Mengenal Simbol Instalasi Listrik Beserta Fungsi dan Gambarnya

Simbol instalasi listrik ini menjadi materi dasar yang perlu dipelajari oleh pemula yang bercekimpung di dunia kelistrikan. Dengan mengetahui simbol instalasi listrik tentunya akan memudahkan kita mengenali fungsi dan meniminalisir resiko yang ada.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai simbol-simbol untuk instalasi listrik. Tidak hanya itu saja, kami juga akan menyajikan beberapa gambar lengkap dengan fungsinya. Mari langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Simbol Instalasi Listrik?

Simbol instalasi listrik merupakan lambang atau gambar yang dibuat dengan tujuan sebagai pembeda antara suatu benda dengan benda yang lainnya. Bagi orang yang pakar di bidangnya, simbol-simbol yang melambangkan alat-alat listrik ini sangat bermanfaat. Salah satunya adalah untuk mempermudah mereka dalam merancang dan merencanakan pembangunan sebuah instalasi.

Dengan penggunaan simbol-simbol khusus, perancangan instalasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Dan tentunya yang tidak kalah penting yakni bisa meminimalisir adanya resiko pada instalasi jaringan listrik nantinya.

Simbol Instalasi Listrik Beserta Fungsinya

Seperti yang telah kita bahas di atas, adanya simbol yang digunakan untuk melambangkan berbagai perangkat listrik ini sangat bermanfaat. Terutama bagi para teknisi yang ingin merancang pembangunan sebuah instalasi listrik.

Simbol-simbol yang digunakan untuk melambangkan peralatan listrik sangat banyak ragam dan jenisnya. Bagi Anda yang berkecimpung di dunia kelistrikan, sangat penting untuk mengetahui mengenai simbol instalasi listrik dan fungsinya.  Berikut beberapa contoh instalasi yang bisa dipelajari:

1. Simbol Instalasi Listrik Kuat Arus

Arus listrik merupakan muatan listrik yang mengalir dari potensial tinggi menuju potensial rendah dalam jangka waktu 1 detik. Berdasarkan jenisnya, arus listrik dibedakan menjadi dua macam, yaitu jenis arus AC atau arus bolak-balik dan juga arus DC atau arus searah.

Berikut beberapa contoh simbol-simbol yang sering digunakan untuk menyatakan kuat arus.

simbol kuat arus listrik

2. Simbol Diagram Untuk Instalasi Gardu Induk

Gardu induk merupakan instalasi pusat yang berfungsi untuk mengontrol seluruh saluran transmisi. Sebenarnya fungsinya tidak hanya untuk mentransformasi tegangan tinggi ke tenggang rendah ataupun tegangan menangah saja. Gardu induk juga berfungsi untuk melakukan pengukuran, pengendalian, pengawasan serta penanganan dari instalasi listrik pusat.

Beberapa jenis simbol yang sering digunakan untuk instalasi gardu induk antara lain adalah:

3. Simbol Instalasi Listrik Bangunan

Ketika ingin merancang instalasi listrik untuk sebuah bangunan, dibutuhkan pengetahuan yang spesifik mengenai simbol-simbol yang nantinya akan digunakan. Jadi bukan sekedar butuh tenaga yang memahami pengetahuan mengenai penerangan dan tenaga. Lebih dari itu Anda juga perlu mempertimbangkan pengetahuan teknis serta analisa mengenai berbagai point penting lainnya.

Contohnya saja mengetahui analisa mengenai kebutuhan beban maksimum, jumlah beban terpasang, susut tegangan, arus singkat dan juga daya hubung singkat yang terdapat pada instalasi listrik tersebut.

Berikut beberapa contoh simbol instalasi listrik yang sering digunakan untuk gambar instalasi bangunan:

4. Simbol Instalasi Listrik Rumah

Berdasarkan gambar instalasi listrik di atas, dapat disimpulkan bahwa instalasi listrik rumah tangga sebenarnya cukup sederhana seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya. Berdasarkan jenisnya, rangkaian listrik untuk kebutuhan rumah tangga dibedakan menjadi dua jenis.

Pertama yaitu instalasi listrik yang berfungsi untuk memberikan pencahayaan pada rumah. Untuk tujuan ini, biasanya simbol yang digunakan adalah simbol instalasi listrik penerangan untuk stop kontak.

Kemudian yang kedua yaitu rangkaian yang digunakan untuk instalasi daya listrik. Sebenarnya instalasi daya listrik dalam hal ini dibuat dengan tujuan untuk mensuplai kebutuhan listrik pada berbagai perangkat. Diantaranya seperti untuk kulkas, mesin cuci, rice cooker, dan lain peralatan lain sejenisnya.

Adapun simbol instalasi listrik rumah yang sering digunakan dalam perancangan jaringan listrik rumah tangga adalah sebagai berikut :

Simbol dan Jenis – jenis Komponen Elektronika

Selain simbol instalasi listrik yang telah kami sebutkan di atas, Ada juga beberapa simbol yang sering digunakan untuk berbagai komponen elektronika. Komponen elektronika merupakan alat-alat yang digunakan untuk mendukung agar peralatan listrik dapat bekerja sebagaimana fungsinya. Untuk bidang elektronika, berikut ini beberapa simbol komponen yang paling dasar.

1. Resistor

Resistor adalah salah satu komponen yang difungsikan untuk menguatkan arus, penyearah, dan sinyal. Selain itu, resistor juga difungsikan sebagai pemutus atau penghubung tegangan arus listrik. Resistor biasanya terbuat dari bahan-bahan yang bersifat resistif serta biasanya terbuat dari karbon.

Berdasarkan jenisnya, resistor dibedakan menjadi beberapa macam. Berikut ini beberapa jenis komponen resistor yang perlu Anda ketahui:

  • Resistor tetap
  • Resistor suhu
  • Resistor cahaya
  • Resistor variable

Untuk simbol dari resistor itu sendiri dapat Anda lihat pada gambar tabel di bawah ini:

2. Kapasitor

Kapasitor yaitu komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik pada jangka waktu tertentu. Simbol yang digunakan untuk kapasitor adalah sebagai berikut :

3. Induktor

Induktor sering disebut juga sebagai coil. Induktor berfungsi untuk memfilter, mengatur frekuensi dan juga menyambung arus listrik pada rangkaian elektronik. Simbol untuk induktor adalah sebagai berikut :

4. Dioda

Komponen bernama Dioda ini umumnya terdapat di dalam alat elektronik agar arus listrik bisa dialirkan maupun dihambat sesuai dengan kebutuhan. Proses penghambatan arus listrik dapat dilakukan dengan satu arah maupun dari arah yang berlawanan.

Berdasarkan jenisnya, dioda dibedakan menjadi 4 macam. Di antaranya yaitu dioda penyearah, dioda Zener, dioda Schottky, dioda Laser, dioda foto dan juga Light Emitting Dioda. Berikut ini beberapa simbol dioda pada rangkaian elektronika.

5. IC (Integreted Circuit)

IC adalah komponen elektronika aktif yang terdiri dari beberapa komponen lain yang menyusunnya. Komponen-komponen elektronika yang menyusun IC antara lain terdiri dari resistor, transistor dan sejenisnya.

Berikut contoh gambar dan simbol untuk komponen elektronika IC :

6. Saklar

Saklar adalah komponen elektronik yang fungsinya untuk memutus dan menyambungkan arus listrik pada sebuah rangkaian. Simbol dan gambar untuk saklar listrik adalah sebagai berikut :

7. Transformator

Transformator juga populer dengan sebutan trafo. Berdasarkan jenisnya, trafo dibedakan menjadi dua macam yaitu trafo step up dan step down. Adapun transformator step up yang berfungsi untuk menaikkan tegangan dan juga transformator step down untuk menurunkan tegangan.

Berikut gambar dan simbol untuk alat elektronik trafo listrik:

Simbol Listrik Standar Internasional

Dalam dunia kelistrikan dan industri, pemakaian simbol-simbol memang kerap ditemukan. Tujuannya adalah untuk mempermudah membedakan komponen alat listrik yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu, penggunaan simbol juga mempermudah dalam perancangan instalasi listrik. Jika untuk wilayah Asia maupun Eropa, pemakaian simbol-simbol ini merujuk pada standar IEC (International Electrotechical Commission).

Beberapa contoh simbol instalasi listrik standar internasional dapat Anda simak berikut ini :

1. Simbol Plug Atau Stop Kontak

Simbol untuk plug atau stop kontak adalah sebagai berikut :

2. Simbol Button dan Switch

Simbol button dan switch bisa dibilang sebagai simbol emergency. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, simbol-simbol ini dibedakan menjadi:

3. Tombol Push / Button

Simbol push dan button berdasarkan standar internasional adalah sebagai berikut :

4. Simbol Selector Switch

Selector switch dikenal juga dengan istilah saklar pemilih. Simbol untuk macam-macam selector switch adalah sebagai berikut :

5. Simbol Magnetic Circuit Breaker

Magnetic Circuit Breaker adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menyambungkan dan memutus aliran arus listrik dengan menggunakan prinsip elektromagnetik. Simbol untuk Magnetic Circuit Breaker adalah sebagai berikut :

6. Simbol ELCB Atau RCBO

RCBO atau ELCB adalah komponen elektronika yang berfungsi sebagai pemutus arus apabila terjadi kebocoran pada ground. Simbolnya adalah sebagai berikut :

7. Simbol Coil

Coil merupakan gulungan kawat yang biasa ditemukan pada berbagai komponen elektronika. Seperti relay, timer, kontraktor dan lain sebagainya. Simbol untuk coil adalah sebagai berikut :

8. Simbol Kontaktor

Kontaktor atau relay juga memiliki beberapa simbol, diantaranya yaitu :

simbol kontaktor

9. Simbol Kontak NC

Kontak NC di lambangkan dengan berbagai macam simbol. Diantaranya adalah sebagai berikut:

10. Simbol NO Contact

No Contact juga dilambangkan dengan beberapa simbol seperti berikut ini:

11. Simbol Detector, Sensor dan Limit Switch

Simbol-simbol di bawah ini adalah lambang yang digunakan untuk detector, sensor dan juga limit switch. Berikut ini beberapa simbol yang umum digunakan :

12. Simbol Alat Ukur Kelistrikan

Dalam dunia kelistrikan juga terdapat berbagai macam alat ukur. Simbol yang biasa digunakan untuk alat ukur listrik diantaranya adalah :

13. Simbol Motor Listrik

Beberapa contoh simbol-simbol yang digunakan untuk motor listrik pada gambar di bawah ini. Merupakan simbol motor listrik yang digunakan berdasarkan standar internasional. Diantaranya  seperti berikut ini:

14. Simbol Listrik Signal, Horn & Alarm

Simbol listrik untuk signal, horn dan alarm adalah sebagai berikut :

15. Simbol Trafo

Simbol untuk trafo berdasarkan standar internasional adalah sebagai berikut :

Kesimpulan

Simbol instalasi listrik merupakan lambang yang digunakan untuk pembeda antar satu alat listrik dengan alat listrik yang lainnya. Fungsinya adalah untuk mempermudah dalam pembacaan serta penggambaran instalasi listrik pada saat proses perancangan.

Simbol untuk instalasi listrik sangat banyak macam dan jenisnya. Pada artikel di atas, telah kami ulas macam-macam simbol alat listrik lengkap dengan gambar, bentuk dan juga fungsinya. Semoga ulasan di atas sudah cukup mudah dipahami, ya?

Leave a Comment