Cara Memperbaiki Lampu LED yang Rusak

Sekarang ini, lampu LED semakin marak digunakan oleh kebanyakan orang. Tentu saja bukan tanpa alasan, LED memang terkenal mempunyai nilai lebih yang sangat menguntungkan. Tentu saja apabila dibandingkan dengan lampu bohlam biasanya, jenis lampu LED dianggap lebih bagus dari segi kualitas.

Namun tidak ada jaminan jika lampu LED ini bisa difungsikan secara sempurna tanpa celah. Tetap ada ada beberapa potensi kerusakan yang terjadi pada lampu jenis LED. Kabar baiknya cara memperbaiki lampu LED juga bisa dilakukan untuk mengatasi beragam kerusakan.

Tentunya cara perbaikan yang dilakukan juga perlu disesuaikan dengan kendalanya. Kenali apa komponen yang rusak dan bagaimana perbaikannya. Untuk itu mari kita kenali apa itu lampu LED lengkap dengan fungsi dan cara kerjanya. Setelah itu pelajari jenis perbaikan lampu LED sesuai kerusakannya berikut.

Sekilas Mengenai LED dan Fungsinya

tips memperbaiki lampu led

Istilah LED ini sebenarnya merupakan singkatan dari Light Emitting Diode. Dimana pengertian secara umumnya yakni merupakan salah satu komponen elektronika yang disusun dari material berbahan semi konduktor. Rangkaian komponen tersebut nantinya akan memancarkan pencahayaan yang lebih baik jika dialiri tegangan arus listrik di dalamnya.

Karena berfungsi untuk memancarkan cahaya, LED banyak diaplikasikan pada berbagai perlengkapan elektronika. Utamanya yakni digunakan sebagai lampu dan media penerangan lainnya. Dan seperti yang sudah disampaikan di atas, LED ini memang mempunyai banyak kelebihan.

Nilai lebih yang utama yakni pencahayaan yang lebih ramah mata. Selain itu lampu LED ini juga tidak akan mudah panas karena tidak adanya pembakaran filamen. Pertimbangan lain yang tidak kalah penting lampu LED ini terkenal lebih awet, hemat energi, serta lebih ramah lingkungan.

Karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya inilah mengapa lampu LED semakin banyak diminati dari masa ke masa.  Selain digunakan untuk media penerangan, LED juga sering diaplikasikan pada berbagai keperluan lainnya. Misalnya digunakan untuk papan reklame, layar monitor, lampu emergency, lampu sorot, lampu motor dan lain sebagainya.

Lampu LED Anda Rusak? Begini Cara Memperbaikinya!

cara memperbaiki lampu led yang rusak
cara memperbaiki lampu led yang rusak

Apakah Anda pernah menjumpai lampu LED di rumah mengalami kerusakan? Meskipun terkenal memiliki masa pakai yang panjang, namun dalam berbagai kondisi lampu LED juga sering bermasalah.

Kerusakan pada LED ini tentunya dapat disebabkan oleh berbagai hal. Berikut ini beberapa kondisi yang menyebabkan kerusakan pada lampu LED:

  • Arus daya listrik yang digunakan terbilang sangat besar
  • Lampu LED dinyakan secara terus menerus tanpa adanya jeda
  • Terlalu sering menyalakan dan mematikan saklar lampu dalam waktu yang berdekatan

Saat mengalami kerusakan atau lampu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, apakah langkah yang perlu diambil? Lampu LED yang rusak sebaiknya jangan buru-buru langsung diganti dengan yang baru. Hal ini karena bisa saja peluang lampu LED diperbaiki juga sangat besar. Lalu bagaimana cara memperbaiki lampu LED? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Memperbaiki Lampu LED Emergency

Cara Memperbaiki Lampu LED Emergency
Cara Memperbaiki Lampu LED Emergency

Lampu LED ini umumnya merupakan penerangan cadangan atau pengganti yang hanya digunakan pada saat listrik padam. Apabila lampu emergency yang ada di rumah Anda bermasalah, jangan langsung dibuang begitu saja. Coba perbaiki sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakannya.

Kerusakan pada lampu emergency dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Misalnya terjadi kerusakan pada power supply, baterei soak, chip LED rusak dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara memperbaiki lampu LED emergency?

  • Pertama-tama, bongkar terlebih dahulu bagian – bagian pada komponen lampu LED.
  • Kemudian cek bagian kabel atau soket, pastikan komponen tersebut tersambung dengan baik.
  • Cek juga apakah ada komponen yang terbakar, terlepas atau terputus. Apabila ada yang terputus atau mengalami kerusakan, segera perbaiki atau menggantinya dengan komponen baru.
  • Periksa juga apakah chip LED mengalami kerusakan. Apabila rusak, chip LED ini juga dapat diganti dengan komponen yang baru.
  • Selain itu, rangkaian LED juga perlu dicek secara keseluruhan. Misalnya dengan mengganti komponen aktif dengan yang baru, mengganti baterainya dan lain sebagainya menyesuaikan dengan kebutuhan.

2. Cara Memperbaiki Lampu LED yang Redup

Cara Memperbaiki Lampu LED yang Redup
Cara Memperbaiki Lampu LED yang Redup

Selain rusak, lampu LED juga dapat mengalami penurunan performa. Misalnya membuat lampu menjadi redup atau kurang terang saat dinyalakan. Berikut cara memperbaiki lampu LED yang redup yang perlu Anda ketahui :

  • Cara memperbaiki lampu led strip yang redup pertama, pastikan Anda menggunakan lampu LED yang bagus dan berkualitas.
  • Lakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala pada bagian kabel. Tentu saja agar ketika terjadi kerusakan segera dapat terdeteksi.
  • Apabila terjadi kerusakan pada saklar lampu, sebaiknya komponen tersebut segera diganti dengan yang baru.
  • Selain itu, rutin lakukan pemeriksaan pada bagian-bagian LED. Misalnya saja seperti bagian spull, kiprok, aki motor dan lain sebagainya .
  • Apabila lampu masih redup, Anda dapat mengecek bagian kapasitor. Perbaiki atau ganti dengan kapasitor baru jika diperlukan.
  • Setelah proses sebelumnya selesai, segera pasang kembali lampu LED dan lampu siap digunakan.

3. Cara Memperbaiki Lampu LED Mati

Cara Memperbaiki Lampu LED Mati
Cara Memperbaiki Lampu LED Mati

Bingung menjumpai lampu LED rumah Anda yang sering mati tanpa sebab jelas? Bukan berarti harus selalu menggantinya dengan lampu LED yang baru. Pastikan Anda mencoba cara memperbaiki lampu LED mati berikut ini. Jika bisa diperbaiki tentu saja bisa menekan pengeluaran yang Anda anggarkan nantinya, bukan?

  • Cara memperbaiki lampu LED putus yaitu dengan cara membuka atau membongkar bagian dalam dari lampu LED.
  • Kemudian test satu per satu komponen micro LED dengan menggunakan avometer.
  • Berikan Anda pada bagian micro yang bermasalah yakni yang tidak bisa menyala dengan baik
  • Anda kemudian bisa melepas bagian komponen micro LED yang terluar
  • Setelah itu kemudian ambil pinset untuk melepaskan bagian micro LED yang putus
  • Gunakan solder untuk menyatukan kembali bagian positif dan bagian negatif dari micro LED yang putus tadi.
  • Pastikan bagian tersebut sudah benar – benar tersambung seperti sedia kala agar jalur micro LED dapat dihidupkan kembali nantinya.
  • Setelah rangkaian di atas selesai, lakukan pemasangan kembali bagian terluar dari lampu dan LED akan kembali menyala.

4. Cara Memperbaiki Lampu LED Berkedip

Cara Memperbaiki Lampu LED Berkedip
Cara Memperbaiki Lampu LED Berkedip

Cara memperbaiki lampu LED kali ini bisa Anda terapkan jika lampu sering berkedip. Sebenarnya lampu LED yang berkedip dapat disebabkan oleh beberapa factor. Diantaranya seperti terjadi kerusakan pada lampu latar, kerusakan pada saklar, dan lain sebagainya.

Ketika mengalami kejadian tersebut, Anda tidak usah panik. Karena beberapa tips tentang cara memperbaiki lampu LED berkedip ini bisa dicoba dan dapat dijadikan solusi :

  • Pertama tentu deteksi terlebih dahulu penyebab kerusakan, apakah karena disebabkan oleh faktor luar seperti saklar atau lampu latar.
  • Solusi selanjutnya, pasang resistor tambahan untuk mencegah pulsa acak.
  • Selain itu, Anda juga dapat menutupi resistor dengan heat shrink tubing untuk mengisolasi serta mengamankan koneksi.
  • Terakhir, hubungkan secara langsung dioda lampu latar pada jaringan. Tujuannya adalah untuk membuat perangkat tersebut dapat terus bersinar, namun saat dimatikan hanya akan mengonsumsi listrik dalam jumlah yang sedikit.

5. Cara Memperbaiki Lampu LED Panjang

Cara Memperbaiki Lampu LED Panjang
Cara Memperbaiki Lampu LED Panjang

Memperbaiki lampu LED panjang sebenarnya hampir sama dengan jenis LED yang lainnya. Apabila lampu dengan model tersebut mengalami kerusakan, simak tips tentang cara memperbaiki lampu LED panjang berikut ini :

  • Pertama periksa komponen LED secara keseluruhan, mulai dari lampu kaca, kawat pijar filamen, elco, dan lain sebagainya.
  • Setelah penyebab kerusakan terdeteksi, Anda dapat langsung mengambil langkah-langkah perbaikan.
  • Apabila komponen seperti filamen, elco, atau bahkan trafo ballast ada yang mengalami kerusakan, lakukan pergantian. Yakni Anda hanya tinggal mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.

6. Cara Memperbaiki Lampu LED Motor

Seperti yang kita ketahui, lampu LED ini tidak hanya difungsikan sebagai penerang ruangan maupun bangunan. Berbagai kendaraan seperti motor ternyata juga menggunakan LED sebagai salah satu komponen lampu di dalamnya.

Lampu LED disinyalir lebih awet dan juga hemat energi, sehingga sekarang ini produsen motor banyak yang menggunakan jenis lampu ini di kendaraan. Dengan bentuk dan susunan yang berbeda tentu saja perbaikan lampu pada kendaraan juga lain tekninya.

Simak tips mengenai cara memperbaiki lampu LED motor di bawah ini!

  • Pertama-tama, perhatikan batas usia pemakaian LED. Apabila waktu pemakaian sudah melebihi batas normal yaitu lebih dari 30.000 jam artinya lampu tersebut sudah waktunya diganti.
  • Selain itu, pastikan arus yang dialirkan pada LED tidak melebihi batas maksimal dari lampu tersebut. Karena apabila LED menerima arus yang berlebihan, maka dapat mengakibatkan lampu menjadi redup atau bahkan mati.
  • Apabila memasang modul khusus, upayakan agar jangan sampai dipasang secara berdampingan dengan heat sink. Hal ini dapat mengakibatkan tegangan menjadi over heating.
  • Cek bagian kabel, karena bisa jadi lampu LED mati disebabkan adanya konsleting pada kabel. Untuk memperbaikinya, dapat dilakukan dengan cara di jumper. Cara jumper lampu LED yaitu dengan cara menyolder bagian filamen, kemudian menyambungkannya dengan kabel kecil lainnya.

7. Cara Memperbaiki Lampu Sorot LED

Cara Memperbaiki Lampu Sorot LED
Cara Memperbaiki Lampu Sorot LED

Lampu sorot umumnya dimanfaatkan sebagai media penerangan tambahan untuk dalam mupun luar ruangan. Lampu sorot ini juga umum dipasang di tiang tinggi serta didesain sebagai lampu tembak. Nah jika lampu sorot milik Anda bermasalah, berikut ini cara memperbaiki lampu sorot LED yang bisa diikuti :

  • Pertama-tama buka atau bongkar bagian dalam lampu sorot LED terlebih dahulu.
  • Anda bisa segera melakukan pemeriksaan pada beragam komponen di dalamnya.
  • Periksa kondisi kapasitor, lampu hpl dan dan juga bagian transformator. Apabila ada komponen yang bermasalah, ganti dengan yang baru.
  • Periksa juga terminal keluar dan masuknya arus, pastikan arus mengalir dengan baik pada LED.

Kesimpulan

Apabila lampu LED mengalami kerusakan, sebaiknya jangan buru-buru dibuang. Karena kemungkinan perangkat elektronik tersebut masih dapat diperbaiki. Cara memperbaiki lampu LED adalah dengan cara membongkar bagian dalamnya.

Kemudian lakukan pengecekan pada komponen-komponen serta kabel yang terdapat pada LED. Apabila ada yang mengalami kerusakan, Anda hanya tinggal memperbaikinya kemudian menggantinya dengan yang baru. Dan terakhir langsung saja cek apakah lampu LED dapat kembali menyala dan dapat digunakan kembali atau tidak. Setelah diperbaiki namun tidak juga kembali fungsinya, mungkin memang sudah saatnya Anda menggantinya dengan yang baru.

Leave a Comment