingin menghidupkan speaker eksternal. Anda hanya perlu menghubungkan kabel berwarna putih dan merah saja. Karena kedua kabel tersebut memang berfungsi untuk mengirimkan sinyal audio. Sedangkan kabel RCA dengan warna kuning boleh tidak dipasang karena tidak adanya gambar yang akan ditampilkan.

Cara Menggunakan Kabel RCA

Cara Menggunakan Kabel RCA
Cara Menggunakan Kabel RCA

Kabel dengan RCA ini umum difungsikan untuk keperluan audio video yang berbasis multimedia. Cara menggunakan kabel RCA terbilang cukup sederhana dan mudah dilakukan oleh pemula sekalipun. Berikut ini beberapa langkah penggunaan kabel RCA yang bisa Anda coba :

  • Untuk menghubungkan RCA dengan perangkat lain, Anda hanya tinggal menyambungkan kepala kabel dengan port yang terdapat pada perangkat tujuan.
  • Pastikan bagian kepala kabel RCA sesuai dengan urutan posisinya dan dimasukkan ke dalam port yang sesuai.
  • Jika ingin mendengarkan audio saja. Anda dapat memasangkan kabel yang berwarna merah dan putih saja.
  • Lain halnya jika ingin mendengarkan audio sekaligus gambar, maka kabel merah, putih dan kuning harus terhubung bersama-sama pada port masing-masing.
  • Agar hasilnya maksimal, perhatikan tingkat kekencangan dalam memasang kabel.
  • Apabila kabel terpasang dengan kencang, maka kualitas gambar dan suara yang dihasilkan pun akan semakin maksimal.

Baca juga artikel terkait :

Tips Memilih Kabel RCA

Di pasaran, mungkin Anda akan menemukan banyak sekali merk dan jenis kabel RCA. Lantas, apa yang harus dilakukan pada saat akan membeli kabel tersebut? Simak beberapa tips berikut ini :

  • Konduktor

Pada saat membeli konektor RCA, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai bahan konduktornya. Untuk mendapatkan kabel berkualitas bagus, Anda dapat memilih kabel dengan konduktor berbahan tembaga ataupun perak.

Kabel dengan konduktor berbahan tembaga dan perak memiliki daya hantar yang baik. Dampaknya untuk bagian kabel pun menjadi lebih awet, dapat berfungsi dengan baik, serta memiliki kualitas yang bagus.

  • Perhatikan Bahan Isolator

Selain bahan konduktornya, lapisan pelindung kabel juga perlu diperhatikan. Lapisan pelindung kabel sebaiknya terbuat dari isolator PVC yang tebal dan kuat.

Isolator yang kuat tidak hanya melindungi kabel dengan baik, tetapi juga mempengaruhi kualitas audio yang dihasilkan. Selain itu, isolator yang baik juga dapat mencegah terjadinya interferensi frekuensi radio.

Kesimpulan

Kabel RCA merupakan kabel yang berfungsi untuk koneksi antara perangkat audio video dengan berbagai perangkat lainnya. Yang paling mudah dikenali dari ciri fisiknya yakni terdapatkan tiga kabel dengan warna yang beragam. Umumnya yakni warna kuning, merah dan putih.

Kabel merah dan putih berguna untuk mengirimkan sinyal audio, sedangkan kabel kuning berguna untuk menampilkan gambar. Ketahui fungsi dan kegunaan dari masing-masing kabel tersebut untuk dapat mengetahui bagaimana cara kerja dan kegunaan kabel RCA.

Tinggalkan komentar